Sukses

Tren Jualan Apartemen Bakal Terdongkrak Sentimen Positif Industri Properti Tahun Depan

Segmen hunian vertikal alias apartemen juga ditaksir akan tetap melanjutkan pertumbuhan positifnya sejak semester dua tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Ketangguhan ekonomi nasional menahan potensi resesi, hingga optimisme pertumbuhan ekonomi di kisaran 5% tahun akan mengerek sentimen positif pada industri properti.

Segmen hunian vertikal alias apartemen juga ditaksir akan tetap melanjutkan pertumbuhan positifnya sejak semester dua tahun ini.

“Tahun depan kalau bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi di kisaran 4,5-5% industri properti pasti akan tetap memiliki ruang pertumbuhan. Pertumbuhan terutama akan terjadi di segmen-segmen residensial dan logistik. pemulihan ekonomi yang sudah mulai terjadi pada tahun ini saya pikir juga masih akan terus berlanjut, “ungkap pengamat properti Anton Sitorus.

Sampai November 2022, Bank Indonesia turut mencatat kredit pemilikan rumah dan kredit pemilikan apartemen masih berada dalam tren positif dengan pertumbuhan 8% (yoy).

Sementara secara kuartalan, bank sentral melaporkan pada kuartal III-2022 pertumbuhan mencapai 3,27% yang merupakan pertumbuhan paling tinggi sejak 2020, atau setelah pandemi.

Sementara melansir rumah.com Indonesia Property Market Report Q3-2022, permintaan terhadap apartemen juga tercatat tumbuh tinggi sebesar 12,4% (QtoQ), dengan namun belum diiringi pertumbuhan pasokan yang tumbuh 3,0% (QtoQ), sementara indeks harga justru terkontraksi 0,5% (QtoQ).

Anton menjelaskan keseimbangan antara pasokan, harga, dan permintaan saat ini memang menjadi tantangan para pengembang apartemen kini hingga tahun depan. Para pengembang yang dapat mengatasi tantangan ini, niscaya dapat mendorong mendapat respons positif dari pasar.

“Pengembang perlu terus berinovasi dan kreatif. Jabodetabek memiliki sekitar 30 juta penduduk, jika pengembang dapat menghasilkan pasokan apartemen dalam jumlah banyak di tengah permintaan yang tinggi dengan harga yang terjangkau, sudah pasti akan ramai,” sambung Anton.

Anton menambahkan, preferensi masyarakat dalam memilih apartemen utamanya terkait lokasi. Aksesibilitas yang prima menuju pusat aktivitas seperti Jakarta, ditopang fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau akan menjadi nilai tambah utama untuk masyarakat. Ditambah dengan komitmen pembangunan serta ketepatan waktu serah terima.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyek

Mengakomodasi permintaan yang tinggi terhadap apartemen, Podomoro Golf View turut menawarkan Apartemen 3 Bedroom pada Tower Ekki untuk para keluarga urban produktif.

Berlokasi di Selatan Jakarta, Tower Ekki Podomoro Golf View hadir untuk masyarakat urban dengan mobilitas yang tinggi membutuhkan hunian yang menawarkan lokasi strategis dengan harga yang terjangkau.

Apartemen 3 Bedroom Tower Ekki Podomoro Golf View ditawarkan tak lama setelah Tower Ekki menyelesaikan pembangunan atau topping off pada akhir Agustus lalu sesuai target yang dicanangkan.

Marketing Manager Podomoro Golf View Ferdynand Sadrach menambahkan kehadiran Tower Ekki memang bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga urban dan produktif.

Sementara tipe 3 Bedroom dijelaskannya cocok untuk pasangan muda atau keluarga baru yang menginginkan hunian berkualitas untuk tumbuh kembang putra-putrinya.

Tower Ekki merupakan tower keempat sekaligus yang dirancang paling mewah, modern, dan elegan pada kawasan Podomoro Golf View. Adapun tiga tower sebelumnya telah terjual hingga 4.400 unit.

“Tower Ekki menghadirkan tipe 3 Bedroom yang sangat cocok untuk pasangan muda atau keluarga baru yang menginginkan hunian berkualitas untuk tumbuh kembang putra-putrinya. Unit 3 Bedroom ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki unit lain seperti corner unit lainnya, dan ditawarkan dengan sangat terbatas, hanya empat unit di setiap lantainya,” jelas Ferdynand.

 

3 dari 3 halaman

Lokasi

Podomoro Golf View berada tepat di depan exit tol Cimanggis KM 19 Tol Jagorawi, diapit oleh 2 akses tol dari Jakarta dan Bogor.

Podomoro Golf View juga merupakan kawasan Transit Oriented Development (TOD) sejak tahun 2018 yang terintegrasi dengan berbagai transportasi publik seperti bus PPD dan Swoop yang telah beroperasi ke berbagai destinasi di pusat kota.

Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki Tower Ekki Podomoro Golf View, kata Ferdynand, apartemen premium yang berada di Selatan Jakarta ini juga bisa menjadi opsi investasi properti yang potensial.

Sebab, permintaan apartemen eksklusif kini tengah meningkat, apalagi dilengkapi dengan ketersediaan fasilitas yang lengkap sehingga dapat menaikkan nilai investasi aset properti. Pada akhirnya, kesempatan investasi properti kini makin tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.