Sukses

Rencana Tarifnya akan Dipatok Maksimal Rp 150 Ribu, Berapa Harga Tiket Candi Borobudur Sekarang?

Tarif baru tiket masuk Candi Borobudur akan dibahas untuk dipatok Rp 100 ribu sampai dengan Rp 150 ribu bagi wisnus dan Rp 500 ribu bagi wisman.

Liputan6.com, Jakarta - Harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur akan dibahas untuk dipatok sebesar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 150 ribu bagi wisatawan Nusantara (wisnus).

Sedangkan harga tiket Candi Borobudur bagi wisawatan mancangera (wisman) sebesar Rp 500 ribu.

Penetapan tarif tiket Candi Borobudur ini dikatakan masih tahap pembahasan yang bakal dirampungkan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Sementara itu, melansir laman ticket.borobudurpark.com harga tiket Candi Borobudur untuk dewasa hari ini masih dibanderol Rp 50 ribu per orang dan Rp. 25 ribu untuk anak-anak.

Sedangkan harga tiket untuk wisatawan mancanegara dipatok Rp 375 ribu dan Rp 225 ribu untuk wisman anak-anak.

Di platform pemesanan akomodasi wisata Traveloka, harga tiket Candi Borobudur ditawarkan mulai Rp 488 ribu per orang untuk wisatawan dewasa dan Rp 348 ribu per orang bagi wisawatan mancanegara. 

Adapun platform serupa yakni BliBli yang mematok harga tiket Candi Borobudur mulai Rp. 49.500 per orang.

Sebelumnya, pada Desember 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan bahwa aturan untuk wisata naik Candi Borobudur bisa diterapkan pada 2023. Satu hal yang menjadi dasar yaitu, pemerintah tetap mengutaman aspek konservasi Candi Borobudur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Candi Borobudur Tak Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia

Seperti diketahui, Candi Borobudur kerap disebut-sebut sebagai satu di antara 7 Keajaiban Dunia.

Namun ternyata, candi Buddha yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah tersebut bukanlah salah satu yang ada dalam daftar.

Melansir laman resmi New 7 Wonders of the World, daftar 7 Keajaiban Dunia terdiri atas Tembok Besar China, Petra Yordania, Colosseum Italia, Machu Picchu Peru, Taj Mahal India, Patung Kristus Sang Penebus Brasil, dan Chichén Itzá Meksiko. Daftar ini diumumkan melalui deklarasi resmi tentang 7 Keajaiban Dunia di Lisbon pada 7 Juli 2007 lalu.

Peluncuran kampanye awal dan pembangunan kesadaran di seluruh dunia terkait 7 Keajaiban Dunia ini dimulai pada 2000 lalu. Pada periode 2004--2005, dilakukan pemungutan suara di antara 176 nominasi di lokasi yang berpartisipasi.

Kemudian pada 24 Desember 2005, sebanyak 77 situs teratas lolos ke N7W Panel of Experts bagi mereka untuk memilih finalis. Pengumuman 21 Finalis Resmi dilakukan pada 1 Januari 2006, diikuti oleh Tur Dunia pada tahun 2006--2007.

Candi Borobudur dan Tegallalang Rice Terraces hanya masuk dalam daftar 176 nominasi yang berpartisipasi dalam kampanye 7 Keajaiban Dunia Baru. Terpilihnya 7 Keajaiban Dunia ini adalah hasil pemungutan suara lebih dari 100 juta suara di seluruh dunia.

7 Keajaiban Dunia Baru semuanya sama, tidak ada peringkat di antara daftar. Aktris Hilary Swank dan Bipasha Basu dan aktor Ben Kingsley menjadi pembawa acara di Stadion Benfica Lisbon saat pengumuman resmi pada 2007 tersebut. 

3 dari 4 halaman

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Turis Lokal Diusulkan Maksimal Rp 150 Ribu, Wisman Rp 500 Ribu

Harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur diperkirakan sebesar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 150 ribu untuk wisatawan nusantara (wisnus). Sedangkan harga tiket Candi Borobudur bagi wisawatan mancangera (wisman) sebesar Rp 500 ribu.

Penetapan tarif tiket Candi Borobudur ini dikatakan masih tahap pembahasan yang bakal dirampungkan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

"Jadi, ancer-ancer-nya menurut saya yang nanti TWC akan kaji itu antara Rp100 ribu dan Rp150 ribu dan wisatawan mancanegara itu Rp500 ribu. Itu nanti akan difinalkan oleh TWC," ujar Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melansir Antara.

Sandi pun telah mendapat restu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan serta bakal melapor kepada Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin jika PT TWC sudah siap.

"Jadi, jika ini akan dimulai, TWC nanti yang akan implementasikannya dan menindaklanjuti," katanya.

4 dari 4 halaman

Kapan Tarif Baru Tiket Candi Borobudur Ditetapkan ?

Terkait dengan kapan tiket dengan tarif baru, Sandi menyerahkan ke PT TWC, termasuk kesiapan para pemandu wisata.

Diungkapkan pula bahwa wisata Candi Borobudur juga telah diujicobakan kepada sekitar ratusan peserta ASEAN Travel Forum (ATF) 2023 dan telah berjalan lancar.

Saat uji coba, para peserta ATF 2023 mendapatkan pengalaman untuk paket edukasi dan konservasi. Adapun paketnya meliputi sandal upanat yg sesuai dengan relief Borobudur untuk menahan degradasi dari batu batuan candi dan juga paket Informasi (pemandu wisata).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.