Sukses

Cuaca Buruk, Lion Air Rute Jakarta-Bengkulu Bawa 188 Penumpang Mendarat di Palembang

Lion Air penerbangan nomor JT-630 membawa 188 penumpang dan 7 kru. Pesawat mendarat secara normal di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pukul 18.44 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan Lion Air penerbangan dari Jakarta menuju Bengkulu mengalihkan pendaratan (divert) ke Palembang pada Senin 8 Mei 2023. Langkah yang dilakukan oleh maskapai member of Lion Air Group tersebut untuk memastikan keselamatan penerbangan dan kenyamanan penumpang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, keputusan pilot berdasarkan kondisi aktual cuaca buruk atau cuaca yang tidak baik dengan kurangnya jarak pandang.

"Faktor cuaca ini tidak memungkinkan Lion Air untuk mendarat dengan aman di Bandar Udara Fatmawati Bengkulu," jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (9/5/2023).

Lion Air memberikan informasi yang jelas dan terperinci kepada semua penumpang. Pemberitahuan diberikan dengan menyampaikan alasan pengalihan pendaratan sebagai langkah terbaik untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang.

Lion Air Bawa 188 Penumpang dan 7 Kru

Lion Air penerbangan nomor JT-630 dioperasikan menggunakan Boeing 737-900ER registrasi PK-LHU membawa 188 penumpang dan 7 (tujuh) kru. Pesawat mendarat secara normal di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pukul 18.44 WIB (GMT+ 07).

Setelah mendapatkan informasi bahwa Bandar Udara Fatmawati Bengkulu telah dinyatakan aman untuk operasional penerbangan, berdasarkan pemberitahuan resmi dan memperoleh kepastian dari otoritas terkait bahwa kondisi cuaca di Bengkulu telah membaik dan memungkinkan untuk mendarat dengan aman, Lion Air melanjutkan penerbangan dari Palembang menuju Bengkulu.

Lion Air penerbangan nomor JT-630 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pukul 19.59 (GMT+ 07) dan sudah mendarat di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu pukul 21.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengapa Divert ke Palembang?

Pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif, seperti Palembang dalam penerbangan JT-630 adalah langkah yang tepat, wajar dan normal dilakukan demi menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan. Kondisi cuaca kurang baik di Bengkulu, seperti kurangnya jarak pandang dan kecepatan angin tinggi, dapat menyebabkan risiko bagi penerbangan.

Dalam hal ini, sesuai standar operasional prosedur, Palembang dipilih sebagai bandar udara alternatif karena terdekat dari Bengkulu yang memenuhi kriteria keselamatan dan memiliki kondisi cuaca yang lebih baik guna mendaratkan pesawat dengan aman. Sebelum melakukan pengalihan pendaratan, Lion Air telah memastikan bahwa Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang siap menerima penerbangan dan memenuhi persyaratan operasional yang diperlukan.

Pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif dalam kondisi cuaca buruk merupakan tindakan yang rutin dilakukan oleh maskapai penerbangan di seluruh dunia demi menjamin bahwa penerbangan dapat berlangsung aman dan mengurangi risiko yang mungkin timbul akibat kondisi cuaca yang tidak baik (tidak memenuhi kualifikasi penerbangan).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.