Sukses

Mundur sebagai CEO Twitter, Elon Musk Masih Jadi Pemimpin di 4 Perusahaan Ini

Elon Musk mengumumkan telah menemukan CEO Twitter baru. Dengan pengumuman tersebut, ia mundur sebagai CEO, dan akan mengambil peran chairman dan CTO.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk telah mengumumkan telah menemukan untuk CEO Twitter baru. Namun, ia belum mengatakan siapa sosok CEO baru tersebut.

Dikutip dari the Verge, dalam sebuah cuitan di Twitter pada Kamis, 11 Mei 2023, Elon Musk menuturkan telah “mempekerjakan CEO baru untuk X atau Twitter. Ia akan mulai dalam enam minggu. Elon Musk akan berperan sebagai chairman dan Chief Technology Officer (CTO), mengawasi produk, perangkat lunak dan sistem operasi.

Menurut Dylan Byers dari Puck News, CEO barunya adalah eksekutif periklanan NBC Universal Linda Yaccarino, mengutip dari sumber.

The Wall Street Journal melaporkan, Linda Yaccarino sedang dalam pembicaraan untuk mengambil alih sebagai CEO Twitter. Namun, juru bicara NBCU mengatakan Yaccarino sedang dalam persiapan untuk presentasi kepada pengiklan.

Sementara itu, meski Elon Musk mungkin tidak lagi menjadi CEO, dia masih memiliki perusahaan yang dia beri nama X. Elon Musk menjadi CEO Twitter pada Oktober 2022 usai akuisisi perusahaan diikuti dengan pemecatan langsung sebagian besar eksekutif perusahaan dan ribuan karyawan lainnya.

Selain itu, meski dia mundur dari posisi CEO, Elon Musk masih menjabat sebagai pimpinan di sejumlah perusahaan.

Mengutip laman Tesla, sejak 2008, Elon Musk menjabat sebagai CEO Tesla dan anggota dewan direksi sejak 2004. Sebagai salah satu pendiri dan CEO Tesla, Elon memimpin semua desain produk, teknik dan produksi global kendaraan listrik perusahaan, produksi baterai dan produk energi surya.

Sejak pendirian perusahaan pada 2003, misi Tesla adalah mempercepat transisi dunia menuju energi berkelanjutan.

Produk Tesla pertama, mobil sport Roadster memulai debut pada 2008, diikuti sedan model S yang diperkenalkan pada 2012, dan SUV model X yang diluncurkan pada 2015.

Pada 2019, Tesla meluncurkan Cybertruck yang akan memiliki utilitas lebih baik daripada truk tradisional dan performa lebih baik ketimbang mobil sport, serta SUV model Y yang mulai dikirimkan kepada pelanggan awal 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Elon Musk Jadi CEO di Sejumlah Perusahaan Selain Tesla

Elon Musk juga menjabat sebagai CEO, CTO dan Chairman Space Exploration Technologies Corporation,perusahaan manufaktur jasa pesawat ruang angkasa yang disebut Space X sejak Mei 2022. Sebagai desainer utama di SpaceX, Elon Musk mengawasi pengembangan roket dan pesawat ruang angkasa untuk misi ke orbit bumi dan akhirnya ke planet lain.

Selain itu, Elon Musk juga menjabat sebagai Chairman di SolarCity Corporation, sebuah perusahaan instalasi tenaga surya dari Juli 2006, hingga diakuisisi Tesla pada November 2016.

Selain itu, Elon Musk juga menjadi CEO Neuralink, yang mengembangkan ultrahigh dengan bandwidth sangat tinggi untuk menghubungkan otak manusia ke komputer.

Selain itu, Elon Musk juga meluncurkan The Boring Company yang menggabungkan teknologi tunnelling yang cepat dan terjangkau dengan sistem transportasi umum serba listrik untuk mengurangi kemacetan perkotaan dan memungkinkan perjalanan jarak jauh berkecepatan tinggi. The Boring Company membangun terowongan R&D sepanjang 1,15 mil di Hawthorne dan saat ini membangun Vegas Loop, sistem transportasi umum di Las Vegas Convention Center.

Sebelumnya Elon Musk juga ikut mendirikan dan menjual PayPal, sistem pembayaran internet terkemuka di dunia, dan Zip2, salah satu layanan peta dan petunjuk arah internet pertama.

 

3 dari 4 halaman

Elon Musk Mengundurkan Diri sebagai CEO Twitter, Saham Tesla Melesat

Sebelumnya, miliarder Elon Musk mengatakan, Twitter mendapatkan CEO baru. Ia pun berperan sebagai chairman dan CTO yang fokus ke bagian produk dan teknis. Usai pengunduran diri Elon Musk, saham Tesla melonjak.

Dikutip dari CNBC, Jumat (12/5/2023), melalui Twitter, Elon Musk menyebutkan seorang CEO baru. CEO tersebut perempuan yang tidak disebutkan namanya. CEO Twitter baru itu akan ambil peran dalam enam minggu ini. Elon mengatakan, dirinya akan beralih menjadi chairman dan chief technology officer (CTO) yang mengawasi produk, perangkat lunak dan lainnya.

“Senang mengumumkan saya memiliki CEO baru untuk X/Twitter. Ia akan mulai enam minggu lagi. Peran saya akan beralih menjadi chairman dan CTO, mengawasi produk, perangkat lunak, dan sistem operasi,” cuit dia.

Saham Tesla melonjak lebih dari 2 persen, sebagai tanda investor merespons positif dari langkah Elon Musk. Dikutip dari Business Insider, saham Tesla ditutup di posisi USD 172,08, dan terus menguat usai perdagangan regular. Sepanjang 2023, saham Tesla telah menguat lebih dari 59 persen.

Beberapa investor Tesla khawatir kalau perhatian Elon Musk teralihkan dengan menjalankan Twitter. Ia harus mengalihkan waktunya untuk menjalankan perusahaan kendaraan listrik, seiring miliarder ini juga menjadi CEO perusahaan tersebut.

Pada April, sejumlah pemegang saham progresif Tesla secara terbuka mendesak dewan Tesla untuk memastikan Elon Musk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk perusahaan kendaraan listrik itu.

 

4 dari 4 halaman

Elon Musk Akuisisi Twitter

Elon Musk yang juga CEO Space X menyelesaikan akuisisi Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 649,37 triliun (asumsi kurs rupiah 14.756 per dolar AS) pada Oktober. Ia memecat eksekutif puncak perusahaan dan memberhentikan ratusan karyawan.

Di bawah kepemimpinannya, bisnis inti periklanan Twitter telah tertekan. Beberapa perusahaan menghentikan kampanye promosi berbayarnya karena melihat peningkatan pidato ofensi dan retorika kebencian, beberapa kelompok advokasi telah didokumentasikan.

Musk telah mencoba menutupi kekurangan tersebut dengan layanan langganan baru, Twitter Blue yang menawarkan fitur-fitur seperti kemampuan menulis tweet yang lebih panjang.

Pada April, perusahaan hapus apa yang disebut centang biru “warisan” dari pengguna yang tidak membayar yang identitasnya telah diverifikasi membuka pintu bagi calon penipu.

Akun pemerintah dan beberapa akun perusahaan masih akan mempertahankan verifikasi melalui serangkaian ikon terpisah, masing-masing dalam warna perak dan emas.

Ia juga mengizinkan pengguna yang sebelumnya dilarang kembali ke platform dan menimbulkan kontroversi politik dengan pernyataan seperti mengatakan media rasis terhadap orang kulit putih dan Asia.

Twitter juga telah melewati beberapa kesalahan teknis dan pemadaman selama masa jabatan Musk sebagai CEO, beberapa di antaranya bertepatan dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran, yang menurut dia diperlukan untuk kesehatan keuangan perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini