Sukses

Daftar 10 Negara Favorit Ekspatriat, Ada Indonesia?

Meksiko menempati peringkat pertama sebagai destinasi pilihan untuk ekspatriat, menurut survey Internations.

Liputan6.com, Jakarta Laporan baru dari Internations, komunitas global untuk kelompok masyarakat yang tinggal dan bekerja di luar negeri, mengungkapkan bahwa Meksiko menjadi destinasi favorit bagi ekspatriat.

Melansir CNBC International, Rabu (12/7/2023) Meksiko menempati peringkat pertama sebagai destinasi pilihan untuk ekspatriat, menurut survey Internations.

Survey Internations menunjukkan, 90 persen orang mengatakan bahwa mereka bahagia dengan kehidupan mereka di negara itu, dibandingkan dengan 72 persen secara global.

Laporan Internations bertajuk Expat Insider itu memeringkat 53 destinasi berdasarkan lima indeks: kualitas hidup, kemudahan menetap, bekerja di luar negeri, keuangan pribadi, dan indeks penting bagi ekspatriat, yang mencakup perumahan, administrasi, bahasa, dan kehidupan digital.

Ekspatriat yang tinggal di Meksiko menilai sangat mudah untuk menetap di sana, serta keramahan penduduk setempat dan kemudahan membangun komunita.

Selain itu, laporan Internations juga mengungkapkan, pekerja internasional di Meksiko mengatakan mudah untuk menyesuaikan diri dengan budaya negara, dan biaya hidup yang terjangkau.

Kemudian ada Spanyol yang memasuki urutan kedua negara favorit ekspatriat, di mana 87 persen mengungkapkan puas dengan kehidupan mereka di sana, berkat tempat rekreasi yang kuat (seperti akses ke olahraga rekreasi dan iklim sedang). Adapun Panama, di mana ekspatriat mengatakan mereka mudah untuk menemukan teman di negara itu, dan merasa aman dengan keuangan pribadi dan 81 persen bahagia secara keseluruhan, Internations mengungkapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar 10 Negara Favorit Ekspatriat

Berikut adalah 10 negara tujuan favorit ekspatriat untuk tinggal dan bekerja di luar negeri, menurut Internations :

  1. Meksiko
  2. Spanyol
  3. Panama
  4. Malaysia
  5. Taiwan
  6. Thailand
  7. Kosta Rika
  8. Filipina
  9. Bahrain
  10. Portugal
3 dari 3 halaman

Didukung Faktor Budaya Kerja Hingga Insentif

Internations mengungkapkan, banyak dari 10 destinasi teratas berkinerja tinggi seputar keramahan, kemudahan menetap, kesenangan, dan keseimbangan kehidupan bekerja, tetapi lebih moderat dalam hal peluang karier yang mereka tawarkan.

Untuk ekspatriat yang berorientasi pada karir, pekerja di Taiwan adalah yang paling puas dengan pekerjaan mereka dibandingkan rekan kerja di seluruh dunia.

Pekerja internasional di Taiwan mengatakan bahwa mereka menikmati keamanan pekerjaan, ekonomi lokal yang kuat, dan upah yang adil di tempat kerja, ungkap Internations.

Beberapa tujuan peringkat teratas juga memiliki visa pengembara digital mereka sendiri, termasuk Meksiko, Spanyol, Panama, dan Portugal yang selanjutnya memberi insentif kepada pekerja jarak jauh global untuk memulai hidup baru di negara lain.

Sementara itu, tujuan peringkat terbawah untuk ekspatriat meliputi Kuwait, Norwegia, Turki, Korea Selatan, dan Jerman. Ekspatriat yang tinggal di Kuwait, Norwegia, dan Korea Selatan mengatakan sulit untuk menetap dan menemukan teman baru, sementara mereka yang berada di Turki dan Korea Selatan mengatakan bahwa mereka tidak puas dengan tuntutan budaya kerja di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.