Sukses

Cek Pasar Cepogo Boyolali Bareng Mendag, Jokowi: Harga Cabai Rawit Turun Jadi Rp 20 Ribu dari Rp 90 Ribu

Presiden Jokowi memastikan harga pangan mendekati Lebaran di Boyolali setelah dilakukan pantauan mengalami penurunan semuanya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Cepogo Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023). Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkufli Hasan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam pantauan harga di pasar, Jokowi memastikan harga pangan mendekati Lebaran di Boyolali setelah dilakukan pantauan mengalami penurunan semuanya.

"Cabai rawit Rp 20 ribu (per kg). Sebelumnya Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu, di sini Rp 20 ribu. Telur Rp 25 ribu ( per kg) yang sebelumnya di atas Rp 30 ribu," kata Jokowi dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden.

Hal yang sama juga terjadi dengan bawang putih yang saat ini di harga Rp 25 ribu per Kg. Tak berbeda jauh dengan harga daging ayam yang ada di kisaran Rp 32 ribu per kg.

Jokowi mengatakan, penurunan harga pangan ini kemungkinan besar bisa terjadi karena pasokan dan produksi cukup banyak sehingga bisa membanjiri pasar.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menambahkan, jika pasokan bahan pangan mengalami gangguan di pasar, pemerintah akan langsung tancap gas sehingga harga langsung turun.

"Alhamdulilah mau Lebaran harga turun, baru pertama kali di era Pak Jokowi," jelas Mendag.

Jokowi melanjutkan, harga turun ini karena pasokan memang banyak. Hal ini sesuai dengan teori ekonomi yang terjadi selama ini.

Ia pun mengharapkan penurunan harga ini akan stabil dalam dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi dan Ganjar Pranowo Satu Mobil Bersama di Boyolali, Apa yang Dibahas?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menaiki mobil yang sama. Momen ini terjadi saat Ganjar mendampingi Jokowi melakukan kunjungan ke sejumlah pasar di Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa Jokowi dan Ganjar Pranowo melakukan agenda bersama yakni, mengecek harga bahan pokok di sejumlah pasar.

Adapun lokasi yang dikunjungi antara lain, Pasar Selo Kabupaten Boyolali, Pasar Cepogo Kabupaten Boyolali, dan Perum Bulog Pusat Distribusi Ngabeyan, Kabupaten Sukoharjo.

"Agenda bersama peninjauan dan pengecekan harga bahan pokok di dua pasar di Kabupaten Boyolali, kemudian ke acara pelepasan pemyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan 2023," kata Bey kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

 

3 dari 3 halaman

Salat Jumat

Jokowi dan Ganjar juga terlihat melakukan salat Jumat bersama di di Masjid Sheikh Zayed, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat 7 April 2023. Bey menyebut Ganjar memang kerap mendampingi apabila Jokowi melakukan kunjungan ke Jawa Tengah.

"Karena di Jawa Tengah, jadi bersama-sama, karena Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar," ujarnya.

"Bukan sekarang saja bersama-samanya, tapi kalau Presiden ke Jawa Tengah, Pak Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah selalu mendampingi," sambung Bey.

Kendati begitu, tak diketahui apa yang dibahas Jokowi dan Ganjar di dalam mobil. Bey pun tak menyampaikan apa yang dibahas keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini