Sukses

Hindari Kesalahan Ini Saat Wawancara Kerja Virtual Jika Mau Dapat Pekerjaan

Lalu, apa yang menjadi masalah nomor satu ketika tengah berlangsung wawancara virtual sehingga membuat Anda kehilangan peluang pekerjaan?

Liputan6.com, Jakarta Wawancara kerja secara virtual memudahkan perekrut yang akan menyeleksi pencari kerja. Namun, tidak sedikit kandidat yang justru menyia-nyiakan kesempatan ini karena melakukan beberapa kesalahan. Alhasil itulah yang menjadi kemungkinan pelamar tidak lulus ke tahap selanjutnya.

Ada banyak hal yang disukai dari wawancara virtual, tetapi ada juga hal yang tidak disukai. Itu seperti koneksi internet yang tidak stabil, gangguan yang tidak disengaja, dan penempatan kamera yang canggung semuanya dapat menciptakan suasana yang tidak nyaman.

Selain beberapa kesalahan wawancara virtual yang dirasa tidak masalah, tapi ada pula hal lain yang membuat kesan pertama buruk atau bahkan membuat Anda kehilangan pekerjaan.

Antara Agustus dan September, TopResume meminta 330 manajer perekrutan, perekrut, dan profesional SDM di AS memberi peringkat pelanggaran terburuk yang dapat dilakukan kandidat selama wawancara virtual.

Lalu, apa yang menjadi masalah nomor satu ketika tengah berlangsung wawancara virtual sehingga membuat Anda kehilangan pekerjaan?

“Menghindari kontak mata atau menatap ke bagian lain,” menurut pakar perekrutan yang diwawancarai untuk laporan tersebut.

Kontak mata langsung dalam sebuah wawancara adalah hal penting untuk dilakukan karena menunjukkan profesionalisme, membangun kepercayaan dan sopan, jelas CEO Recruit Rockstars Jeff Hyman.

“Kami secara inheren terprogram untuk percaya bahwa orang yang licik berbohong atau menyembunyikan sesuatu, bahkan jika mereka hanya gugup,” kata dia seperti melansir CNBC, Rabu (7/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlatih

Lebih baik silakan berlatih dengan teman di platform konferensi video, seperti Zoom atau Microsoft Teams. Hal itu dapat membantu memastikan bahwa Anda melihat ke tempat yang tepat. Pakar karier di TopResume Amanda Augustine mengatakan, seperti yang dapat berbaris kotak video pewawancara tepat di bawah kamera komputer Anda pada awal panggilan.

“Menguji penyiapan video Anda sebelumnya sangatlah penting,” tambahnya.

Jika seorang teman dapat meluangkan waktu lima menit untuk melakukan panggilan video dan mengonfirmasi bahwa kontak mata Anda terlihat kokoh, Augustine menyarankan untuk mengambil Post-It dan menempelkannya di tempat yang dikatakan oleh teman Anda untuk dilihat di layar computer. Cara ini sebagai salah satu upaya untuk mengingatkan diri sendiri agar menatap sesuai sasaran.

Di samping itu, bahasa tubuh Anda selama wawancara virtual juga dapat membedakan Anda dari kandidat lain. Augustine menambahkan, mencondongkan tubuh ke depan, tersenyum, dan menganggukkan kepala adalah tindakan afirmatif yang menunjukkan bahwa Anda “terlibat, terhubung, dan bersemangat” tentang percakapan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Bisa Dilakukan Semua Orang

Namun, beberapa kandidat mungkin memiliki kecacatan atau kondisi yang dapat mencegah mereka melakukan kontak mata langsung dengan pewawancara, seperti gangguan stres pasca-trauma (PTSD) atau gangguan hiperaktif defisit perhatian (ADHD), kata konsultan SDM LaShawn Davis.

Jadi, dia mengatakan kepada para manajer perekrutan untuk tidak secara otomatis menyimpulkan bahwa seorang kandidat tidak menatap atau tidak tertarik jika mereka tidak melakukan kontak mata langsung selama wawancara. Hal itu karena tidak semua orang merasa nyaman mengungkapkan detail kesehatan.

“Sebagai seorang manajer, penting bagi kita untuk memperhatikan latar belakang orang yang berbeda saat kita ingin mengembangkan lingkungan kerja yang beragam,” kata Davis. “Kita harus kurang fokus pada atribut fisik dan bahasa tubuh seseorang dan lebih pada seberapa baik mereka menanggapi pertanyaan Anda dan memenuhi ekspektasi peran tersebut.”

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.