Sukses

Rame Diskon Buat Pemudik, dari Tarif Tol hingga Tiket Kereta dan Pesawat

Ikut menyemarakkan mudik Lebaran 2023, beberapa perusahaan ikut memberikan diskon bagi para pemudik. Diskon tersebut baik untuk tarif tol, tiket kereta api hingga tiket pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dua tahun selama Pandemi Covid-19 tak bisa pulang kampung, pemerintah akhirnya memberikan lampu hijau kepada warga untuk kembali ke kampung halaman.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pemudik Lebaran 2022 mencapai 85 juta orang dan 14 juta di antaranya berasal dari pemudik Jabodetabek.

Ikut menyemarakkan mudik Lebaran 2023,beberapa perusahaan pun ikut memberikan diskon bagi para pemudik. Diskon tersebut baik untuk tarif tol, tiket kereta api hingga tiket pesawat.

Dirangkum Liputan6.com pada Sabtu (8/4/2023), berikut ini berbagai diskon yang ditawarkan bagi pemudik pulang kampung lebih menyenangkan:

1. Tarif Tol Jakarta Cikampek Diskon 20 Persen

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberlakukan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Diskon tarif tol 20 persen ini hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen ini merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama tanggal-tanggal yang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Kami memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66) akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, yaitu sebesar 138 ribu kendaraan atau mengalami kenaikan hingga 154 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal (54 ribu kendaraan) atau naik 2 persen dari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 (135 ribu kendaraan)," kata Subakti, dikutip Kamis (6/4/2023).

"Sementara itu, untuk puncak arus balik kami prediksi terjadi pada H+2 atau pada Selasa, 25 April 2023, yaitu sebesar 178 ribu kendaraan yang peningkatannya mencapai 237 persen dibandingkan normal (53 ribu kendaraan) atau naik 5 persen dari Puncak Arus Balik Lebaran 2022 (170 ribu kendaraan). Berdasarkan inilah, diskon tidak diberikan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” lanjut dia.

Subakti berharap diskon tarif tol ini dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik lagi.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Tidak hanya pada arus mudik, Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik yaitu pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Berikut Besaran Diskon Tarif Tol 20 Persen Jalan Tol Jakarta-Cikampek:

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp20.000 menjadi Rp16.000, diskon sebesar Rp4.000
  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp30.000 menjadi Rp24.000, diskon sebesar Rp6.000
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp40.000 menjadi Rp32.000, diskon sebesar Rp8.000

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

KAI Sebar Tiket Diskon Mudik Lebaran 20 Persen di 14-17 April

PT KAI (Persero) menggelar Diskon Mudik 2023 dengan memberikan potongan harga tiket kereta api hingga 20 persen untuk keberangkatan kereta api periode 14-17 April 2023.

Total, sebanyak 31.300 tiket diskon KAI sediakan untuk Kereta Api Jarak Jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program Diskon Mudik 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan alternatif tanggal keberangkatan kepada pelanggan untuk pulang ke kampung halaman. Sehingga perjalanan tidak terkonsentrasi pada tanggal-tanggal yang berdekatan dengan Hari-H Lebaran 2023.

"Pemberian diskon tiket ini juga sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal. Guna mengurai kepadatan arus mudik yang terjadi menjelang Hari-H Lebaran," kata Joni, Sabtu (8/4/2023).

Joni menyampaikan, masyarakat dapat membeli tiket diskon itu pada 9-13 April 2023, dimana pada masing-masing hari tersebut dibuka sebanyak 6.260 tiket diskon.

Pembelian tiket diskon ini dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Sejumlah perjalanan kereta api yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), KA Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), KA Pasundan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp), KA Bogowonto (Pasarsenen-Lempuyangan pp), dan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program Diskon Mudik 2023 ini, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

"KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan tiket murah tersebut untuk mudik dengan kereta api. KAI berkomitmen untuk menyelenggarakan angkutan Lebaran 2023 dengan aman dan berkesan," pungkas Joni.

3 dari 5 halaman

Tiket Murah Lion Air ke 3 Rute Penerbangan

Salah satu maskapai yang menawarkan harga tiket pesawat murah ini yaitu Lion Air. Penawaran spesial ini tersedia harga diskon tiket pesawat Lion Air, khusus keberangkatan dari Jakarta, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) secara langsung (tidak berlaku rute transit) yang dilayani oleh Lion Air, untuk tujuan paling diminati ke:

  • Surabaya Rp 595.000 Bandar Udara Internasional Juanda (SUB)
  • Semarang Rp 338.000 Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG)
  • Yogyakarta Rp 360.000 Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA)

Harga mulai dari untuk satu kali jalan (one way), belum termasuk PPN 11 persen, Iuran Wajib Jasa Raharja (IWJR), passenger service charge (pajak bandar udara/ airport tax) serta fuel surcharge (biaya tambahan yang dibebankan pada tiket pesawat udara terhadap kenaikan harga bahan bakar) serta ketersediaan kursi terbatas.

Promo ini berlaku untuk pembelian tiket penerbangan mulai 6-17 April 2023 dan periode terbang pada 13-17 April 2023. Pembelian tiket dilakukan melalui situs resmi www.lionair.co.id , aplikasi mobile Lion Air atau melalui agen-agen (offline dan online) tiket resmi mitra Lion Air.

"Lion Air sangat senang memperkenalkan program spesial Lebaran dengan menyediakan penawaran bagi para pemudik yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Jumat (7/4/2023).

Lion Air berharap promo fantastis ini semakin memperlancar aksesibilitas dan keuntungan bagi mereka dalam merencanakan perjalanan #MudikAmanBerkesan.

Lion Air memahami bahwa mudik merupakan tradisi yang penting bagi masyarakat Indonesia. Penawaran terbaik harga diskon tiket pesawat Lion Air berharap menjadi kontributif perjalanan mudik lebih terjangkau bagi pemudik dalam melakukan pembelian tiket penerbangan.

4 dari 5 halaman

Diskon, Harga Tiket Citilink Mulai dari Rp 300 Ribu

Tak mau kalah dengan Lion Air, PT Citilink Indonesia mengeluarkan penawaran diskon tiket pesawat mulai dari Rp. 300.000 menjelang musim libur Idul Fitri 1.444 Hijriah

"Hi Citilinkers. #BikinLebih tenang, Cari Kursi untuk mudik duluan bareng Citilink. Dapatkan berbagai penawaran menarik, seperti harga tiket mulai dari 300 ribu, free reschedule, dan masih banyak lagi," tulis Citilink Indonesia dalam unggahan di laman Instagram pribadinya, dikutip Jumat (7/4/2023).

Citilink Indonesia menawarkan diskon sebagai berikut :

  • Diskon GreenZone dan RegularZone diskon 20 persen
  • Harga spesial Lounge mulai dari Rp. 115.000
  • Harga Spesial Surprise in mulai Rp. 350.000
  • Tukar Miles ke Rute Favorit diskon 50 persen
  • Passenger Assistant mulai dari Rp. 124.000

Bagi Anda yang berminat, periode promo ini berlaku hingga 9 April 2023 dengan periode terbang di bulan ini hingga 31 Agustus 2023.

Untuk pemesanan dan pembelian tiket pesawat, Anda dapat mengakses www.citilink.co.id atau Aplikasi Citilink, serta link bit.ly/IGF-Cari-Kursi untuk informasi lebih lanjut.

5 dari 5 halaman

Garuda Indonesia Obral Tiket Mudik Lebaran ke Jakarta, Diskon 55 Persen

Menyambut periode mudik Lebaran 2023, Garuda Indonesia menghadirkan program promo spesial Lebaran ke Jakarta. Lewat program ini, pihak Garuda Indonesia menawarkan sejumlah diskon tiket pesawat yang diselenggarakan sejak 3 Maret 2023 hingga 1 Mei 2023 mendatang.

Promo spesial Lebaran ke Jakarta menawarkan berbagai promo diskon tiket pesawat hingga 55 persen bagi penumpang yang ingin terbang ke Jakarta dari berbagai kota di Indonesia. Adapun promo tersebut berlaku untuk masa perjalanan hingga 1 Mei 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, program tersebut merupakan upaya perseroan memenuhi kebutuhan masyarakat akan berbagai alternatif pilihan perjalanan, dengan harga lebih kompetitif.

"Kami memahami bahwa momen libur dan mudik Lebaran merupakan momen khusus yang telah dinantikan oleh masyarakat untuk menikmati waktu berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat. Tidak hanya untuk bersilahturahmi, melainkan juga menikmati suasana liburan," ujarnya, Rabu (5/4/2023).

"Program Lebaran ke Jakarta dihadirkan secara khusus bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu di Jakarta dengan nuansa Hari Raya yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya", kata Irfan.

Adapun sejumlah harga spesial mulai dari Rp. 700 ribuan untuk satu kali penerbangan ke Jakarta yang ditawarkan pada program ini, antara lain:

  • Semarang-Jakarta: mulai dari Rp 700 ribuan
  • Bali-Jakarta: mulai dari Rp 1,4 jutaan
  • Medan-Jakarta: mulai dari Rp. 1,7 jutaan
  • Padang-Jakarta: mulai dari Rp. 1,5 jutaan
  • Surabaya-Jakarta: mulai dari Rp. 1,1 jutaan
  • Lombok-Jakarta: mulai dari Rp. 1,4 jutaan
  • Palu-Jakarta: mulai dari Rp. 1,7 jutaan
  • Yogyakarta-Jakarta: mulai dari Rp. 900 ribuan
  • Makassar-Jakarta: mulai dari Rp. 1,6 jutaan.

 Cara Mendapat Diskon

"Untuk mendapatkan berbagai harga menarik tersebut, para pengguna jasa dapat mengakses baik platform digital Fly Garuda, microsite https://www.garuda-indonesia.com/id/id/special-offers/sales-promotion/lebaran_ke_jakarta ataupun melalui kantor penjualan Garuda Indonesia," imbuh Irfan.

Selain menawarkan tiket penerbangan ke Jakarta, lanjut Irfan, para pengguna jasa juga dapat mengakses berbagai penawaran lainnya. Seperti, berbagai promo diskon hingga 80 persen khusus untuk prepaid baggage atau excess baggage bagi para pengguna jasa yang akan membawa bagasi lebih pada jadwal penerbangan hingga 31 Desember 2023. Berlaku pada seluruh penerbangan internasional dan rute domestik

"Penawaran menarik lainnya, khusus bagi seluruh para anggota Garuda Miles yakni diskon hingga 50 persen untuk beberapa rute domestik dengan menukarkan miles menjadi award tiket," terang Irfan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini