Sukses

Proyek MRT Fase 2 Bundaran HI-Kota Terbangun 22 Persen

Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan pekerjaan pembangunan MRT Fase 2 Bundaran HI - Kota baru mencapai 22 persen

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan pekerjaan pembangunan MRT Fase 2 Bundaran HI - Kota baru mencapai 22 persen. Pembangunan MRT tersebut ditargetkan rampung pada tahun 2029.

"Overall, dari Bundaran HI sampai Jakarta Kota itu sekitar 22 persen totalnya, itu update sekarang ini terjadi. Kami memiliki target selesai sampai dengan Kota akhir 2029, mudah-mudahan kita bisa nikmatin. " kata Tuhiyat saat ditemui di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Adapun proyek fase 2A tersebut dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Bundaran HI-Harmoni, Harmoni-Mangga Besar, dan Mangga Besar-Kota.

Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Saat ini pekerjaan pembangunan fase 2A MRT Jakarta yakni Bundaran HI - Harmoni sudah mencapai 55 persen. Harmoni - Mangga Besar baru 10 persen, dan Mangga Besar - Kota pembangunannya sudah mencapai 30 persen.

"Fase ini sudah mencapai progresnya 55 persen (Bundaran HI - Harmoni) mudah-mudahan ini bisa cepat. Tapi paralel dari Harmoni sampai Mangga Besar juga kita lakukan pembangunan ini capaiannya kurang lebih sekitar 10 persen, kemudian dari Mangga Besar sampai Jakarta Kota ini capaiannya sekitar 30 persen," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

MRT fase 2B Kota-Ancol Barat

Disamping itu secara paralel, kata Tuhiyat, MRT Jakarta nantinya juga bersiap untuk membangun jalur MRT fase 2B Kota-Ancol Barat. Diketahui, Pemerintah berencana melakukan pembangunan fase 2 MRT Jakarta membentang dari Bundaran HI sampai dengan Ancol Barat.

Sebagai informasi, fase 2B MRT Jakarta yang rencananya bakal dilanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

"Kita paralel nextnya itu dilanjut dari Kota ke Ancol Barat kurang lebih 6 kilometer lagi, disana ada dipo yang kita rencanakan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Pembangunan MRT Fase 2A Bundaran HI-Harmoni Rampung 55 Persen

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menyatakan pekerjaan pembangunan fase 2A MRT Jakarta yakni Bundaran HI-Harmoni sudah mencapai 55 persen.

"Bundaran HI sampai dengan Kota terbagi dalam tiga segmen pembangunannya, yakni Bundaran HI sampai Harmoni itu segmen pertama, bahkan yang kita lakukan sedang kita lakukan sudah lewat ke Monas mau menuju ke Harmoni. Fase ini sudah mencapai progresnya 55 persen, mudah-mudahan ini bisa cepat," kata Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat saat ditemui di SCTV Tower, Kamis (6/4/2023).

Pembangunan MRT Fase 2A tersebut dibagi menjadi tiga segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen dua Harmoni-Mangga Besar, dan Mangga Besar-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029

"Kami memiliki target selesai sampai dengan kota akhir 2029 itu mudah-mudahan kita bisa nikmatin," ujarnya.

Adapun fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Tuhiyat mengatakan, nantinya pembangunan MRT Jakarta akan diteruskan dari Kota hingga Depo Ancol Barat. Sehingga total ada 12 kilometer dari Bundaran HI sampai Ancol Barat. Saat ini pihak MRT masih mengerjakan 6 kilometer pertama sampai Kota.

Sementara itu, Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya bakal dilanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.