Sukses

Biaya Pendidikan Tak Murah, Simak Solusi Pengelolaan Keuangan Berbasis Syariah Ini

Menyusun perencanaan dana bagi sang buah hati tidak lah mudah. Apalagi dengan biaya hidup, termasuk biaya pendidikan yang terus mengalami kenaikan setiap tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi, kenaikan biaya mendidikan setiap tahun tak bisa dibendung. Padahal pendidikan merupakan jaminan cita-cita di masa depan. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) biaya pendidikan di Indonesia meningkat sebesar 1,68% dari 107,80 pada Juni 2021 menjadi 109,62 pada Juni 2022.

Melihat kenaikan inflasi dari waktu ke waktu, manajemen keuangan sangatlah penting untuk menyiapkan masa depan yang mapan, salah satunya melalui pengelolaan dana berbasis Syariah.

Head of Shariah Banking, Maybank Indonesia Romy Buchari menuturkan, pengelolaan keuangan Syariah merupakan pilihan yang relevan bagi masyarakat untuk mencapai kebebasan finansial sejak dini melalui berbagai produk tabungan, investasi serta proteksi.

Di era modern ini, orang tua tidak perlu khawatir karena mereka dapat mengatur keuangan keluarga sesuai dengan prinsip Syariah untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga.

"Pendekatan Maybank Shariah Wealth Management (Maybank SWM) yang mengadopsi konsep life journey yaitu creation, accumulation, protection, purification dan distribution menjadi bagian penting dalam mengelola kekayaan sesuai dengan prinsip keuangan Syariah." jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (26/6/2023).

Jika ingin memulai perencanaan dana untuk pendidikan anak, langkah pertama yang efektif dilakukan adalah membuka rekening tabungan.

Maybank Indonesia telah menghadirkan Maybank Tabungan U iB berakad Mudharabah yang memberikan keleluasaan bagi nasabah Nasabah dalam menyisihkan dana dan mencapai kebutuhan finansial di masa mendatang dan memberikan banyak kebebasan biaya-biaya seperti bebas biaya tarik tunai 30x di ATM Bank lain, 10x bebas biaya transfer antar Bank dan bebas biaya admin.

Tak hanya itu, demi menjawab tantangan zaman di era digital saat ini, seluruh aktivitas keuangan Maybank Tabungan U iB juga dapat diakses secara digital melalui M2U ID App/Web, sehingga memudahkan Nasabah untuk mengatur dan mengendalikan dananya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Investasi Syariah

Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah investasi berbasis Syariah dengan tujuan pendidikan. Investasi dalam konteks Maybank SWM merupakan bagian dari creation yang mengacu pada penciptaan nilai tambah. Para orang tua dapat mengatur investasi yang diinginkan berdasarkan profil risiko dan jangka waktu yang sesuai dengan perencanaan dana pendidikan.

Melalui fasilitas Maybank Rekening Dana Nasabah (RDN) Syariah, calon investor dapat memaksimalkan hasil manfaatnya lewat pembelian instrumen saham atau efek yang terintegrasi melalui aplikasi online trading Maybank Trade dari PT Maybank Sekuritas Indonesia (Maybank Sekuritas).

 

3 dari 3 halaman

Asuransi Syariah

Tidak kalah penting adalah perencanaan dana pendidikan melalui asuransi jiwa berbasis Syariah. Hal ini merupakan bagian untuk perlindungan harta dan kekayaan dari risiko yang tidak diinginkan atau kerugian. Pastikan asuransi tersebut memberikan perlindungan finansial saat pemilik polis tertimpa resiko seperti meninggal dunia atau kecelakaan, sehingga dana dapat digunakan untuk menanggung kebutuhan hidup dan pendidikan anak.

MyProtection Bijak II dari Maybank Indonesia merupakan produk asuransi Syariah yang menyediakan kombinasi perlindungan jiwa dengan 13 pilihan manfaat tambahan, sekaligus investasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

MyProtection Bijak II juga akan membayarkan manfaat meninggal dunia kepada penerima manfaat berikut dengan penambahan nilai investasinya. Selain itu, MyProtection Bijak II juga telah mengintegrasikan fitur wakaf sehingga Nasabah dapat secara langsung memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat melalui wakaf.

Hal ini memberikan dimensi purification yang lebih dalam dalam pengelolaan keuangan Syariah, di mana Nasabah tidak hanya melindungi kekayaan, tetapi juga berkontribusi dalam upaya pemberdayaan sosial dan amal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini