Sukses

Harga Emas Dunia Makin Mahal, Tembus USD 2.039 per Ons

Harga emas di pasar spot naik 1,13 persen ke angka USD 2.039,0168 per ons setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak 14 April di USD 2.036,15.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas menguat pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta). Melonjaknya harga emas didorong oleh langkah Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga yang diharapkan secara luas dan mengisyaratkan jeda dalam kenaikan lebih lanjut.

Dikutip dari CNBC, Kamis (4/5/2023), harga emas dunia di pasar spot naik 1,13 persen ke angka USD 2.039,01 per ons setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak 14 April di USD 2.036,15.

Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,7 persen menjadi USD 2.037.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar seperempat poin persentase untuk memadamkan tekanan inflasi yang membuat harga emas naik jauh di atas target 2 persen.

Ini juga menandakan jeda dalam kenaikan lebih lanjut, memberi pejabat waktu untuk menilai dampak dari kegagalan bank baru-baru ini, menunggu penyelesaian kebuntuan politik atas plafon utang AS, dan memantau jalannya inflasi.

“Emas tersentak ke tertinggi hari ini secara refleks setelah pernyataan Fed menunjukkan jeda tetapi itu sebagian besar diperkirakan dan emas sekarang telah mundur, menunggu (Ketua Fed Jerome) Powell,” kata Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York.

Kurs Dolar AS

Setelah keputusan Fed, kurs dolar AS turun 0,6 persen, membuat emas batangan lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lain, sementara imbal hasil Treasury 10 tahun juga turun.

Bullion yang tidak memberikan imbal hasil, tempat berlindung yang aman dari inflasi dan ketidakpastian ekonomi, menarik permintaan yang lebih rendah ketika suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan pengembalian aset yang bersaing dengan imbal hasil.

“Kekhawatiran mengenai bank-bank regional AS dan pagu utang menunjukkan volatilitas harga lebih lanjut akan segera terjadi,” kata analis Standard Chartered Suki Cooper.

Harga emas telah naik 1 persen pada bulan April karena krisis perbankan AS mendorong pelarian ke tempat aman. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Dunia Kemarin

Sebelumnya, harga emas memperpanjang kenaikan pada hari Selasa dan berada di jalur untuk kenaikan harian terbesar dalam sebulan. Kenaikan harga emas ini karena imbal hasil turun di tengah kekhawatiran baru penularan di sektor perbankan AS, menjelang keputusan Federal Reserve yang diantisipasi secara luas untuk menaikkan suku bunga.

Dikutip dari CNBC, Rabu (3/5/2023), harga emas di pasar spot melonjak 1,8 persen ke level tertinggi sejak 14 April di USD 2.016,71 per ons. Sementara emas berjangka AS naik 1,7 persen menjadi USD 2.026,20.

"Kekhawatiran perbankan kembali ... itu benar-benar menghilangkan risiko bahwa Fed mungkin akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga Juni," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Saham pemberi pinjaman regional AS memperpanjang penurunan. Sementara imbal hasil Treasury AS turun, karena jatuhnya First Republic Bank terus mengguncang pasar.

Regulator menyita First Republic Bank dan menjual asetnya ke JPMorgan Chase & Co pada Senin, dalam kesepakatan untuk menyelesaikan kegagalan bank terbesar di AS sejak krisis keuangan 2008.

Komite Pasar Terbuka Federal memulai pertemuan dua hari, di mana secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin.

3 dari 3 halaman

Penurunan Suku Bunga

Pasar sekarang menghargai peluang penurunan suku bunga pada bulan Juni, melihat tidak ada peluang kenaikan lagi.

Sementara emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi, kenaikan suku bunga merugikan permintaan untuk aset dengan imbal hasil nol.

Emas juga telah didukung oleh beberapa permintaan safe-haven dari kebangkitan kembali kekhawatiran atas kesehatan sektor perbankan dan ketidakpastian plafon utang AS, kata analis Bank of China International, Xiao Fu.

Presiden AS Joe Biden pada hari Senin memanggil empat pemimpin kongres ke Gedung Putih minggu depan setelah Menteri Keuangan Janet Yellen memperingatkan pemerintah dapat kekurangan uang untuk membayar tagihannya pada bulan Juni.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.