Sukses

Tak Jadi Resesi, JPMorgan Proyeksi Ekonomi AS Tumbuh 2,5 Persen di 2023

Ekonom JPMorgan meningkatkan perkiraan pertumbuhan PDB AS di 2023 menjadi 2,5 persen dari 0,5 persen.

Liputan6.com, Jakarta - JPMorgan mencabut prediksi resesi terhadap ekonomi Amerika Serikat tahun ini, dan telah menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi negara itu menyusul laju pertumbuhannya yang berjalan pada  "kecepatan yang sehat."

Kepala ekonom JPMorgan, Michael Feroli menuliskan dalam catatan terbaru bahwa perusahaan meningkatkan perkiraan pertumbuhan PDB AS di 2023 menjadi 2,5 persen dari 0,5 persen.

"Mengingat pertumbuhan ini, kami ragu ekonomi akan dengan cepat kehilangan momentum yang cukup untuk tergelincir ke dalam kontraksi ringan pada kuartal berikutnya, seperti yang telah kami proyeksikan sebelumnya," tulis ekonom tersebut, dikutip dari US News, Senin (7/8/2023).

Meski risiko resesi masih tinggi untuk tahun depan, Feroli mengharapkan pertumbuhan yang moderat dan di bawah standar.

Sebelumnya, awal pekan ini, ahli strategi di Bank of America mengatakan mereka tidak lagi memperkirakan resesi 2024 untuk AS dan meningkatkan prospek pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 untuk negara tersebut.

Feroli dari JPMorgan menunjuk pada hal-hal seperti resolusi plafon utang yang relatif cepat dan jaminan implisit regulator terhadap deposan bank selama krisis perbankan regional beberapa waktu lalu.

"Hal ini sangat mengurangi kemungkinan jenis risiko krisis keuangan yang berbeda, meskipun meninggalkan angin sakal kronis dari kredit bank yang lebih ketat," jelasnya.

"Mungkin tidak akan membutuhkan banyak kejutan inflasi terbalik bagi FOMC untuk memberikan kenaikan suku bunga tambahan yang ditandai pada titik-titik Juni, dengan mungkin lebih banyak lagi yang akan datang," beber Feroli. 

Selain itu, ekonom JPMorgan juga mengutip kenaikan pasokan tenaga kerja dan peningkatan kinerja sisi penawaran dalam data produktivitas AS di kuartal kedua, sementara pasar ekuitas mencari peningkatan produktivitas lebih lanjut dari penggunaan kecerdasan buatan yang lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Fed Cabut Ramalan Resesi, Ekonomi AS Selamat

Ketua Federal Reserve, Jerome Powell mengungkapkan bahwa staf bank sentral tidak lagi memperkirakan akan terjadi resesi Amerika Serikat.

"Jadi staf sekarang mengalami perlambatan pertumbuhan yang terlihat mulai akhir tahun ini dalam perkiraan, tetapi mengingat ketahanan ekonomi baru-baru ini, mereka tidak lagi memperkirakan resesi," ungkap Powell dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (27/7/2023).

Powell mengatakan, The Fed masih memiliki kesempatan untuk terus menurunkan inflasi kembali ke target. Namun dia mengakui, masih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai soft landing. 

Pada November 2022 lalu, staf The Fed mengatakan bahwa resesi "hampir mungkin" terjadi, sebagai prospek dasar mereka pada saat pertumbuhan di bawah tren, menurut risalah pertemuannya saat itu. 

Kemudian pada Maret 2023, The Fed memprediksi AS akan mengalami resesi ringan di akhir tahun menyusul krisis di sektor perbankan yang dipicu oleh kolapsnya Silicon Valley Bank.

Pergeseran oleh staf ke hasil dasar yang kurang pesimis untuk ekonomi sejalan dengan peningkatan prospek oleh sejumlah ekonom sektor swasta, dalam beberapa pekan terakhir yang telah melakukan hal yang sama dalam mengakui ketahanan ekonomi dalam menghadapi kenaikan suku bunga Fed sebesar 5,25 poin persentase sejak Maret 2022.

Pembuat kebijakan The Fed sendiri sedikit meningkatkan penilaian aktivitas mereka di samping keputusan kenaikan suku bunga pada hari Rabu. Mereka menggambarkan aktivitas baru-baru ini sebagai indikasi tingkat pertumbuhan "moderat", sedangkan dalam pernyataan kebijakan sejak September lalu mereka menyebut pertumbuhan aktivitas sebagai "sederhana".

3 dari 4 halaman

AS Menjauh dari Jurang Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Tembus 2,2 Persen di Awal 2023

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat berada dalam laju yang lebih kuat dari yang dilaporkan sebelumnya pada awal tahun.

Melansir BBC, Jumat (30/6/2023) data terbaru dari Departemen Perdagangan AS menunjukkan bahwa ekonomi AS tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 2 persen di kuartal pertama tahun ini.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi AS tercatat hanya 1,3 persen di kuartal pertama. Koreksi ini disebut sebut mencerminkan belanja konsumen yang kuat.

Seperti diketahui, Bank sentral AS atau Federal Reserve telah berupaya mendinginkan inflasi dengan secara rutin menaikkan suku bunga utamanya sebesar lima poin persentase sejak Maret 2022, menjadi lebih dari 5 persen.

The Fed juga masih memberikan sinyal akan menaikkan suku bunga lebih lanjut tahun ini.

Di sisi lain, pergerakan tersebut telah menimbulkan kekhawatiran akan perlambatan ekonomi yang lebih berat, karena tingkat yang lebih tinggi membebani aktivitas, seperti pengeluaran dan ekspansi bisnis.

Dalam sebuah pertemuan di Eropa minggu ini, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa kebijakan saat ini tidak cukup untuk memerangi inflasi.

"Meskipun kebijakan membatasi, itu mungkin tidak cukup membatasi dan belum cukup lama," kata Powell dalam panel yang diselenggarakan oleh Bank Sentral Eropa di Portugal.

4 dari 4 halaman

Pengangguran Berkurang

Banyak perusahaan AS telah melaporkan kekhawatiran tentang prospek awal tahun ini, tetapi perekrutan tetap kuat dan data lainnya memberikan gambaran yang lebih cerah.

"Narasi tentang pergeseran pertumbuhan, sekali lagi. Tanda-tanda perlambatan sedikit," kata Diane Swonk, kepala ekonom di KPMG.

Harga konsumen di AS mencapai 4 persen selama 12 bulan hingga Mei, menurut Departemen Tenaga Kerja. Itu adalah laju inflasi paling lambat dalam dua tahun, mencerminkan penurunan biaya bahan bakar sejak lonjakan tahun lalu.

Tetapi harga barang lainnya terus meningkat. Inflasi inti AS, yang tidak termasuk biaya energi dan pangan tercatat 5,3 persen di kuartal pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini