Sukses

Harga Minyak Dunia Amblas ke USD 79,04 per Barel Dihantui Kekhawatiran Resesi

Harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 2,17 atau 2,7 persen menjadi USD 79,04 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun lebih dari USD 2 per barel pada perdagangan Jumat di tengah kekhawatiran resesi global. Hal ini setelah bank sentral di seluruh Eropa dan Amerika Utara mengisyaratkan mereka akan terus memerangi inflasi secara agresif.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (17/12/2022), harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 2,17 atau 2,7 persen menjadi USD 79,04 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS tergelincir USD 1,82 atau 2,4 persen menjadi USD 74,29 per barel.

Bank Sentral Amerika Serikat (AS, Federal Reserve (The Fed) mengindikasikan akan menaikkan suku bunga lebih lanjut tahun depan, bahkan saat ekonomi tergelincir menuju kemungkinan resesi. Pada hari Kamis, Bank of England dan Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi.

 

Kedua harga patokan minyak dunia ini turun 2 persen di sesi sebelumnya karena dolar menguat dan bank sentral di Eropa menaikkan suku bunga. 

Harga minyak dunia Brent berjangka masih mengejar kenaikan mingguan terbesar mereka sejak September, tetapi itu mengalami penurunan terburuk sejak Agustus di minggu sebelumnya.

Baik harga minyak Brent maupun WTI telah naik di awal minggu menyusul tengah kekhawatiran tentang keterbatasan pasokan karena penghentian panjang pipa Keystone, yang memasok minyak berat Kanada ke penyulingan di Midwest AS dan Pantai Teluk. Hal ini menyusul kebocoran minyak besar-besaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Minyak China

Beberapa optimisme juga datang dari proyeksi Badan Energi Internasional tentang pemulihan permintaan minyak China tahun depan, tetapi itu sebagian besar dibayangi oleh kesengsaraan ekonomi.

Departemen Energi AS mengatakan akan mulai membeli kembali minyak mentah untuk Cadangan Minyak Strategis, pembelian pertama sejak rekor pelepasan 180 juta barel tahun ini dari persediaan.

Investor masih khawatir dengan tekanan penurunan, termasuk lambatnya pemulihan permintaan China karena pembengkakan jumlah infeksi COVID dan kelebihan pasokan minyak di pasar West of Suez. 

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Dunia Mengucur Turun, Terkena Imbas Kenaikan Suku Bunga

Sebbelumnya, harga minyak turun sekitar 2 persen. Penurunan harga minyak dunia karena para pedagang khawatir tentang prospek permintaan bahan bakar karena dolar yang lebih kuat dan kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh bank sentral global.

Melansir laman CNBC, Jumat (16/12/2022), setelah naik selama tiga hari berturut-turut, harga minyak Brent berjangka turun USD 1,69, atau 2 persen menjadi USD 81,01 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun USD 1,77, atau 2,3 persen menjadi USD 75,51.

"Harga minyak berada di bawah tekanan hari ini karena pedoman hawkish Fed untuk kebijakan moneternya memicu kekhawatiran baru tentang pertumbuhan ekonomi, mengangkat dolar AS dan menurunkan harga komoditas," kata analis CMC Markets Tina Teng.

Pada hari Rabu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bank sentral AS akan menaikkan suku bunga lebih lanjut tahun depan, bahkan ketika ekonomi tergelincir ke arah kemungkinan resesi.

Sementara Pada hari Kamis, Bank of England dan Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi.

Di China, ekonomi terbesar kedua di dunia, kehilangan lebih banyak tenaga pada November karena output pabrik melambat dan penjualan ritel memperpanjang penurunan, pembacaan terburuk dalam enam bulan, tertatih-tatih oleh lonjakan kasus COVID-19 dan pembatasan virus yang meluas.

"Data penjualan ritel dan manufaktur China yang mengecewakan (telah) menghilangkan beberapa argumen bullish baru-baru ini untuk pembukaan kembali China," kata analis di perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates.

4 dari 4 halaman

Faktor Penekan Lain

Hal yang juga menekan harga minyak, TC Energy Corp Kanadamengatakan akan melanjutkan operasi di bagian pipa Keystone, seminggu setelah kebocoran lebih dari 14.000 barel minyak di Kansas memicu penutupan.

"Harga minyak mentah turun lebih rendah karena bagian dari pipa Keystone dimulai kembali dan karena risiko resesi global meningkat setelah gelombang bank sentral memberikan putaran pengetatan yang kuat," ujar Edward Moya, Analis Pasar Senior di perusahaan data dan analitik OANDA.

Analis teknis mengatakan pasar memperkirakan harga minyak akan lebih tinggi di masa mendatang, yang dapat mendorong perusahaan energi untuk mengambil langkah bearish dengan memindahkan lebih banyak minyak ke penyimpanan selama harga yang lebih tinggi di masa depan menutupi biaya penyimpanan bahan bakar tersebut.

Brent berjangka tetap dalam contango untuk bulan Maret dan WTI berada dalam contango untuk bulan Februari dan Maret. Bulan depan saat ini adalah Februari untuk Brent dan Januari untuk WTI.

Stok minyak mentah AS naik lebih dari 10 juta barel pekan lalu, tertinggi sejak Maret 2021, seperti dilaporkan lembaga Administrasi Informasi Energi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.