Sukses

KAI Bagi-Bagi Coklat Valentine ke Penumpang, Peringati Hari Kasih Sayang

KAI menggelar Hari Valentine dengan beragam kegiatan menarik seperti membagikan setangkai bunga, coklat valentine, suvenir maupun merchandise.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI menggelar berbagai kegiatan menarik dalam memperingati Hari Kasih Sayang atau Valentine Day yang diperingati pada 14 Februari. KAI menggelar Hari Valentine dengan beragam kegiatan menarik seperti membagikan setangkai bunga, coklat valentine, suvenir maupun merchandise lain dengan tema Valentine kepada pelanggan di berbagai wilayah kerjanya.

“Hari kasih sayang kami dedikasikan untuk seluruh pelanggan kereta api di mana pun berada. KAI berkomitmen memberikan layanan prima kepada seluruh pelanggan kereta api mulai dari keberangkatan di Stasiun, dalam perjalanan di atas kereta api, hingga tiba di Stasiun tujuan dengan selamat dan bahagia," ungkap Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, Selasa (14/2/2023).

Selain memberikan suvenir, KAI juga menggelar kegiatan lainnnya seperti menggandeng komunitas pecinta kereta api atau Railfans untuk membagikan setangkai bunga kepada pelanggan. Serta mengajak Railfans melakukan sosialisasi anti pelecehan dan kekerasan seksual di atas kereta api dan Stasiun.

“Pemberian bunga mawar kepada pelanggan kereta api memiliki filosofi kasih sayang Valentine. Hal ini merupakan upaya KAI membuat pelanggan merasa nyaman sehingga kereta api tetap menjadi moda transportasi pilihan dalam bepergian. KAI juga terus berupaya menjaga keamanan dengan melakukan berbagai sosialisasi anti kekerasan dan pelecehan seksual di berbagai wilayah kerjanya. Hal tersebut untuk menghadirkan moda transportasi massal berbasis rel yang ramah untuk berbagai kalangan terutama perempuan,” tambah Joni.

Gelar Lomba Foto

Selain kegiatan di atas, KAI juga menggelar berbagai lomba foto bertajuk "Train of Love" yang digelar di Daerah Operasi 1 Jakarta dan “Happy Valentrain” yang digelar KAI Bandara. Berbagai hadiah menarik dapat diperebutkan oleh pelanggan seperti voucher tiket, uang tunai, dan merchandise.

“Kami berharap dengan adanya berbagai kegiatan positif di berbagai wilayah kerja KAI mampu mempererat kedekatan antara KAI dan pelanggan. Pelanggan juga dapat terhibur dan bahagia dengan berbagai program yang KAI gelar. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat bepergian dengan kereta api,” tutup Joni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Amankan 4.984 Barang Penumpang yang Tertinggal, Nilainya Capai Rp 4 Miliar

 PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus hadir dengan layanannya yang aman dan nyaman bagi penumpang. 

PT KAI mengungkapkan bahwa, sepanjang tahun 2022 terdapat 4.984 ribu barang temuan milik penumpang dengan estimasi nilai sebesar Rp 4.054.600.969. Barang-barang ini dimasukkan pada database sistem Lost and Found.

Bahkan, jenis item itu merupakan barang-barang berharga yang diamankan seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor WNA. Sebagian besar barang tersebut sudah kembali ke pemilik, sedangkan sisanya masih KAI simpan.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, petugas announcer secara rutin mengingatkan kepada pelanggan agar menjaga barang bawaannya agar tidak tertinggal di stasiun atau di atas kereta api.

"Barang bawaan pelanggan merupakan tanggung jawab masing-masing, namun demikian untuk memberikan layanan maksimal petugas KAI akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," kata Joni, dikutip dari keterangan tertulis PT KAI, Senin (13/2/2023).

 

3 dari 3 halaman

Layanan KAI

Sebagai informasi, PT KAI memiliki sistem layanan Lost and Found dimana para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barangnya di dalam kereta api atau di stasiun dapat melaporkan kepada petugas ataupun dapat juga melalui Contact Center KAI 121.

Pengalaman pelanggan terkait layanan Lost and Found KAI dapat ditemui pada kolom komentar pada unggahan akun Instagram @kai121_ pada 9 Februari 2023. 

Adapun komentar teratas yang datang dari akun @qurrotaayun, menceritakan kopernya yang tertukar dengan pelanggan lain, namun akhirnya kopernya dapat kembali.

"Pernah koperku tertukar sama salah satu penumpang pas waktu naik kereta ke arah jakarta, karena tertukarnya itu pas tengah malam dan aku lagi tidur jdi ga sadar, pas sampe stasiun gambir langsung ngasi tau ke bagian keamanan dan dibantu sampai koperku kembali ❤️,” cerita akun @qurrotaayun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.