Sukses

Daftar 10 Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Tak Masuk List

Islandia pun mempertahankan posisinya sebagai negara paling damai di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Indeks Perdamaian Global atau Global Peace Index 2023 merilis peringkat tahunan negara paling damai di dunia.

Melansir CNBC International, Rabu (5/7/2023) studi Institute for Economics and Peace tahun 2023 mengukur tingkat perdamaian negatif suatu negara menggunakan tiga domain yaitu situasi konflik domestik dan internasional yang sedang berlangsung, keselamatan dan keamanan masyarakatnya, serta militerisasi.

Secara keseluruhan, indeks tersebut menemukan bahwa dunia sedikit kurang aman dibandingkan tahun lalu, akibat dampak pandemi Covid-19 yang tidak berubah dari hasil survei tahun 2022.

Amerika Serikat kini berada di urutan 131 dalam daftar negara paling damai di dunia, dan 7 dari 10 negara paling damai di dunia berada di kawasan Eropa.

Islandia pun mempertahankan posisinya sebagai negara paling damai di dunia sejak studi itu pertama kali dirilis pada tahun 2008.

Negara itu juga menempati peringkat ketiga sebagai negara paling bahagia di dunia, setelah Finlandia dan Denmark.

Lebih dari 60 persen populasi Islandia tinggal di ibu kota Reykjavik, menurut National Geographic. Di Islandia, masyarakat memanfaatkan fasilitas pendidikan gratis hingga perguruan tinggi, dan setiap siswa mendapati ilmu bahasa Denmark dan Inggris.

Denmark

Kemudian di peringkat kedua negara paling damai di dunia adalah Denmark.

Menurut US News and World Report, ibukota Denmark, Kopenhagen, menjadi lokasi bagi lembaga-lembaga seperti Bursa Efek Kopenhagen dan berfungsi sebagai penghubung yang menghubungkan Eropa Utara dengan seluruh dunia.

Meskipun warga Denmark membayar sebagian dari pajak tertinggi di dunia, hingga setengah dari pendapatan mereka, hal itu karena suatu alasan.

Karena pajak yang tinggi, Denmark menawarkan warganya sebagian besar pilihan perawatan kesehatan tanpa biaya, pelajar tidak membayar uang sekolah dan menerima hibah untuk membantu menutupi biaya selama belajar, pengasuhan anak disubsidi, dan orang tua juga menerima pensiun serta perawat yang mengunjungi mereka di rumah, menurut situs web resmi negara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 10 Negara Paling Damai di Dunia

Berikut adalah daftar negara paling damai di dunia versi  Institute for Economics and Peace :

  1. Islandia
  2. Denmark
  3. Irlandia
  4. Selandia Baru
  5. Austria
  6. Singapura
  7. Portugal
  8. Slovenia
  9. Jepang
  10. Swiss
3 dari 4 halaman

10 Kota Dengan Biaya Hidup Termahal 2023 di Dunia

Salah satu bank swasta Swiss merilis Laporan Kekayaan dan Gaya Hidup Global 2023 pada hari Selasa.

Hasilnya, Singapura mendorong Shanghai dari podium sehingga menandai pertama kalinya negara kota di Asia itu menduduki peringkat teratas.

Analis Julius Baer menulis bahwa pemerintah Singapura telah berhasil dalam upaya mereka untuk menjadikannya tempat yang menarik bagi individu berpenghasilan tinggi untuk tinggal dan bekerja, tetapi hal ini juga telah mendorong kenaikan harga.

Secara khusus, negara-kota yang memiliki populasi sedikit di atas 5,5 juta memiliki harga sewa, rumah, biaya sekolah, pajak mobil, dan biaya hidup umum yang tinggi, tulis para analis. Asuransi kesehatan esensial lebih dari dua kali lipat rata-rata global, tambah mereka.

Menurut kalkulator biaya hidup di situs web pemerintah Singapura, sebuah kamar di sebuah kondominium di luar kawasan pusat negara kota itu biasanya berharga antara 1.300 dan 2.350 dolar Singapura per bulan (USD 970 hingga 1.750).

Menyewa kondominium pribadi berharga rata-rata antara 3.800 dan 5.750 dolar Singapura per bulan (USD 2.830 hingga USD 4.285).

"Sudah lama dianggap layak huni, stabil, dan kosmopolitan, Singapura kini berlomba-lomba untuk menjadi pusat global terkemuka bagi orang kaya," tulis analis Julius Baer. Dia menambahkan bahwa Singapura memiliki bandara yang ramai dan salah satu PDB per kapita tertinggi di dunia.

Pada akhir 2022, Singapura diperkirakan memiliki 1.500 kantor keluarga – dua kali lipat jumlah tahun sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

Daftar 10 Kota Dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Bagi yang penasaran, inilah peringkat Julius Baer dari 10 kota termahal untuk "hidup dengan baik" seperti melansir Business Insider, Selasa (27/6/2023).

  1. Singapura
  2. Shanghai
  3. Hongkong
  4. London
  5. New York
  6. Monako
  7. Dubai
  8. Taipei
  9. Sao Paulo
  10. Miami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.