Sukses

Garap Bisnis Internet, PLN Catatkan 500 Ribu Pelanggan per Akhir 2022

PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PLN Icon Plus berinovasi dalam menarik minat pelanggan serta memperluas jaringan internet ICONNET, hal ini untuk meningkatkan bisnis di luar penjualan listrik.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PLN Icon Plus berinovasi dalam menarik minat pelanggan serta memperluas jaringan internet ICONNET, hal ini untuk meningkatkan bisnis di luar penjualan listrik.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, ICONNET telah memasang target dapat berkembang semakin pesat pada 2023. Hingga akhir tahun 2022 jumlah pelanggan pengguna layanan ICONNET di seluruh Indonesia mencapai hampir 500 ribu pelanggan.

"Tahun 2023, dengan semangat transformasi PLN Icon Plus sebagai _subholding Beyond_ kWh, maka kegiatan pemasaran yang dilakukan harus semakin variatif sehingga menjadi daya tarik bagi calon pelanggan," kata Ari, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Executive Vice President Niaga dan Pemasaran PLN Mohammad Munief Budiman mengungkapkan, sebagai bentuk sinergi PLN Group, PLN turut mendukung beragam program pemasaran ICONNET.

"Kegiatan ini adalah bentuk sinergi PLN Group, di mana PLN turut mendukung beragam program pemasaran ICONNET. Di antaranya, integrasi proses pendaftaran dan pembayaran ICONNET melalui aplikasi PLN Mobile serta Promo _Electrinet Lifestyle_," ujar Munief.

Dia menambahkan, dukungan juga diberikan lewat sinergi mitra pemasaran ICONNET dengan tenaga Management Billing PLN serta pemasaran bersama dengan Unit Retail PLN.

"Sinergi pemasaran dibangun mulai dari Kantor Unit Induk Distribusi, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan hingga Unit Layanan Pelanggan baik secara daring maupun luring, termasuk penandatangan MoU dengan sejumlah pelanggan bisnis maupun industri," tuturnya.

Sebagai inovasi menarik pelanggan, PLN Icon Plus meluncurkan undian paket wisata religi bagi para pelanggan baru layanan internet Ada total 50 paket wisata religi yang menjadi hadiah utama dari program undian bernama ICONNET SEHATI (Senang Hati ke Tanah Suci) Tahap II ini.

Program undian ICONNET SEHATI dilakukan dalam II tahap, setelah sebelumnya sukses menggelar undian ICONNET SEHATI Tahap I pada November 2022.

Pada undian ICONNET SEHATI Tahap II ini ada 50 paket wisata religi yang menjadi hadiah utama dari program undian berhadiah yang diluncurkan pada 10 September 2022.

Total terkumpul 89.538 peserta undian yang memenuhi kriteria pengundian dengan kupon sebanyak 134.355 dari keseluruhan peserta yang masuk.

Sebagai informasi, pada pengundian Tahap 1 diikuti 50.016 peserta dengan jumlah kupon sebanyak 76.192. Seluruh pemenang Tahap 2 telah dihubungi dan dikonfirmasi secara resmi oleh PLN Icon Plus terkait syarat ketentuan keberangkatan umroh/wisata religi.

Daftar pemenang Undian ICONNET SEHATI Tahap II diumumkan pada kanal iconnet.id maupun media sosial ICONNET, seperti instagram: iconnet.iconplus dan Aplikasi PLN Mobile.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PLN Gandeng BUMN Listrik Malaysia Wujudkan Transisi Energi

Sebelumnya, PT PLN (Persero) bersama Tenaga Nasional Berhad (TNB), perusahaan listrik Malaysia pada awal 2023 menyepakati komitmen bersama penguatan kerjasama dalam pengembangan ketenagalistrikan hingga kolaborasi dalam upaya mewujudkan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE).

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, kedua pimpinan perusahaan listrik negara sepakat untuk memperkuat kerja sama sektor kelistrikan yang sudah ada.

“Kami sepakat bagaimana PLN dan TNB terus memperkuat kerja sama yang sudah ada. Kami membahas tidak hanya di level strategi tetapi sampai pada tataran operasional," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Selasa (10/1/2023).

Kepada TNB, Darmawan juga menjelaskan kinerja dan capaian PLN selama ini dan terbuka untuk membuka kerjasama dengan semua pihak. Ini dinilai jadi langkah awal dari hubungan produktif jangka panjang antara PLN dan TNB.

Darmawan menambahkan, PLN dan TNB juga membahas dukungan untuk transisi energi dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Hal ini sesuai komitmen Indonesia dan Malaysia dalam mencapai nol emisi karbon atau net zero emissions.

“Kami juga menjajaki berbagai cara termasuk bagaimana kita dapat mempercepat pengembangan energi terbarukan dan energi baru yang lebih bersih untuk mempercepat transisi energi dan Net Zero Emission agar Malaysia dan Indonesia memiliki kerja sama yang lebih kuat,” paparnya.

CEO TNB Dato’ Indera Baharin bin Din memberikan apresiasi atas sambutan hangat dari Dirut PLN beserta jajarannya. Dia berharap ini dapat ditindaklanjuti dengan penguatan kerjasama kedua belah pihak.

“Kami sangat bertekad dengan komitmen kedua negara yang kuat terhadap transisi energi, pengembangan energi terbarukan, dan pengembangan listrik berbasis baterai. Baik TNB dan PLN memiliki kesamaan pandangan dan visi yang akan memperkuat kolaborasi," kata Dato’ Indera.

3 dari 4 halaman

PLN Beri Sambungan Listrik Gratis Keluarga Tak Mampu di Cakung

PLN memberikan sambung baru listrik gratis kepada Ibu Eny dan Tiko yang tinggal di sebuah rumah tak terawat di Cakung, Jakarta Timur melalui program Light Up The Dream.

Program ini merupakan donasi dari pegawai PLN untuk membantu masyarakat tidak mampu yang membutuhkan listrik. Selain sambung baru, melalui Light Up The Dream juga diberikan pemasangan instalasi listrik baru di rumah tersebut.

Manager PLN UP3 Cempaka Putih, Majuddin, mengatakan bahwa PLN memberikan sambungan listrik gratis sesuai kebutuhan di rumah tersebut.

Sedangkan untuk instalasi di dalam rumah yang dibantu seperti pemasangan kabel, colokan, dan stop kontak. Tak hanya itu, PLN juga membantu melakukan pengecekan instalasi listrik yang lama di rumah tersebut.

"Light Up The Dream ini program PLN untuk berdonasi, membantu saudara-saudara kita yang kekurangan dan membutuhkan listrik. Termasuk ke rumah Ibu Eny dan Tiko," ungkap Majuddin, Senin (9/1/2023)

Antoro, Sekretaris RT 06/02, Kel. Jatinegara, Kec. Cakung, atas nama lingkungan dan Tiko mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN atas perhatian dan hadirnya listrik di kediaman Ibu Eny, sehingga bisa beraktifitas lebih nyaman. 

4 dari 4 halaman

Cuaca Buruk, PLN Siaga Bencana Banjir

Di Awal 2023 terpantau dari monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di beberapa daerah mengalami cuaca ekstrem dan bahkan mengakibatkan terjadi bencana banjir atau tanah longor. Seperti yang terjadi di Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah di beberapa hari terakhir, banjir dilaporkan sampai menggenangi pemukiman warga.

PT PLN (Persero) menjadi salah satu yang memiliki peran vital untuk mengamankan listrik saat terjadi cuaca ekstrem, banjir, termasuk melakukan pemulihan jika terjadi gangguan kelistrikan akibat terdampak cuaca.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memberikan instruksi langsung kepada seluruh unit di semua wilayah kerja untuk bersinergi membantu mengantisipasi dan menangani bencana banjir. Di kawasan Pantura Jawa Tengah, PLN turut aktif Bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan berbagai stakeholders terkait untuk melakukan penanganan yang cepat dan tepat.

"Saat bencana banjir terjadi fokus kami melakukan pengamanan jaringan kelistrikan untuk menjaga keselamatan warga. Kami juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, BPBD serta pihak terkait untuk menyalurkan bantuan kepada wilayah yang terdampak bencana," ucap Darmawan.

Sejak kejadian banjir, PLN menurunkan petugas piket untuk kontrol jaringan dan pengamanan kelistrikan. PLN juga secara paralel memastikan titik-titik lokasi yang digunakan warga untuk berkumpul sementara dan menyalurkan bantuan ke sejumlah titik tersebut.

Bantuan sembako senilai Rp 117,5 juta sudah disalurkan pada tahap awal untuk memenuhi kebutuhan darurat masyarakat di lokasi terdampak, antara lain Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Juwana, Kabupaten Pati, Rembang, Kudus, Kabupaten Pekalongan serta Kabupaten Demak. 

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.