Sukses

Punya Rumah Sendiri Hanya Sebatas Mimpi? Begini Langkah yang Harus Dijalani!

Bagi sebagian orang, memiliki rumah sendiri hanyalah sebatas resolusi atau hanya mimpi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, memiliki rumah sendiri hanyalah sebatas resolusi atau hanya mimpi. Pola pikir tersebut muncul karena realita yang terjadi saat ini. Ya, bagaimana tidak? Karena semakin hari, harga tanah dan rumah semakin melambung tinggi.

Selain karena harga yang semakin melambung, permasalahan yang muncul lainnya adalah perihal jarak. Jika Anda ingin memiliki rumah di daerah yang mudah akses transportasi dan hiburannya, jarak rumah yang dimiliki harus dekat dengan pusat kota.

Akan tetapi, jika ingin membeli rumah di daerah seperti itu, harga yang tinggi pun membebani. Alhasil, Anda harus memilih rumah di pinggiran kota yang jaraknya amat jauh dari pusat kota. 

Dengan permasalahan seperti itu, sebagian orang menyatakan bahwa mempunyai rumah hanyalah sebatas mimpi. Nah, agar memiliki rumah tidak hanya sebatas mimpi, Anda harus ikuti langkah-langkah ini!

Sisihkan Gaji untuk Pos Beli Rumah

Jika Anda seorang pekerja, langkah ini amatlah penting untuk dilakukan. Gaji bulanan Anda harus disisihkan sebesar 10-20 persen setiap bulannya untuk memiliki rumah impian. 

Dan jika Anda mendapatkan bonus, entah itu bonus target, tahunan, atau THR, alangkah baiknya 50 persennya disisihkan untuk dimasukkan ke dalam pos pembelian rumah. 

Alokasikan ke Reksa Dana

Setelah Anda menyisihkan sebagian penghasilan atau bonus yang didapatkan, alokasikan dana tersebut di instrumen investasi yang memberikan imbal hasil menarik. Banyak instrumen yang bisa Anda gunakan, salah satunya yang paling aman adalah reksa dana.

Untuk Anda yang insecure dengan finansial, reksa dana sebuah pilihan tepat. Anda tinggal menentukan jenis reksa dana yang sesuai dengan profil risiko. Dan jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan jangka waktu Anda akan membeli rumah ya!

Hemat-Hemat Pengeluaran

Langkah ini adalah langkah yang penting untuk Anda lakukan. Menghemat pengeluaran menjadi solusi jitu jika Anda ingin memiliki rumah impian. Anda harus membuat skala prioritas untuk pengeluaran bulanan.

Semisal, terkait dengan pengeluaran yang sifatnya fleksibel, seperti biaya token listrik, air, ngopi, atau kebutuhan biaya sehari-hari bisa Anda tekan. 

Usahakan pengeluaran untuk ini jangan lebih dari 50 persen gaji yang Anda terima setiap bulan. Usahakan maksimal di angka 40 persen, agar Anda bisa menyisihkan biaya tersebut ke pos pembelian rumah impian.

Manfaatkan Fasilitas KPR

Jika Anda belum memiliki anggaran yang besar untuk membeli rumah impian, bisa coba untuk memanfaatkan fasilitas KPR. Dengan fasilitas tersebut, Anda juga bisa mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau lho.

Nah, Anda tinggal menggunakan dana yang sudah disisihkan setiap bulannya untuk membayar uang muka rumah. Setelah itu, Anda hanya perlu membayar angsuran rumah setiap bulan ke bank.

Untuk mengetahui lebih dalam dan mendapatkan berbagai penawaran menarik terkait dengan fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR), Anda bisa datang serta ikuti KPR BRI Property Expo!

KPR BRI Property Expo merupakan event property expo BRI yang berkolaborasi dengan rekanan developer terpilih. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan nasabah BRI maupun calon nasabah dalam proses memilih dan membeli rumah melalui KPR BRI. 

Event tersebut digelar secara offline dan online. Untuk event yang digelar secara offline, KPR BRI Property Expo berlangsung mulai tanggal 16-18 Desember 2022 di Grand City Convex, Surabaya. Sedangkan untuk event online, dilangsungkan mulai dari tanggal 16 Desember 2022 hingga 16 Maret 2023 di website resminya.

Dalam KPR BRI Property Expo, akan banyak penawaran menarik yang hadir untuk Anda yang ingin membeli rumah impian. Seperti suku bunga tetap mulai dari 1,27 persen setahun, bebas biaya provisi, administrasi, dan appraisal, dan jangka waktu kredit hingga 20 tahun. 

Selain itu, event ini juga berkolaborasi dengan lebih dari 1.300 project perumahan, Anda juga dapat berinteraksi dengan interior designer, ada pula beragam pilihan properti mulai dari komersial, subsidi, green housing concept, dan properti lelang, serta kemudahan pengajuan KPR BRI melalui Homespot yang merupakan platform one stop housing ecosystem.

Jadi tunggu apa lagi? Punya rumah sendiri bukan lagi sebatas mimpi! Saatnya melangkah ke rumah sendiri bersama KPR BRI Property Expo, ya!

 

(*) 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.