Sukses

Ini Dia 10 Logam Termahal di Dunia

Dalam artikel ini kita akan melihat 10 logam mulia yang paling berharga dan paling mahal di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Logam memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari, mulai dari memberi daya pada ponsel pintar hingga menjadi titik fokus dalam sebuah perhiasan.

Emas, perak, dan platinum adalah tiga aset logam mulia yang paling banyak diperdagangkan. Osmium, rutenium, dan logam dengan nilai yang jauh lebih besar seperti iridium, paladium, dan rhodium hanyalah beberapa logam yang membentuk anggota kelompok platinum atau platinum group members (PGM).

Dalam artikel ini kita akan melihat 10 logam mulia yang paling berharga dan paling mahal di dunia:

10. Indium

Harga per gram: USD 1 - USD 5 atau Rp15,3 ribu hingga Rp76,6 ribu (dengan estimasi kurs 15.322 per AS dolar)

Sebagai logam terlembut yang pernah ada, Indium berwujud sebagai logam berwarna putih keperakan yang menyerupai timah. Indium adalah logam pasca-transisi yang membentuk 0,21 bagian per juta kerak bumi.

Indium paling sering digunakan dalam industri semikonduktor untuk barang-barang seperti paduan, solder, dan segel vakum logam lunak. Tiongkok adalah produsen utama indium dari bijih dan konsentrat, sedangkan Jepang adalah produsen utama indium dari bahan daur ulang.

9. Skandium

Harga per gram: USD 44 atau Rp674,2 ribu

Skandium adalah elemen transisi yang lembut dan berwarna keperakan yang terdapat pada mineral langka dari Skandinavia.

Skandium dapat ditemukan di rumah-rumah dalam peralatan seperti televisi berwarna, lampu neon, lampu hemat energi, dan kacamata. Popularitas Skandium semakin meningkat, karena cocok untuk memproduksi katalis dan memoles kaca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

8. Perak

Harga per gram: USD 0.48 atau Rp7,3 ribu

Berada di nomor 8 adalah salah satu logam yang paling terkenal dan umum di dunia, perak. Telah lama dianggap sebagai logam mulia, perak digunakan dalam beberapa cara yang berbeda, seperti pembuatan koin emas batangan dan media lain yang tidak berhubungan dengan mata uang seperti panel surya, sistem penyaringan air, dan perhiasan.

Negara penghasil perak nomor satu di dunia adalah Meksiko. Negara ini menghasilkan 5.600 metrik ton pada tahun 2021. Perusahaan tambang Industrias Penole di Meksiko menambang perak dalam jumlah terbanyak di dunia.

7. Rhenium

Harga per ons: USD 1.290 atau Rp19,8 juta

Dianggap sebagai salah satu logam paling langka di kerak bumi, logam bernilai tinggi ini sering digunakan untuk superalloy berbasis Nikel di ruang bakar, bilah turbin, dan nosel knalpot mesin jet.

Rhenium diperoleh dari molibdenit di tambang tembaga porfiri dan diperoleh kembali sebagai produk sampingan dari pemrosesan molibdenum. Ditambang di Amerika Serikat, Chili, Kanada, dan Rusia.

 

3 dari 5 halaman

6. Osmium

Satu ons: USD 400 atau Rp6,1 juta 

Sebagai elemen jejak dalam paduan dan bijih platinum, osmium adalah logam transisi yang keras dan berwarna putih kebiruan dalam kelompok platinum. Ini sering digunakan untuk membuat kontak listrik dan ujung pulpen karena ini adalah elemen yang paling padat secara alami.

Osmium ditemukan pada tahun 1803 oleh ahli kimia Inggris, Smithson Tennant. Osmium adalah salah satu elemen paling langka di planet ini, itulah sebabnya mengapa harganya sangat mahal. Logam ini terdapat dalam iridosol dan pasir sungai yang mengandung platinum di Ural, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Logam ini juga ditemukan dalam bijih nikel di wilayah Sudbury, Ontario bersama dengan logam platinum lainnya.

5. Iridium

Harga per ons: USD 520 atau Rp8 juta

Hanya tiga ton iridium yang diproduksi setiap tahunnya, menjadikannya salah satu logam paling langka di kerak bumi. Iridium adalah elemen logam yang paling tahan korosi, tahan terhadap udara, air, garam, dan asam, dan hampir sama padatnya dengan logam terpadat, osmium.

Iridium sulit dikerjakan karena kekerasannya, tetapi sifat yang sama yang membuatnya sulit dikerjakan juga membuatnya menjadi bahan tambahan yang berguna untuk memperkuat paduan. Iridium, seperti PGM lainnya, ditambang sebagai produk sampingan dari penambangan nikel, dan deposit terbesarnya berada di Rusia dan Afrika Selatan. Karena kelangkaannya di kerak bumi, iridium biasanya hanya menjadi bagian kecil dari portofolio sebagian besar perusahaan pertambangan.

4 dari 5 halaman

4. Ruthenium

Harga per ons: USD 260 atau Rp4 juta

Ruthenium berada di urutan keempat dalam daftar logam mulia termahal.

Di pegunungan Amerika Utara dan Selatan, ruthenium paling sering ditemukan dalam bijih bersama dengan logam kelompok platinum lainnya. Mayoritas digunakan untuk resistor chip dan kontak listrik dalam industri elektronik. Dalam industri kimia, rutenium oksida digunakan untuk melapisi anoda sel elektrokimia yang menghasilkan klorin.

3. Emas

Harga per gram: USD 51 atau Rp800 ribu

Tidak perlu diperkenalkan lagi, yang berada di urutan ketiga adalah logam yang sangat dicari, emas. Dalam bebatuan dan endapan aluvial, emas sering ditemukan dalam bentuk unsur aslinya, sebagai butiran atau bongkahan.

Emas telah digunakan berkali-kali sepanjang sejarah untuk mata uang, perhiasan, dan karya seni, oleh karena itu harganya mahal. Emas adalah logam 'mulia', yang berarti tidak berkarat atau kehilangan kilaunya. Emas masih dianggap relatif langka.

Afrika Selatan memproduksi emas paling banyak hingga tahun 1970-an, tetapi produksinya menurun sejak saat itu. Afrika Selatan menghasilkan 32 juta ons emas, atau dua pertiga pasokan dunia, pada puncaknya di tahun 1970. Saat ini, Cina, Australia, dan Rusia adalah tiga negara yang memproduksi emas terbanyak.

5 dari 5 halaman

2. Paladium

Harga per gram: USD 46 atau Rp700 ribu

Aplikasi paladium yang paling umum adalah pada konverter katalitik, yang digunakan untuk mengurangi emisi berbahaya hingga 90% dari semua gas buang mobil. Selain itu, paladium juga digunakan dalam elektronik, pengolahan air tanah, pemurnian hidrogen, kedokteran gigi, dan aplikasi medis, serta produksi beberapa perhiasan termahal di dunia.

Hampir 40% produksi paladium global berasal dari Rusia, dengan perusahaan tambang Rusia Nornickel sebagai produsen paladium global terbesar, yang menambang hingga 86 metrik ton logam pada tahun 2019. Tambang paladium lainnya tersebar di Kanada dan Afrika Selatan.

1. Rhodium

Harga per gram: USD 270 atau Rp4,1 juta

Di tempat nomor satu adalah rhodium. Konverter katalitik, yang merupakan komponen sistem pembuangan kendaraan yang mengurangi polutan dan emisi gas beracun, mengandung rhodium. Industri otomotif global menyumbang hampir 80% dari permintaan rhodium dan paladium, menurut S&P Global Platts. Untungnya bagi Afrika Selatan, sekitar 80% rhodium dunia ditambang di sana.

Kenaikan harga logam ini sebagian disebabkan oleh kelangkaannya. Produksi rhodium rata-rata sekitar 30 ton per tahun, yang sebanding dengan jumlah emas yang ditambang setiap tahunnya, yang berkisar antara 2.500 hingga 3.000 ton.

Rhodium diperoleh sebagai produk sampingan dari penambangan platinum dan paladium di Amerika Serikat (Montana), Afrika Selatan, dan Rusia. Rhodium diperoleh secara komersial sebagai produk sampingan dari pemurnian tembaga dan nikel.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini