Sukses

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Turis Lokal Diusulkan Maksimal Rp 150 Ribu, Wisman Rp 500 Ribu

Penetapan tarif tiket Candi Borobudur ini dikatakan masih tahap pembahasan yang bakal dirampungkan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Liputan6.com, Jakarta Harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur diperkirakan sebesar Rp 100 ribu sampai dengan Rp 150 ribu untuk wisatawan nusantara (wisnus). Sedangkan harga tiket Candi Borobudur bagi wisawatan mancangera (wisman) sebesar Rp 500 ribu.

Penetapan tarif tiket Candi Borobudur ini dikatakan masih tahap pembahasan yang bakal dirampungkan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

"Jadi, ancer-ancer-nya menurut saya yang nanti TWC akan kaji itu antara Rp100 ribu dan Rp150 ribu dan wisatawan mancanegara itu Rp500 ribu. Itu nanti akan difinalkan oleh TWC," ujar Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melansir Antara.

Sandi pun telah mendapat restu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan serta bakal melapor kepada Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin jika PT TWC sudah siap.

"Jadi, jika ini akan dimulai, TWC nanti yang akan implementasikannya dan menindaklanjuti," katanya.

Terkait dengan kapan tiket dengan tarif baru, Sandi menyerahkan ke PT TWC, termasuk kesiapan para pemandu wisata.

Diungkapkan pula bahwa wisata Candi Borobudur juga telah diujicobakan kepada sekitar ratusan peserta ASEAN Travel Forum (ATF) 2023 dan telah berjalan lancar.

Saat uji coba, para peserta ATF 2023 mendapatkan pengalaman untuk paket edukasi dan konservasi. Adapun paketnya meliputi sandal upanat yg sesuai dengan relief Borobudur untuk menahan degradasi dari batu batuan candi dan juga paket Informasi (pemandu wisata).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Naik Candi Borobudur Target Diterapkan di 2023, tapi Dibatasi 1.200 Sehari

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan pada 2023, aturan untuk wisata naik Candi Borobudur bisa diterapkan.

Saat ini, ketentuan mengenai wisata di salah satu destinasi prioritas ini terus dikaji. Satu hal yang menjadi dasar yaitu, pemerintah tetap mengutaman aspek konservasi Candi Borobudur.

"Sekarang masih dikaji karena kami tidak ingin aspek konservasi nanti terabaikan, sekarang sedang dipastikan," kata Sandiaga Uno di Magelang diktuip dari Antara, Minggu (18/12/2022).

Ia menyampaikan hal tersebut usai membuka kegiatan Pabbajja Samanera di kawasan Candi Borobudur yang diselenggarakan Majelis Agama Mahanikaya Indonesia.

Oleh karena itu, kata Sandiaga, pemerintah belum bisa memberikan izin kepada pengunjung untuk naik ke struktur bangunan Candi Borobudur.

Menurut ia, nantinya akan ada pembatasan wisatawan yang naik ke Candi Borobudur, yakni 1.200 orang per hari. Namun, hal tersebut masih dalam pembahasan antara pengelola dan pihak konservasi untuk selanjutnya bisa dijadikan keputusan lintas menteri.

"Sekarang dari aspek konservasi ini lagi dihitung. Memang ada batas sekitar 1.200 orang per hari yang bisa naik ke candi. Hal ini masih harus dipastikan dan polanya seperti apa, kendalanya seperti apa," katanya.

Sandiaga Uno memperkirakan pengunjung bisa naik ke struktur bangunan Candi Borobudur pada kuartal kedua tahun 2023.

"Yang pasti, tidak ada tarif seperti yang diwacanakan sebelumnya," katanya.

3 dari 3 halaman

Janji Erick Thohir, Wajah Baru Lokananta Bisa Dinikmati Juni 2023

Menteri BUMN Erick Thohir tengah melakukan revitalisasi atau renovasi studio rekaman pertama di Indonesia, Lokananta. Targetnya pemugaran itu rampung pada Juni 2023 mendatang.

Artinya, ada waktu sekitar 5 bulan kedepan untuk proses renovasi yang dijalankan di aset milik BUMN ini. Nantinya, masyarakat diharapkan sudah bisa menikmati wajah baru Lokananta tersebut.

Lokananta berdiri di atas lahan seluas 21.500 persegi dan sangat layak menjadi creative dan commercial hub berbasis musik, museum, studio rekaman modern, tempat pertunjukan musik, dan penjualan merchandise musik. Di sini, nantinya juga akan ada sentra UMKM sebagai bagian dari eksosistem Lokananta.

"Targetnya Juni mendatang wajah baru Lokananta sudah bisa dinikmati masyarakat dan menjadi salah satu obyek wisata andalan Solo," kata Erick dalam keterangannya, Sabtu (21/1/2023).

Langkah ini jadi satu upaya Erick Thohir membuktikan perhatiannya mengembangkan sisi pariwisata di berbagai daerah. Salah satunya, Lokananta yang ada di Solo, Jawa Tengah ini.

"Solo menyimpan banyak destinasi yang memiliki nilai historis, seperti yang kita lihat salah satunya, Lokananta ini," ujar Erick.

Erick terus mengawal progres revitalisasi Lokananta agar benar-benar rampung pada tahun ini. Erick menugaskan Holding BUMN Danareksa melalui anak usahanya, PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) untuk menata ulang studio rekaman pertama di Indonesia itu agar lebih kekinian, meski tak menghilangkan unsur sejarah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.