Sukses

Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, Insan Pers Apresiasi Beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism 2023

Sejumlah insan pers memberikan apresiasi pada program BRI Fellowship Journalism yang berhasil menjadi ruang dan upaya pengembangan kompetensi bagi insan media.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Dewan Pers Tri Agung Kristanto mengapresiasi program BRI Fellowship Journalism yang berhasil menjadi ruang dan upaya pengembangan kompetensi bagi insan media. Menurutnya, program ini merupakan langkah baik BRI untuk menumbuhkan wartawan-wartawan yang punya kompetensi.

"Kompetensi intelektual pada gilirannya dapat membantu jurnalisme yang sehat, mendidik, dan mencerdaskan Indonesia," ungkap Tri Agung yang juga bertindak sebagai dewan juri sekaligus mentor dari BRI Fellowship Journalism 2023.

Program BRI Fellowship Journalism telah terselenggara untuk ke-4 kalinya. program beasiswa yang ditujukan untuk para jurnalis ini menjadi inisiasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli.

Selama empat tahun terakhir, sebanyak ratusan jurnalis telah tersaring mendapatkan beasiswa S2 dari BRI. Mereka berkarya melalui tulisan, menampilkan informasi potensi ekonomi wilayah, keunikan, dan proses transformasi digital para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan pasca pandemi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Medium Perkaya Ilmu

Mentor lain yang juga Wakil Pemimpin Redaksi Kontan Titis Nurdiana mengungkapkan, Program BRI Fellowship Journalism penting bagi jurnalis karena menjadi medium untuk memperkaya ilmu.

"BRI memberikan program beasiswa yang luar biasa, mencerdaskan jurnalis sebagai garda kedepan untuk kebijakan-kebijakan publik agar mampu menyajikan berita-berita yang lebih berisi dan berguna bagi masyarakat," ungkapnya.

Di samping itu, pelaksanaannya juga dinilai menyenangkan karena mentor diajak untuk terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui UMKM binaan BRI. Alhasil, para mentor memiliki kesempatan bertanya langsung bagaimana program BRI menaikkelaskan UMKMnya.

Titis berharap, ke depan BRI secara berkelanjutan terus melahirkan program baru yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui kehadiran BRI di seluruh pelosok negeri, maka kesempatan ini dapat membuka peluang lebih banyak lagi dari insan pers Tanah Air mendapatkan kesempatan yang sama. Melalui proses mentoring dari para jurnalis senior media nasional, insan media dapat mengembangkan kompetensinya.

3 dari 3 halaman

BRI Komitmen Ciptakan Social Value bagi Masyarakat

Sementara itu, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa program ini menjadi bukti nyata atas komitmen perseroan untuk terus berupaya menciptakan economic dan social value bagi masyarakat, termasuk insan media.

Ajang ini, lanjut Catur, juga diselenggarakan dengan tujuan menciptakan hubungan baik antara BRI, jurnalis, dan media. Selama ini, BRI senantiasa memperkuat sinergi bersama berbagai stakeholder, termasuk insan media sebagai mitra strategis BRI.

Sebagai informasi, sebelumnya melalui website resmi BRI, BRI Fellowship Journalism 2023 telah mengumumkan 45 Jurnalis penerima beasiswa magister S2. Keputusan tersebut dilakukan setelah melewati serangkaian seleksi ketat yang dimulai dari awal tahun 2023. Seluruh peserta penerima beasiswa tersebut disaring dari proses panjang mulai dari seleksi administratif, psikotes, hingga praktek lapangan selama 2 bulan dalam program Journalist on Site.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini