Sukses

Erick Thohir Lantik Rabin Hattari Jadi Sekretaris Kementerian BUMN

Erick Thohir menyampaikan pengangkatan Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Hattari adalah bagian dari proses transformasi kelembagaan di internal kementerian agar sejalan dengan gerak program kerja secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir resmi melantik Rabin Indrajad Hattari menjadi Sekretaris Kementerian BUMN. Sebelumnya, Rabin merupakan Staf Ahli bidang Industri di bawah Erick Thohir.

Erick Thohir menyampaikan pengangkatan Sekretaris Kementerian adalah bagian dari proses transformasi kelembagaan di internal kementerian agar sejalan dengan gerak program kerja secara keseluruhan.

Kementerian BUMN, kata Erick, adalah pusat dari gerak dan kinerja korporasi milik negara. Maka, dibutuhkan kemampuan kelembagaan yang adaptif dengan perkembangan bisnis global.

“Pak Rabin sebelumnya sudah bekerja cukup intens mengawal program-program transformasi BUMN, di mana kementerian menyiapkan rancangan serta pengawasan atas penajaman fokus bisnis dan reorganisasi kelembagaan. Beliau juga punya pengalaman dan jejaring bisnis global yang baik,” ujar Erick dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN I dan II, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian BUMN, dan Direksi BUMN.

Rabin Hattari mendapat kepercayaan sebagai Sekretaris Kementerian BUMN (setingkat Eselon I) ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62/TPA Tahun 2023 tanggal 12 Mei 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

 

Sebelumnya, jabatan tersebut diisi oleh Susyanto yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Kementerian BUMN sejak 22 April 2022 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/TPA Tahun 2022 tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Sementara itu, Rabin menyampaikan program kerjanya, selain menyiapkan dukungan administratif, dia akan berfokus pada tiga hal. Diantaranya program inisiatif digitalisasi, peningkatan kapabilitas SDM, dan transparansi serta akuntabilitas. Selain itu, Rabin juga akan menyelesaikan RoadMap BUMN Fase 2 untuk satu dekade ke depan.

Road Map ini penting untuk memastikan BUMN kita bisa berkompetisi di tingkat global nantinya.” ujarnya.

Di era kompetisi global, Rabin menambahkan, BUMN didorong untuk lebih transparan, lebih akuntabel, efisien, produktif, inovatif, dan lebih kolaboratif dalam menjalankan tugasnya sebagai value creator dan development agent.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Rabin Hattari

Sebelum menjadi Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Bidang Industri di Kementerian BUMN sejak 12 Januari 2021 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11/TPA Tahun 2021 tanggal 12 Januari 2021.

Rabin pernah bekerja di Asian Development Bank (ADB) Manila sejak tahun 2010 dengan posisi terakhir sebagai Senior Economist, Regional Cooperation and Integration Division, Sustainable Development and Climate Change Department (SDCC) (2019-2020).

Ia juga memiliki pengalaman sebagai Analis di The World Bank Washington DC (2007-2010) dan International Monetary Fund Washington DC (2002-2007).

Pemilik gelar Bachelor of Arts bidang Ekonomi dan Matematika dari The University of Georgia pada tahun 1996 ini juga telah menamatkan pendidikan S2 di Magister Manajemen di Universitas Indonesia pada tahun 2000 dan meraih gelar PhD in Economics di George Mason University pada tahun 2008.

 

3 dari 3 halaman

Bocoran Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir akan melantik Sekretaris Kementerian BUMN baru pada hari ini, Rabu, 24 Mei 2023. Kali ini, disebut-sebut akan menjadi Sekretaris Kementerian BUMN termuda.

Kabar ini disampaikan Erick Thohir melalui unggahan di Instagram pribadinya. Momen itu terlihat dibahas ketika Erick sedang makan dengan calon Sesmen BUMN baru.

Terlihat, sosok itu adalah Rabin Hattari yang merupakan Staf Ahli bidang Industri Kementerian BUMN. Rabin akan menggantikan Susyanto yang pensiun dari Sesmen BUMN.

"Perkenalkan calon Sekretaris Kementerian Termuda se-Indonesia @rabinhattari. Harus amanah dalam mengemban tugas yang baru untuk BUMN. Siap 'Bs bcr' 24 jam ya, Bin?," tulis Erick, dikutip Rabu (24/5/2023).

Dalam video unggahannya itu, Erick membocorkan kalau pelantikan akan dilakukan hari ini. Artinya, Rabin Hattari akan efektif menjadi Sekretaris Kementerian BUMN per 24 Mei 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.