Sukses

IBM Indonesia Dukung Investasi Teknologi AI di IKN Nusantara

IBM Indonesia menyampaikan dukungannya pada investasi teknologi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. investasi teknologi ini terutama pada pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan.

Liputan6.com, Jakarta IBM Indonesia menyampaikan dukungannya pada investasi teknologi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. investasi teknologi ini terutama pada pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan.

"Tentu saja IBM berkomitmen untuk banyak melakukan investasi di seluruh bidang pemerintahan, baik di IKN maupun di Jakarta," kata Presiden dan Direktur IBM Indonesia, Roy Kosasih kepada wartawan di acara Think Experience and Tech Summit 2023, Ritz Carlton, Jakarta Kamis (10/8/2023).

Meski ibu kota akan pindah ke IKN, Roy Kosasih memastikan, hal itu tidak akan berpengaruh pada bisnis IBM dan perusahaan teknologi lainnya di Jakarta, termasuk di kota kota besar di dalam negeri.

"(Bisnis) di Jakarta pun tidak akan redup saat ibu kota pindah ke IKN," jelasnya.

"Yang penting adalah, di mana ada permintaan untuk kebutuhan, di situlah IBM akan dengan sangat terbuka melakukan investasi dan kerja sama baik dengan pemerintah maupun swasta," dia menegaskan.

Roy Kosasih pun memuji pengembangan IKN Nusantara yang mengadopsi konsep Smart City atau Kota Pintar.

"Dengan hadirnya konsep tersebut, fasilitas kota di IKN nantinya berbasis teknologi digital yang dapat dipantau, dan otomasi di gedung gedung terutama kementerian, untuk pelayanan publik, kesehatan, keamanan, hingga pelayanan lalu lintas," imbuhnya.

Selain itu, IBM juga mendukung visi Indonesia Maju 2045 yang menempatkan teknologi digital sebagai salah satu prioritas.

Dukungan ini salah satunya dengan mempersiapkan talenta-talenta AI di Indonesia dengan pembukaan IBM Academy for Hybrid Cloud and AI di Nongsa Digital Park, Batam.

Langkah strategis ini sangat penting karena, seperti yang dilaporkan oleh IBV, 77 persen pekerja entry-level akan mengalami penggantian pekerjaan pada tahun 2025.

“Untuk membantu meningkatkan kemampuan negara di bidang IT dan digital, IBM melalui kolaborasi dengan para mitra pendidikan dan institusi telah membina masa depan dunia kerja dengan pendekatan secara holistik yang mendorong akses ke kelas-kelas daring dan kelas-kelas yang dipimpin oleh instruktur, serta workshop langsung dan wawasan nyata dari para ahli," beber Roy Kosasih, dalam keterangan terpisah.

"Melalui kolaborasi dengan mitra pendidikan dan institusi pada bulan Februari tahun ini, angkatan pertama yang lulus telah berhasil mendapatkan sertifikat melalui program-program seperti IBM SkillsBuild, dengan topik-topik seperti AI dan keamanan siber, serta sertifikasi Red Hat Certified System Administrator. Dengan keberhasilan kelompok pertama ini, upaya kami akan diperluas untuk menerima kelompok berikutnya dari program Kampus Merdeka, yang menargetkan mahasiswa di seluruh kota di Indonesia," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Transformasi Digital Berbasis AI, IBM Kenalkan watsonx ke Perusahaan Indonesia

IBM menggelar acara Think Experience and Tech Summit 2023, dalam langkah mendorong pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan untuk bisnis yang siap pakai dan platform data, yaitu watsonx.

Acara ini mempertemukan para pakar industri, pemimpin bisnis, dan perwakilan dari Pemerintah untuk mengeksplorasi kemajuan terbaru dalam AI dan bagaimana hal tersebut dapat membantu organisasi-organisasi di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhannya.

Presiden Direktur IBM, Indonesia, Roy Kosasih menyoroti langkah Pemerintah Indonesia yang telah merumuskan peta jalan untuk mencapai dan memungkinkan transformasi digital secara menyeluruh dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk mendukung visi ini, saya melihat bahwa infrastruktur digital yang kuat dan adopsi teknologi digital, seperti otomatisasi dan analitik, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Saya percaya organisasi perlu mempertimbangkan secara mendalam untuk menerapkan AI di seluruh alur kerja, proses bisnis, dan operasional mereka," kata Roy Kosasih dalam sambutannya, Kamis (10/8/2023).

"Kita harus berkembang di era baru AI ini dengan kepercayaan dan transparansi sebagai fondasi. IBM berusaha keras untuk memberdayakan pemerintah dan bisnis dengan platform AI watsonx yang canggih untuk mendorong pertumbuhan dan daya saing di masa yang penuh perubahan ini," lanjut Roy.

Studi CEO global2 IBM Institute for Business Value (IBV) menunjukkan, sebanyak 75 persen CEO yang disurvei percaya bahwa perusahaan yang dilengkapi dengan AI generatif termutakhir akan menghasilkan keuntungan yang signifikan.

3 dari 3 halaman

Keputusan Strategis

Sementara itu, sejumlah besar CEO (43 persen) telah menerapkan AI generatif untuk menginformasikan keputusan strategis, adapun 36 persen yang menggunakannya untuk keputusan operasional dan 50 persen memadukannya ke dalam produk dan layanan mereka.

Saah satu BUMN yang telah memanfaatkan teknologi AI adalah PLN Icon Plus, anak perusahaan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Perusahaan itu memanfaatkan IBM Maximo Application, memanfaatkan solusi AI yang inovatif karena percaya bahwa solusi ini akan menjadi kunci dalam meningkatkan keandalan operasinya, untuk mendukung komitmen mereka untuk dapat bertanggung jawab terhadap lingkungan.

"Kami merangkul kekuatan transformatif AI untuk meningkatkan sistem pembangkit dan distribusi listrik, sambil tetap berkomitmen pada tujuan keberlanjutan kami. Kami yakin pemanfaatan AI akan mendukung kami dalam mendorong perubahan positif, sebagai bagian dari fokus kami terhadap praktik keberlanjutan untuk masa depan yang lebih cerah," tutur Ari Rahmat Indra Cahyadi, CEO, PLN Icon Plus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.