Sukses

Piala Dunia U-17 Indonesia Bakal Dibanjiri 200 Ribu Turis Asing

Menparekraf Sandiaga Uno membidik penambahan 150 ribu hingga 200 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dengan adanya penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-17 pada November-Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membidik penambahan 150 ribu hingga 200 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dengan adanya penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pada November-Desember 2023.

“Ada sekitar 52 pertandingan dan jika kita memakai formula bahwa 20 persen dari total penonton yang ditargetkan sekitar 20 ribu itu berarti kan ada sekitar 4 ribu lebih yang bisa kita bidik,” kata Sandiaga Uno di lingkungan Istana Kepresidenan dikutip dari Antara, Kamis (13/7/2023).

Dengan total 52 pertandingan yang akan berlangsung, maka Sandiaga memprediksi penambahan turis asing sebanyak 150-200 ribu orang pada tahun ini.

Sandiaga telah ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyiapkan paket-paket wisata maupun pameran ekonomi kreatif yang akan menjadi bagian promosi wisata bagi penonton, dan peserta serta keluarga peserta Piala Dunia FIFA U-17.

Dia juga akan memastikan semua destinasi pariwisata dan produk-produk kreatif unggulan telah siap untuk menyambut wisman dari Piala Dunia FIFA U-17.

“Peserta FIFA World Cup U-17 ini pasti akan datang dengan orang-tuanya, keluarganya, jadi kami juga menawarkan promosi bagi negara-negara yang kalau kita lihat, yang masuk, adalah negara-negara besar yang menjadi target market kita juga, jadi ini peluang kita dan harus kita optimalkan kita maksimalkan,” kata dia.

Menurut Sandiaga, ajang FIFA U-17 harus dioptimalkan untuk menarik kunjungan wisman. Terlebih saat ini, industri pariwisata nasional juga telah bertumbuh melebihi target. Dengan begitu, momentum emas dari Piala Dunia FIFA U-17 itu akan semakin menumbuhkan pariwisata dan perekonomian Indonesia.

“Kita patut mensyukurinya dan lompatan ini harus kita lanjutkan dengan beberapa inovasi-inovasi sehingga perhelatan-perhelatan olahraga internasional seperti ini manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Renovasi Stadion Piala Dunia U-17 2023, Pemerintah Siapkan Rp 1,9 Triliun

Sebelumnya, Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1,9 triliun untuk melakukan renovasi 19 stadion sebagai tempat perhelatan Piala Dunia U-17. Adapun renovasi tersebut agar stadion-stadion tersebut sesuai dengan standar Federasi Sepakbola Dunia, atau FIFA.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengatakan, pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan 22 stadion untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Nanti kita tunggu dari PSSI mana yang akan dipilih, bukan kita. Nanti request stadion mana yang akan dipilih jadi tuan rumah," ujar Endra di sela-sela kunjungan di Jalan Tol Cisumdawu, Selasa (11/7/2023).

Tidak Semuanya Renovasi

Namun, ia menambahkan, dari 22 stadion tersebut tidak seluruhnya akan direnovasi lantaran sudah memiliki kondisi yang bagus dan mencukupi. Menurut pemetaan, akan ada 19 stadion yang bakal dirombak.

"Manahan (Solo) sudah bagus, Jalak Harupat (Bandung) saya kira sudah bagus. Beberapa misal Bekasi (Stadion Candrabhaga) sudah bagus, tapi idenya itu bisa menyebar dan tidak berkumpul di Jabodetabek. Venue-nya masuk sampai Palembang Sriwijaya," paparnya.

Endra menyebut, total anggaran yang disiapkan untuk merenovasi 19 stadion itu sekitar Rp 1,9 triliun yang seluruhnya full berasal dari APBN.

"Laporan yang saya terima Rp 1,9 triliun full APBN. Itu untuk modernisasi sarpras olahraga sepakbola. Kalau di luar stadion ada dinas lain yang berkompeten," tutur Endra. 

3 dari 3 halaman

PSSI Ajukan 4 hingga 8 Stadion untuk Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023

PSSI berencana ajukan empat hingga 8 stadion untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 2023. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir pasca menghadiri pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Seperti diketahui, Indonesia memang sudah dipastikan bakal menggelar ajang FIFA U-17 World Cup pada akhir tahun ini. Kesempatan tersebut menjadi semacam pelipur lara bagi Tanah Air yang dicabut statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, menyusul adanya gelombang penolakan partisipasi Israel di dalam negeri.

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI pun mengaku telah mengantongi nama-nama stadion yang berpotensi dijadikan venue pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023. Sebanyak empat hingga delapan stadion bakal diajukan ke FIFA, dengan enam di antaranya merupakan stadion Piala Dunia U-20 2023.

"Tadi kami sampaikan mengenai hasil pertemuan dengan FIFA, sesuai ajuan nanti rencana lapangan-lapangan kami prioritaskan 4-8 lapangan," tutur Erick kepada awak media pada Jumat (7/7/2023).

"Dari FIFA sendiri akan datang ke Indonesia, kita masih tunggu jadwalnya, untuk kembali menyeleksi lapangan yang diajukan. Tentu kita memprioritaskan lapangan yang sudah lolos sebelumnya untuk kejuaraan sebelumnya (Piala Dunia U-20 2023)."

"Tetapi tentu saya sampaikan kondisi lapangan yang sudah lolos sebelumnya kan berbeda dengan (kondisi) hari ini. Nah itu yang nanti kita berikan kepada FIFA," tandas Ketum PSSI selepas pertemuan dengan Menpora. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini