Sukses

Periode Natal dan Tahun Baru, 58 Persen Penumpang Kereta Api Beli Tiket Lewat KAI Access

Jumlah penumpang kereta api dalam periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mencapai 4,41 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang kereta api dalam periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mencapai 4,41 juta orang. Sebagian penumpang ini membeli tiket melalui platform KAI Access dan sebagian kecil melalui channel eksternal.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Didiek Hartantyo menjelaskan, transaksi penjualan tiket KA Jarak Jauh dan Lokal yang berangkat pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru didominasi melalui KAI Access sebesar 58 persen.

"Sedangkan melalui channel eksternal sebesar 29 persen," kata Didiek Hartantyo dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (9/1/2022).

Didiek membeberkan selama musim libur Nataru 2022/2023, KAI melayani 2.320.614 pelanggan kereta jarak jauh. Sedangkan untuk pelanggan kereta jarak dekat yang menggunakan kereta api lokal tercatat 2.086.663 pelanggan.

Puncak keberangkatan tertinggi terjadi pada 1 Januari 2023 dengan jumlah pelanggan sebanyak 285.508 penumpang. Sedangkan rute terfavorit selama musim libur nataru kali ini antara lain relasi Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Purwokerto pp, Bandung - Surabaya pp, Yogyakarta - Surabaya pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, dan lainnya.

Sementara itu, untuk stasiun terpadat yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, Bandung, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan lainnya.

Didiek mengatakan dari sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan ataupun kedatangan kereta api di musim nataru mencapai 96 persen. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan masa Nataru 2019/2020 sebesar 86 persen.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor semakin membaiknya program perencanaan Angkutan Nataru serta peningkatan kinerja operasional. “Pencapaian tahun ini akan kami jadikan pemicu untuk terus bekerja keras secara extraordinary dengan mengupayakan target penumpang KAI kembali pada kondisi normal, recovery yang lebih baik,” kata Didiek.

Meski begitu dia mengakui, sempat terjadi beberapa hambatan yang ditimbulkan karena kondisi cuaca ekstrem di beberapa daerah. Namun hal tersebut sudah KAI antisipasi sehingga penanganan operasional dan pelayananan kepada pelanggan dapat dilaksanakan dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hore, KA Perintis Datuk Belambangan Beroperasi Kembali, Relasi Stasiun Tebing Tinggi-Lalang

Kabar gembira bagi pengguna setia transportasi kereta api. Kini, PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) kembali mengoperasikan kembali Kereta Api (KA) Perintis Datuk Belambangan.

Bersama Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Medan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, PT KAI Divre I Sumut secara resmi mengoperasikan kembali KA Perintis Datuk Belambangan pada Jumat, 6 Januari 2023.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan, KA Datuk Belambangan melayani perjalanan kereta api dengan relasi Stasiun Tebing Tinggi-Stasiun Lalang pulang pergi (PP).

Total jarak tempuh perjalanan sekitar 35 Kilometer (Km). KA Perintis Datuk Belambangan dalam operasionalnya menggunakan rangkaian Ekonomi Premium.

"Tempat duduk yang disediakan sebanyak 240," kata Anwar, Sabtu (7/1/2023).

 

3 dari 4 halaman

Stasiun yang Dilewati

Diterangkan Anwar, stasiun yang dilewati KA Perintis Datuk Belambangan antara lain Tebing Tinggi-Laut Tador-Bandar Tinggi-Tanjung Gading-Lalang.

Dengan beroperasinya KA Perintis Datuk Belambangan ini, maka Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Medan DJKA telah membangun 2 stasiun baru, yakni Tanjung Gading dan Lalang.

"Dioperasikannya kereta api perintis ini untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang ingin berpergian di wilayah Tebing Tinggi sampai dengan Desa Lalang, Batu Bara," jelas Anwar.

Anwar menambahkan, pihaknya mengajak kepada masyarakat setempat dan pihak-pihak kewilayahan terkait untuk bersama-sama mendukung perjalanan KA Perintis Datuk Belambangan.

"Serta menciptakan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan selamat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian," ujarnya. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Keberangkatan

Berikut jadwal keberangkatan KA Perintis Datuk Belambangan, dengan harga tiket sebesar Rp 5.000:

 

U64F (Tebing Tinggi-Lalang)

Stasiun Tebing Tinggi: pukul 10.50 WIB

Stasiun Bandar Tinggi: pukul 11.35 WIB

Stasiun Tanjung Gading: pukul 11.57 WIB

Tiba di Stasiun Lalang: pukul 12.32 WIB

 

U63F (Lalang-Tebing Tinggi)

 Stasiun Lalang: pukul 13.05 WIB

Stasiun Tanjung Gading: pukul 13.42 WIB

Stasiun Bandar Tinggi: pukul 14.05 WIB

Tiba di Stasiun Tebing Tinggi: pukul 14.35 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.