Sukses

Terungkap, Menteri Basuki Ajukan Rp 14 Triliun buat Perbaiki Jalan Rusak di Daerah

Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp 203,5 triliun untuk infrastruktur jalan nasional dan jalan daerah baik berupa jalan tol maupun non tol.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) No 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Dalam Inpres tersebut, Pemerintah akan  menyiapkan anggaran sebesar Rp 32,7 triliun untuk melakukan perbaikan jalan-jalan yang rusak.

Terkait hal tersebut, Direktur Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan akan melakukan penyesuaian anggaran untuk pembangunan infrastruktur

Mengingat tahun ini Pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp 203,5 triliun untuk infrastruktur jalan nasional dan jalan daerah baik berupa jalan tol maupun non tol. 

“Inpres jalan sedang disiapkan (Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) PUPR yang semula target Rp 32 triliun, tetapi tentu kita akan siapkan secara bertahap sesuai dengan dari projek itu sendiri,” kata Isa dalam Konferensi APBN KiTa, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Sejauh ini Kementerian PUPR sudah mulai menyusun proyek infrastruktur yang masuk dalam kriteria Inpres 3/2023. Mereka pun telah mengajukan proyek dengan nilai anggaran Rp 14 triliun.  “Sudah mulai sampaikan ke Ibu Menteri Keuangan ini sekitar Rp 14 triliun,” kata dia. 

Sebagai informasi, Presiden Jokowi sudah meninjau langsung kerusakan jalan di sejumlah daerah di Lampung.  Tak hanya Lampung, Jokowi juga telah mendatangi jalan rusak lainnya yang ada di Indonesia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Disiapkan

Dalam Inpres itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan Kementerian Keuangan diminta menyiapkan anggaran sebesar Rp 32,7 triliun untuk perbaikan jalan di seluruh Indonesia di 2023.

Namun pihaknya baru mengusulkan penggunaan anggaran sebesar Rp14,9 triliun saja untuk memperbaiki jalan-jalan rusak di seluruh Indonesia. Termasuk juga jalan rusak di Lampung yang sempat viral.

"Ini baru tahap pertama saya usulkan ke Kemenkeu itu Rp 14,9 triliun. Untuk penanganan perbaikan jalan daerah, termasuk Lampung kemarin itu. Ya saya kira dari Rp 14,9 triliun itu hampir seluruh wilayah Indonesia, nggak ada yang khusus," ungkap Basuki.

Basuki tak menjelaskan jalan mana saja yang mendapatkan bantuan untuk diperbaiki. Namun, dia bilang ada ribuan jalan yang diperbaiki dengan uang belasan triliun itu. Kebanyakan jalan yang diperbaiki adalah jalan di taraf kabupaten/kota.

"Ini cuma baru tahap pertama sampai Mei yang Rp 14,9 triliun. Ini karena harus siap readiness criteria-nya, kan di Inpres juga ada kriterianya jalan mana yang bisa ditangani di Inpres ini. Nanti paruh kedua ada lagi, pokoknya total tahun ini Rp 32,7 triliun," papar Basuki.

 

Reporter: Anisyah Alfaqir

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini