Sukses

ISEI: Industri Tekstil Punya Peran Penting dalam Pemulihan Ekonomi

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta menyebut industri tekstil selama ini terbukti telah memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta menyebut industri tekstil selama ini terbukti telah memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. 

Oleh karena itu, ISEI mendukung industri di tanah air, termasuk industri tekstil, yang memiliki orientasi ekspor untuk terus bangkit di tengah pemulihan ekonomi saat ini.

Hal itu disampaikan Inarno Djajadi, Ketua ISEI Jakarta, saat melakukan kunjungan lapangan ke PT Sri Rejeki Isman Tbk, atau PT Sritex Indonesia, di Sukoharjo, pada (6/3/2023).

Kunjungan tersebut juga dilakukan dalam rangka mendorong kerjasama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKM ke Dunia Usaha dan Dunia Industri/DUDI bagi mahasiswa dari perguruan tinggi/Komisariat di Jakarta. 

Dalam kunjungan di Sukoharjo tersebut, sekitar 60 pengurus dan anggota ISEI, antara lain dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Solo, ikut hadir.

Kunjungan ISEI Jakarta tersebut diterima langsung oleh Presiden Direktur PT Sritex, Iwan Setiawan Lukminta. Dalam penjelasannya, Iwan menyampaikan industri tekstil di tanah air memiliki potensi devisa yang cukup besar bagi negara, khususnya dalam mendukung peningkatan ekspor non migas Indonesia.

"Dukungan ISEI sangat diperlukan khususnya dalam memberikan masukan-masukan terkait pengembangan dan tantangan yang dihadapi dunia usaha, khususnya industry textile tanah air," kata Iwan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumbangsih Pemikiran dari ISEI untuk Industi Tekstil

Menanggapi hal tersebut, Ketua ISEI Jakarta menyampaikan ISEI akan terus memberikan sumbangsih pemikiran bagi seluruh pemangku kepentingan, khususnya bagi pengembangan dunia usaha.

Anggota ISEI yang saat ini berasal dari unsur-unsur akademisi, bisnis (dunia usaha) dan pemerintah (government) merupakan kekuatan yang cukup mumpuni dalam memberikan sumbangsih pemikiran-pemikiran di bidang ekonomi. 

"Di tengah situasi perekonomian global dan domestik yang cukup menantang seperti sekarang ini, sinergi yang erat antara seluruh pemangku kepetingan termasuk pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat temasuk ISEI juga menjadi hal penting yang perlu terus dilaksanakan secara berkesinambungan," kata Inarno.

 

3 dari 3 halaman

Kampus Merdeka

Inarno juga menyampaikan pentingnya dunia usaha mendukung pelaksanaan kampus merdeka dengan membuka kesempatan mahasiswa  melakukan praktik kerja lapangan di berbagai industri.

 Hal ini akan menjadi sinergi yang sangat baik antara dunia usaha dan dunia pendidikan, dalam mempersiapkan SDM tanah air menghadapi kompetisi yang semakin ketat di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.