Sukses

Begini Tipsnya Menabung Buat Liburan Biar Tak Cuma Wacana

Menabung dan merencanakan liburan terkadang justru memakan waktu lebih lama. Sebab, Anda harus berupaya keras mengumpulkan uang sebelum akhirnya dipakai untuk berlibur.

Liputan6.com, Jakarta - Menabung dan merencanakan liburan terkadang justru memakan waktu lebih lama. Sebab, Anda harus berupaya keras mengumpulkan uang sebelum akhirnya dipakai untuk berlibur. Hal ini pun biasanya sulit dilakukan oleh beberapa orang karena kebiasaan diri yang tidak bisa menabung.

Pada dasarnya menabung untuk liburan tidaklah sulit. Namun, mungkin beberapa ide ini bisa membantu seperti dikutip dari usnews.com, Sabtu (27/5/2023), antara lain:

  1. Membuat anggaran untuk liburan lebih awal
  2. Manfaatkan kartu kredit hadiah cashback
  3. Hasilkan uang tambahan untuk membayar liburan
  4. Mulailah mengurangi pengeluaran untuk liburan
  5. Seriuslah dalam menganggarkan biaya non-liburan
  6. Lakukan secara strategis

Setelah yakin akan memiliki uang untuk liburan, Anda pasti ingin mulai merencanakannya. Sebab, liburan yang tidak terencana kemungkinan besar akan menelan biaya lebih besar dari perjalanan yang telah Anda perkirakan.

Potong pendapatan untuk liburan di awal

Jika sudah tahu tujuan berlibur, mulailah menghitung biayanya.

Kelly Johnson, yang telah mengunjungi lebih dari 40 negara dan menjalankan blog perjalanan, "Snap Travel Magic", menyarankan untuk memanfaatkan rekening tabungan dengan hasil tinggi, salah satu titik terang dari suku bunga yang lebih tinggi.

“Masukkan 5 persen dari setiap gaji langsung ke rekening,” kata Johnson.

Bagi sebagian orang, 5 persen dari setiap gaji mungkin tidak realistis, tetapi intinya tetap pada target. Caranya yaitu dengan memasukkan uang ke rekening perjalanan setiap gaji atau setiap bulan.

Gunakan Kartu Kredit Cash Back Rewards

“Banyak kartu kredit menawarkan bonus pendaftaran di mana Anda bisa mendapatkan uang kembali gratis, miles maskapai ekstra, dan poin perjalanan untuk membelanjakan sejumlah uang dalam beberapa bulan pertama pembukaan akun yang dapat Anda gunakan untuk menutup sebagian besar perjalanan Anda. pengeluaran,” kata kontributor Berita AS dan konsultan belanja Andrea Woroch.

Sementara itu, jika Anda bukan penggemar Disney atau suka film dan saluran streamingnya, tetapi lebih suka pergi ke tempat lain, Woroch menyarankan untuk mencari kartu cash back dengan tarif tetap yang menawarkan persentase pengembalian uang untuk setiap pembelian.

Dia sangat menyukai kartu Bread Cashback American Express, yang menawarkan pengembalian 2 persen tanpa batas untuk setiap pembelian tanpa batas pengeluaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasilkan Uang Ekstra untuk Liburan

Roshawnna Novellus adalah CEO EnrichHER.com, sebuah situs web untuk pengusaha wanita. Dia pernah datang dengan rencana ambisius untuk berlibur di Thailand selama enam minggu.

"Untuk melakukan itu, saya perlu memikirkan anggaran untuk tinggal di Thailand dan menutupi biaya rumah saya di Atlanta," kata Novellus. "Saya membuat anggaran dan kemudian membuat iklan untuk menyewakan tempat saya dengan jumlah yang sama sepanjang waktu."

Jika itu tampaknya tidak pragmatis, Anda selalu dapat mencoba menghasilkan uang tambahan dengan mendapatkan pekerjaan paruh waktu atau mungkin mengadakan obral pekarangan.

Mulailah Memotong Pengeluaran

Ini adalah strategi akal sehat lainnya. Untuk saat ini, berhentilah pergi ke restoran dan belanja impulsif. Sebagai gantinya, mulailah memasukkan sebagian dari uang itu ke dalam dana liburan Anda.

Semakin sedikit membuang-buang uang, semakin banyak uang yang Anda miliki nanti untuk liburan. Jadi, bayar tagihan Anda tepat waktu, jangan berbelanja secara impulsive, bandingkan toko saat Anda akan melakukan pembelian besar, dan gunakan kupon.

 

3 dari 3 halaman

Habiskan Secara Strategis

Anda dapat menghemat lebih banyak uang dan membelanjakan lebih sedikit untuk kebutuhan liburan jika strategis tentang mengelola belanja.

Woroch menyarankan untuk menggunakan portal uang kembali saat melakukan pembelian liburan.

“Setiap kali Anda memesan penerbangan, persewaan mobil, atau hotel secara online, dapatkan lebih banyak uang kembali dengan mengeklik melalui portal uang kembali seperti CouponCabin.com,” kata Woroch.

“Karena berbagai biaya perjalanan Anda bisa mencapai ratusan atau mungkin ribuan dolar, persentase uang kembali apa pun dapat bertambah dengan cepat dan memberikan sedikit peningkatan pada anggaran perjalanan Anda.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini