Sukses

Proyek IKN Jadi Prioritas, Menhub Cek Lokasi Pembangunan Bandara dan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memfokuskan pembangunan sarana dan prasaran transportasi di IKN Nusantara tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memfokuskan pembangunan sarana dan prasaran transportasi di IKN Nusantara tahun ini. Dia pum mempersiapkan sejumlah lokasi dermaga atau pelabuhan dan bandara VVIP di IKN.

Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

“Hari ini kami bersama-sama meninjau titik dari pelabuhan atau dermaga seperti di dermaga wisata Marina di Labuan Bajo. Ada tiga alternatif lokasi, tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN,” ujar Menhub Budi, mengutip keterangan resmi, Sabtu (21/1/2023).

Menhub Budi menambahkan, dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah.

“Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah. Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” ucapnya.

Selain meninjau lokasi bakal dermaga wisata, Menhub juga meninjau lokasi bakal bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan.

“Kami melakukan overview dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang juga akan menjadi pangkalan udara TNI AU,” ucap Menhub. Dia menjelaskan, tengah melakukan koordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan satu lokasi dari beberapa alternatif lokasi yang diajukan.

“Untuk dermaga wisata telah kami tentukan titiknya, selanjutnya untuk bandara masih kami kumpulkan data-datanya semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya,” tutur Menhub.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembangunan Jalan IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 3 sepanjang 5,7 km di ibu kota nusantara (IKN).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur terdiri dari 4 segmen.

Dia menjelaskan untuk segmen 1 sepanjang 1,75 km dengan biaya APBN sebesar Rp 66,6 miliar selesai Januari 2023. Selanjutnya Segmen 2 sepanjang 1,85 km selesai November 2022 dengan nilai Rp56,6 miliar dan Segmen 3 sepanjang 2,17 km senilai Rp 63,9 miliar.

"Untuk Segmen 1,2,dan 3 saat ini sudah PHO (Provisional Hand Over), selanjutnya Segmen 4 sudah pekerjaan konstruksi ditargetkan selesai Mei 2024," ujar Dani dalam keterangannya, Kamis (19/1/2023).

 

3 dari 4 halaman

Jalan Sumbu Kebangsaan

Selain Jalan Lingkar Sepaku, saat ini juga tengah dibangun Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sepanjang 2,99 km dan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sepanjang 2,96 km. Untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat sudah dalam tahap konstruksi sejak September 2022 dan ditargetkan selesai April 2024.

Sementara untuk Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur sudah terkontrak dan segera dibangun dengan target selesai Juni 2024.

Lebih lanjut, saat ini tengah diselesaikan Tol akses IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 12,66 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

 

4 dari 4 halaman

Rampung 2024

Pembangunan ketiga jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan menuju Ibu Kota Negara yang ditargetkan selesai 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung konsep "Future Smart Forest City of Indonesia" sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

"Pada tahap awal di tahun 2022-2024, pembangunan yang menjadi prioritas Kementerian PUPR salah satunya jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN Nusantara," terang Menteri PUPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.