Sukses

Bareng INPEX, Pertamina Siap Bangun Blok Masela dari Hulu ke Hilir

Setelah peralihan Participating Interest dari Shell ke Pertamina Hulu Energi dan Petronas, PT Pertamina (Persero) bersama INPEX Corporation siap mengembangkan bisnis di Lapangan Abadi Blok Masela dari hulu hingga hilirnya.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menyatakan siap PT Pertamina (Persero) bersama INPEX Corporation siap mengembangkan bisnis di Lapangan Abadi Blok Masela dari hulu hingga hilirnya. Hal ini dijalankan setelah peralihan Participating Interest dari Shell ke Pertamina Hulu Energi dan Petronas.

Nicke menjelaskan, rencana pengembangan Blok Masela, Pertamina berkolaborasi dengan INPEX yang antara lain meliputi perdagangan & pengangkutan LNG dan produk lainnya serta penyediaan jasa kemaritiman, pembangkit listrik berbahan bakar gas dan energi terbarukan, Carbon Capture Utilization and Storage dan Carbon Credit, pembangunan konstruksi pipa, termasuk pipa bawah laut, pengembangan kilang Ammonia, dan penyediaan kebutuhan bagi industri dan masyarakat sekitar.

Pertamina hadir untuk memastikan pengembangan Blok Masela dapat berkontribusi bagi pertumbuhan Indonesia Timur dan mendukung ketahanan energi nasional melalui penyediaan LNG.

"Sebagai perusahaan energi terintegrasi, Pertamina akan melibatkan semua lini bisnis untuk mendukung pengembangan Blok Masela, agar dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat dan kebutuhan energi nasional," ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Jumat (28/7/3023).

Menurut Nicke, pasokan LNG sangat penting untuk memperkuat pasokan gas yang diperlukan di era transisi energi. Selain LNG pengembangan Lapangan Abadi Blok Masela yang mengadopsi teknologi Carbon Capture and Storage (CCS) juga akan memproduksi green energi seperti Hydrogen dan Ammonia.

"Proyek pengembangan LNG dari lapangan Abadi Blok Masela ini dapat mendukung tujuan Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060," ungkap Nicke.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Pendukung

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) menyampaikan dalam kesepakatan bersama INPEX, Pertamina juga akan menyediakan fasilitas pendukung antara lain penyediaan SDM, Asuransi, penyaluran BBM dan Pelumas, fasilitas kesehatan dan perumahan.

"Anak usaha Pertamina di luar sektor energi akan terlibat dalam pengembangan Blok Masela. Ini sebagai komitmen Pertamina grup dalam mengembangkan lapangan hulu demi menjaga ketahanan energi nasional”, kata Fadjar.

Sebagaimana diketahui produksi tahunan LNG proyek diharapkan mencapai 9,5 juta ton per tahun atau setara dengan lebih dari 10 persen impor LNG tahunan Jepang. Lapangan Gas Abadi memiliki sumber daya gas unggulan di dunia dan cadangan yang melimpah, sehingga memungkinkan pengembangan yang efisien.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini