Sukses

Bangganya Jokowi, Penyaluran KUR Bisa Bawa UMKM Naik Kelas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku bangga dengan adanya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan sistem klasterisasi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku bangga dengan adanya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan sistem klasterisasi. Salah satunya bisa memperkuat ekosistem perdagangan.

Dalam hal ini termasuk dari proses hulu hingga hilir dengan melibatkan UMKM. Sebagai contoh, adanya KUR klaster holtikultura yang diberikan kepada Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittihaq.

"Kredit usaha rakyat (KUR) total sudah 39,4 juta UKM yang memanfaatakan ini. dan saaya senang sekaranga da model KUR klaster, ini bener memang harus diklasterkan, harus diklasterkan, saya senang tadi ada pondok pesantren yang sampai dapat sekian miliar untuk urusan holtikultura," ungkapnya dalam seremoni Penyerahan KUR Klaster dan Pembiayaan Dana Bergulir di Istana Negara, Senin (19/12/2022).

Melalui sistem ini, Jokowi bangga melihat hasil produksi seperti sayur bisa masuk ke jaringan penjualan yang luas. Artinya, ada pihak yang menjadi penyerap hasil partanian, serta ada jaminan pembeli di sisi konsumen.

Selain sektor ini, Jokowi juga menyinggung soal pengembangan ekosistem kopi di Toraja. Di sektor ini, Jokowi menyebut ada dana sekitar Rp 50 miliar untuk pengembangan ekosistem usaha.

Sistem pinjaman klaster menyimpan sejumlah keuntungan, salah satunya adalah kelompok di satu sekto usaha yang sudah berkumpul. Sehingga, penyaluran biaya akan lebih mudah dan praktis, baik di sisi penerima, maupun di sisi pemberi pinjaman.

"Yang pinjami (memberi pinjaman) juga gak ngurusin satu persatu, ngurusi berapa Rp 10 juta-10 juta, kalau Rp 50 miliar berapa orang kan, bank nya juga pusing. Lebih bagus grek (langsung serentak), kemudian di klaster itu dibagi-bagi (ke pelaku usaha)," bebernya.

"Dan kalau sudah berpikiran seperti itu, nanti larinya ke apa? kopi tidak hanya jualan mentahan, bahan mentah tetepi bisa sudah menjadi barang tengah jadi atau barang jadi, atau sekarang ini yang saya lihat sudah banyak sekali di daerah-daerah yang packagingnya sudah bagus sekali, kemasannya sudah bagus, menjualnnya akan lebih gampang," tambah Kepala Negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sektor Lainnya

Jokowi juga mengisahkan klaster ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan. Sebagai contoh, ada pusat oleh-oleh asal Bali, Krishna yang mendapat pendanaan tambahan.

"Pengrajin berproduksi, ada off-taker, ada penjamin pembelinya, kemudian ada showroom untuk menjual barang-barang itu. Artinya dari produksi sampai masuk ke konsumen itu menjadi jelas," kata dia.

Beberapa contoh ini, menurut Jokowi, mampu meyakinkan para pemberi pinjaman kalau uang yang diberikannya bisa dikembalikan. Alasannya, proses bisnis dari hulu-hilirnya berjalan secara baik dan tentunya memberikan keuntungan ke semua pihak.

"Sehingga yang meminjamkan uang bank maupun lembaga non bank itu juga yakin bahwa uang yang kita pinjamkan ini bisa kembali," pungkas Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

PNM Mekaar Sukses

Presiden Joko Widodo mengisahkan soal perkembangan bantuan dari PNM melalui program PNM Mekaar. Menurutnya, program ini jadi bukti pemerintah memberikan perhatian kepada sektor usaha mikro dan kecil.

Dia mengaku telah berbincang dengan Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengenai perkembangan program tersebut. Dari sana, Jokowi mengantongi data nasabah yang telah dibantu oleh program PNM Mekaar.

"Saya minggu yang lalu berbicara dnegan Dirut PNM Mekaar, yang pinjamannya (berkisar antara) Rp 1 juta, Rp 2 juta, Rp 3 juta, Rp 5 juta, yang waktu kita mulai di 2016 itu nasabahnya mungkin baru 500 ribu (orang), hari ini sudah mencapai 13,5 juta orang," ungkap Jokowi dalam Penyerahan KUR dan Pembiayaan Dana Bergulir, di Istana Negara, Senin (19/12/2022).

"Jadi jangan sampai ada pendapat yang mengatakan pemerintah tidak perhatiaan kepada mikro yang kecil-kecil, keliru besar sekali," tegasnya.

Melihat perkembangan nasabah dalam 6 tahun itu, Jokowi menargetkan PNM Mekaar mampu menggaet 20 juta nasabah di 2024 mendatang. Dia juga menyoroti mayoritas nasabah yang menerima bantuan adalah ibu-ibu.

"Siapa mereka? saya dalami siapa yang dipinjami, oleh PNM Mekaar, hampir 90 persen lebih itu ibu-ibu penerimanya, dipakai untuk apa? jualan gorengan, jualan mie, jualan di pasar. Usaha-usaha produktif semuanya. Ada yang (membuka) warung di kampung, di desanya, seperti inilah yang ingin kita gerakkan," kata Jokowi mengisahkan.

 

4 dari 4 halaman

Naik Kelas

Lebih lanjut, Jokowi ingin kalau para pelaku usaha mikro dan kecil ini juga bisa meningkatkan kelas bisnis kedepannya. Artinya, dari sisi pembiayaan, bisa mendapatkan biaya yang lebih besar lagi.

"Kalau sudah bisa masuk ke PNM Mekaar, lulus dari situ, naik, masuk ke KUR (kredit usaha rakyat), artinya nanti digorong untuk masuk ke BRI, didorong ke BNI, agar plafon kreditnya bisa lebih besar lagi," ungkapnya.

Jokowi meyakini kalau dari total 13,5 juta nasabah PNM Mekaar tadi sudah ada banyak yang bisa naik kelas. Menurutnya, jenjang ini yang memang perlu dilalui oleh pelaku usaha mikro dan kecil untuk bisa meningkatkan kapasitas bisnisnya.

"Pasti dari 13,5 juta itu pasti, ada ratusan ribu yang bisa naik kelas setiap tahunnya, memang jenjangnya seperti itu, jangan sampai kita usahanya jualan gorengan pinjamannya dipinjemi 100 juta, malah jadi barang-barang konsumtif yang menjadi tidak produktif. inilah jenjang-jenjang yang harus dilalui," pungkas Kepala Negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • KUR