Sukses

7 Merek Kecantikan Milik Selebritas Paling Sukses di Dunia, Punya Siapa Saja?

Namun di samping itu, mereka pun diam-daim punya bakat berbisnis yang akhirnya melahirkan produk kecantikan. Karena begitu dikenal, merek kecantikan selebritas itu pun dibilang paling sukses di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Dari Selena Gomez, Kylie Jenner, hingga Rihanna punya brand kecantikan yang mendunia dan telah dikenal banyak orang. Bahkan produknya berhasil mendapatkan predikat sebagai merek kecantikan selebritas paling sukses di dunia.

Lantas, apa saja merek tersebut?

Beberapa nama tersebut mungkin dikenal karena bernyanyi dan beradu akting di layar kaca. Namun di samping itu, mereka pun diam-daim punya bakat berbisnis yang akhirnya melahirkan produk kecantikan. Karena begitu dikenal, merek kecantikan selebritas itu pun dibilang paling sukses di dunia.

Melansir South China Morning Post, Minggu (15/4/2023), berikut ini tujuh merek kecantikan selebritas paling sukses di dunia.

1.Rihanna: Fenty Beauty

Rihanna meluncurkan Fenty Beauty pada 2017 dan memiliki 50 persen saham di perusahaan tersebut. Kerajaan kecantikannya menjadi yang teratas setelah berekspansi ke delapan negara Afrika pada 2022. Jangkauan Fenty diperkuat karena berpusat pada misi intinya yaitu "inklusi untuk semua wanita dan jenis kulit".

Memperkuat statusnya sebagai merek kecantikan tersukses nomor satu di dunia adalah fakta bahwa merek ini paling menguntungkan jika dibandingkan dengan merek kecantikan selebriti lainnya, menurut Cosmetify. Rihanna memperkuat nilai media mereknya ketika dia terkenal mengenakan pengaturan instan Fenty Invisimatte dan bedak penyerap selama penampilannya di Super Bowl LVII. Cosmetify juga melaporkan bahwa nilai merek Fenty melonjak sebesar USD 5 juta setelah cameo tiga detiknya selama siaran langsung pertandingan sepak bola Amerika.

Sementara itu, Forbes melaporkan setidaknya USD 1,4 miliar dari total kekayaan bersih RiRi berasal dari Fenty Beauty.

2. Kylie Jenner: Kylie Cosmetics

Tak hanya Rihanna, Kylie Jenner juga berkecimpung di dunia kecantikan dengan meluncurkan brand sendiri. Kylie Cosmetics milik Kylie Jenner berdiri pada 2014 oleh bintang reality TV. Merek ini paling terkenal dengan produk bibir yang menjanjikan bibir lebih penuh dan montok.

Jenner menjadi ratu dalam mempromosikan produknya melalui saluran media sosialnya yang kuat di Instagram dan TikTok. Cosmetify melaporkan bahwa dia memiliki pengikut merek kecantikan selebriti terbesar di media sosial, dengan Kylie Cosmetics membual lebih dari 25,6 juta pengikut di platform tersebut. Pada 2020, dia menjual 51 persen perusahaan untuk memperdagangkan Coty secara publik dalam kesepakatan senilai USD 600 juta, lapor Forbes.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Selena Gomez: Rare Beauty

Kekuatan merek kecantikan penyanyi Selena Gomez berfokus pada "gebrakan standar kesempurnaan yang tidak realistis". Gomez juga menyoroti pentingnya kesehatan mental melalui rangkaian produknya, menggunakan pernyataan yang membangkitkan semangat pada produknya.

Menurut Cosmetify, Rare Beauty adalah merek kecantikan selebriti yang paling banyak dicari di Google antara Februari 2022 dan Januari 2023, menggambarkan meningkatnya minat global. Gomez meluncurkan merek tersebut selama pandemi global pada 2020. Lalu setahun kemudian, dia telah meraup pendapatan hingga USD 60 juta, lapor Nylon. Kisaran ini laris manis di Sephora, dengan tidak ada satu pun produknya yang dihargai lebih dari USD 50.

4. Ariana Grande: R.E.M

Pada 2021, musisi Ariana Grande memperluas jangkauannya dengan meluncurkan lini make-up vegannya, yaitu R.E.M. Koleksi pertamanya meliputi eyeliners, bulu mata palsu, highlighter, dan plumping gloss. R.E.M dijual di toko kecantikan besar Ulta pada April 2022, lapor Seventeen. Namun, merek tersebut mengalami masalah setelah perusahaan yang bermitra dengan Grande mengajukan kebangkrutan.

Forbes melaporkan bahwa awal tahun ini Grande akan mengakuisisi aset fisik R.E.M dari Forma Brands (perusahaan induk Morphe Cosmetics) setelah perusahaan tersebut mengajukan kebangkrutan pada Januari. Perkembangan ini secara efektif mengakhiri perjanjian lisensinya dengan penyanyi tersebut. Meskipun detail seputar masa depan R.E.M masih belum jelas, ini menjadi salah satu merek kecantikan selebriti paling kuat dalam hal popularitas.

5. Jeffree Star: Jeffree Star Cosmetics

Penata rias dan sensasi YouTube Jeffree Star berhasil meluncurkan lini kosmetiknya pada 2014. Cosmetify menempatkan merek eponimnya di antara lima merek kecantikan selebritas paling kuat di dunia berdasarkan laba, pengaruh Instagram, dan peringkat pencarian Google.

Sementara itu, Cosmopolitan melaporkan bahwa Star menghasilkan hingga USD 150 juta setahun dari perusahaan kosmetiknya. Meskipun YouTube adalah tempat dia paling kuat dalam hal mempromosikan mereknya, dia juga memiliki pengikut yang kuat di Instagram, dengan lebih dari 6,2 juta penggemar.

 

3 dari 3 halaman

6. Millie Bobby Brown: Florence by Mills

Aktris Stranger Things Millie Bobby Brown meluncurkan merek kecantikannya pada 2019. Dia menggunakannya sebagai kesempatan belajar untuk menemukan hal-hal baru tentang kecantikan dan perawatan kulit.

Menurut Orang dalam, dia mengakui bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang industri ini, tetapi menggunakan kurangnya pengetahuan itu untuk menarik pelanggan, yang dia katakan ingin "melakukan perjalanan bersama saya". Fashion Network melaporkan bahwa pada 2020 dia memperoleh saham mayoritas di lini tersebut dan juga memiliki platform e-niaga yang sukses.

7. Gwyneth Paltrow: Goop

Apa yang dimulai sebagai buletin buatan sendiri pada tahun 2008 telah berkembang menjadi merek kecantikan, mode, kesehatan, dan gaya hidup bernilai jutaan dolar. Produk kecantikan Goop berpusat pada alas bedak yang bersih dan bercahaya.

Paltrow secara teratur mempromosikan mereknya dengan ide perawatan kulit dan tips tentang cara dia mendapatkan kulit mulusnya, yang akhirnya menjadi viral. Cosmopolitan melaporkan aktris Iron Man itu memiliki 30 persen saham di Goop, yang diperkirakan bernilai USD 250 juta.

Berbicara tentang kesuksesan Goop, kata Paltrow Majalah CEO, ketika Goop pertama kali diluncurkan, orang mengatakan itu akan menjadi keajaiban satu pukulan. Sekarang, bertahun-tahun kemudian, ini adalah "pasar miliaran dolar".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.