Sukses

Tiba di China, Jokowi Langsung Bertemu Xi Jinping

Presiden Jokowi mengapresiasi atas dukungan China terhadap Indonesia yang tengah memegang keketuaan ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke China. Setelah tiba di Chengdu, China, Kamis (27/7/2023), Jokowi langsung melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan  China terhadap Indonesia yang tengah memegang keketuaan ASEAN.

“Saya sangat mengapresiasi dukungan Tiongkok untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil dan sejahtera,” ujar dia seperti dikutip dari Antara.

Jokowi juga menuturkan, Indonesia dan China telah berhasil menciptakan kemajuan yang nyata atas sejumlah kerja sama. Ini terutama sejak penyelenggaran G20 Bali pada 2022.

“Saya senang banyak kemajuan konkret sejak pertemuan kita di Bali November lalu,” tutur dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara tiba di Hotel Jiniu sekitar pukul 16.20 waktu setempat. Setiba di sana, Presiden Jokowi dan Ibu Negara disambut langsung oleh Presiden Xi Jinping dan Madam Peng yang dilanjutkan foto bersama dengan latar bendera dari masing-masing negara.

Adapun yang mendampingi Jokowi antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadia, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, dan Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

China Siap Pererat Kerja Sama Strategis

Dikutip dari Antara, China bersedia tingkatkan kerja sama strategis dengan Indonesia. Demikian disampaikan Presiden Xi Jinping seperti dikutip dari media pemerintah CCTV.

Hal itu disampaikan Xi Jinping saat bertemu dengan Presiden Jokowi di Chengdu. Adapun Jokowi mengunjungi China untuk hadiri acara pembukaan Universiade, pesta olahraga dua tahunan bagi mahasiswa dari seluruh dunia di Chengdu.

Xi menuturkan, kepada Jokowi kalau dua negara harus memastikan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung selesai sebelum jadwal pengoperasiannya.

“Kedua pihak harus melakukan setiap upaya untuk melakukan pekerjaan dengan baik pada kilometer terakhir konstruksi serta memastikan standar dan kualitas tinggi dari proyek tersebut,” ujar Xi.

Ia menyoroti beberapa kerja sama lain yakni kendaraan listrik dan kota cerdas.

3 dari 4 halaman

Agenda Jokowi di China, Bertemu Presiden Xi Jinping Bahas Laut China Selatan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju China pada Kamis ini untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan juga beberapa pengusaha kelas kakap negara tersebut. Rencananya, salah satu pembicaraan dengan para pengusaha China tersebut mengenai mobil listrik. Sedangkan dengan Xi Jinping akan membahas mengenai Laut China Selatan.

Presiden Jokowi terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pagi ini dan akan tiba Bandar Udara Internasional Tianfu, Chengdu, Provinsi Sichuan setelah menempuh lima jam perjalanan. 

“Nanti dalam pertemuan CEO (Chief Executive Officer) memang yang berkaitan dengan mobil listrik akan kita bicarakan,” kata Jokowi sebelum lepas landas, seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/7/2023). 

Para CEO di China yang akan bertemu dengan Jokowi adalah pimpinan perusahaan yang telah dan akan berinvestasi di Indonesia khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi terbarukan, dan kesehatan.

Di China, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping. Ketika disinggung terkait topik pembahasan dengan Presiden Xi, Jokowi menyebut setiap pertemuan dengan Xi selalu ada topik soal perkembangan di Laut China Selatan.

“Biasanya untuk Laut China Selatan setiap bertemu dengan Presiden Xi selalu saya singgung,” ujar Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Penuhi Undangan Presiden Xi Jinping

Selain itu, kata Jokowi, lawatan ke China juga untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping dan bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia-China.

“Agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik di bidang investasi maupun proyek strategis Indonesia dan RRT (China), juga di bidang perdagangan dan kesehatan serta isu-isu regional dan global,” ujarnya.

Di Chengdu, China, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri FISU World University Games untuk menyemangati kontingen Indonesia yang juga berlaga di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini