Sukses

Sambut Ramadan 1444 H, Sri Mulyani: Mohon Maaf Lahir dan Batin

Menkeu Sri Mulyani menyampaikan doa dan harapannya dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 H.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ikut menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 Hijriah yang mulai berlangsung pada Kamis, 23 Maret 2023.

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Menkeu menyampaikan doa dan harapannya dalam menyambut bulan suci Ramadan 1444 H. 

Sri Mulyani pun menyapa masyarakat dengan megucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.

"Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H," tulis Sri Mulyani dalam akun Instagram @smindrawati, dikutip Kamis (23/3/2023).

"Semoga Allah SWT menerima ibadah dan ridho atas amalan kita, serta melimpahkan berkah dan rahmat kepada kita semua dan senantiasa melindungi Indonesia," sambungnya. 

"Mohon maaf lahir dan batin," ucap Menkeu.

Selain Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga memberikan sambutannya memasuki bulan suci Ramadan 1444 H.

Ucapan Erick Thohir

Di platform serupa, Erick Thohir menyampaikan pesan untuk mengucapkan syukur dalam menyambut Ramadan. 

"Marhaban ya Ramadan. Ramadan telah tiba. Sujud syukur kepada Allah SWT atas anugrah, waktu, rezeki, dan kesehatan bagi kita semua. Sehingga bersua kembali dengan bulan mulia. Puasa membersihkan hati, jiwa, dan hanya kepadanya kita bersujud, berserah diri," tutur Erick Thohir dalam unggahan videonya melalui akun Instagram @erickthohir.

"Di hati dan jiwa yang putih itulah tumbuh subur kasih sayang kepada sesama. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal ibadah ibadah kita senantiasa mendapat ridho Allah SWT yang maha pengasih dan maha penyayang," lanjutnya. 

"Diawali dengan bismillah, menyambut bulan penuh berkah," tulis Erick Thohir.

"Marhaban ya Ramadan. Mari kita sambut bulan yang suci dengan hati yang bersih dan saling memaafkan," tambahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bulan Ramadan Tiba, Erick Thohir Sampaikan Sambutan Sahur Hari Pertama

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Dalam unggahan terpisah, Erick Thohir kembali mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadan 1444 H untuk menyapa masyarakat dengan menanyakan menu sahur di hari pertama melaksanakan ibadah puasa.

"Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadan 1444 H. InsyaAllah amal ibadah kita mendapat rida dari Allah SWT. Sahur pakai apa hari ini?," tulis Erick Thohir.

Seperti diketahui, umat Muslim telah menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 H pada Kamis, 23 Maret 2023.

3 dari 4 halaman

Sambutan Ramadan dari Menko Perekomonian Airlangga Hartarto

Adapun Menteri Koordinator Bidang Perekomonian Airlangga Hartarto yang ikut memberikan sambutan bulan Ramadan 1444 Hijriah.

"Marhaban Ya Ramadan," tulis Menko Airlangga di Instagram, dikutip Kamis (23/3/2023).

"Saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H. Mari kita sambut bulan yang suci dengan hati yang bersih dan saling memaafkan," lanjutnya. 

Melalui unggahan foto di akun Instagram pribadinya, Airlangga mengucapkan "Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini".

4 dari 4 halaman

Jelang Ramadan, Ketua MPR Minta Kemendag Rajin Gelar Operasi Pasar

Hasil dari sidak Satuan Tugas Pangan Gabungan di pasar-pasar tradisional di sejumlah wilayah, ditemukan kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok jelang puasa Ramadan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, meminta pemerintah/kementerian dan lembaga terkait bersama Satgas Pangan untuk mengecek langsung kenaikan harga yang terjadi di sejumlah pasar tersebut, agar dapat segera dilakukan penyesuaian harga yang dapat menjaga kestabilan harga bahan pokok di pasaran.

Menurutnya, hal penting lainnya pemerintah dan Satgas Pangan harus secara berkala melakukan operasi pasar yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan harga komoditas juga harga bahan pokok khususnya yang menjadi kebutuhan masyarakat jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Meminta Kementerian Perdagangan bersama Satgas Pangan untuk mengambil langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk mencegah dan mengatasi kenaikan harga bahan pokok yang terjadi di sejumlah wilayah," kata Bambang, Selasa (21/3/2023).

Monitoring dan Pencegahan

Selain itu, Bambang juga meminta agar pemerintah dan Satgas Pangan berkomitmen untuk melakukan monitoring dan upaya pencegahan, agar ada kestabilan harga, disamping melakukan penindakan terhadap pelaku penimbunan bahan pokok hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Tujuannya agar jalur distribusi bahan pokok hingga ke tangan konsumen tidak terganggu atau mengalami keterlambatan yang bisa berpotensi menyebabkan kenaikan harga," ujarnya.

Padahal sebelumnya, Badan Pangan Nasional (Bapanas) menjamin stok dan harga pangan terpantau aman selama bulan Ramadan hingga Lebaran 2023 nanti.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas, I Gusti Ketut Astawa, lantas meminta masyarakat tidak perlu khawatir hingga melakukan panic buying untuk mengamankan stok bahan pangan semisal cabai hingga bawang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.