Sukses

Erick Thohir Bagi Pengalaman jadi Komentator Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi salah satu tokoh yang ikut meramaikan keseruan Piala Dunia 2022.

Melalui sebuah postingan di laman Instagram pribadinya pada Minggu (4/12/2022), Erick Thohir membagikan cuplikan video pengalamannya ikut menjadi komentator Piala Dunia 2022.

"Jadi komentator sementara, spesial hanya untuk pertandingan Prancis dan Polandia malam ini. Ini sepatah dua patah kata untuk @k.mbappe," tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Senin (5/12/2022). 

"Untuk prediksi siapa pemenangnya, sudah ada di IG Story saya," tambahnya. 

Diundang sama SCTV-Indosiar...sok jadi komentator bola...sok jadi pengantar bola. Mudah-mudahan benar ya. Tapi lumayanlah," ujar Menteri BUMN dalam video itu. 

Dalam cuplikan video tersebut, Erick Thohir juga terlihat membagikan pandangannya terkait pesepak bola ternama yang berlaga untuk Prancis di Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe.

"Mbappe kan usianya masih 23 tahun..yang dia kalau habis Ronaldo-Messi banyak orang (akan) melihat dia. Cuma pertanyaannya bisa nggak dia terus meningkatkan skill," tutur Erick Thohir. 

"Karena main di Liga Prancis itu..liga yang konsisten lah. Jadi mustinya dia musti berani main di tempat lain, seperti Ronaldo waktu itu..loncat ke MU terus ke Real Madrid. Messi walaupun gimana dia di Barcelona sebuah liga yang berat," lanjutnya. 

Mbappe ini menurut saya kalau dia tidak men-challenge diri dia untuk main ke liga yang lebih besar dia akan bisa menurun. Tapi ini pemain yang luar biasa," ungkapnya. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir Jagokan Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjagokan tim Samba Brasil menjuarai ajang Piala Dunia 2022. Piala Dunia edisi kali ini berlangsung di Qatar.

"Saya kebetulan sama Tim BUMN Muda kebanyakan Brasil, tapi ada juga yang Inggris dan Spanyol," kata Erick saat nonton bareng (nobar) pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 di Surabaya, dikutip Rabu (23/11/2022).

Menurut Erick, tim Samba memiliki komposisi pemain berkualitas baik yang lengkap. Sehingga, dinilai tak sukit bagi Brasil untuk menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar.

Untuk calon juara kedua, Erick menilai Timnas Prancis layak mendapatkannya. Selanjutnya, mantan Bos Inter Milan ini menjagokan Timnas Argentina di Piala Dunia Qatar.

"Secara teori, 3 besarnya itu, Brasil, Prancis, Argentina," ujarnya.

Sebelumnya, Timnas Brasil akan membuka petualangan mereka di Piala Dunia 2022 dengan menghadapi Serbia pada Jumat (22/11) dini hari WIB. Segala persiapan telah mereka lakukan secara matang, termasuk selebrasi gol.

Merujuk ESPN, penyerang sayap Brasil, Rapinha mengungkapkan, timnya telah mempersiapkan 10 tarian khusus yang akan mereka peragakan sebagai selebrasi ketika mereka berhasil mencetak gol di Piala Dunia Qatar 2022.

"Sejujurnya, kami sudah menyiapkan tarian hingga gol ke-10," kata Raphinha dalam konferensi pers, dikutip dari ESPN, Selasa (23/11).

3 dari 4 halaman

Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar Diproduksi di Madiun, Erick Thohir Bangga

Piala Dunia 2022 Qatar secara resmi digelar pada November 2022. Seluruh dunia saat ini ikut serta dalam ajang olahraga sepak bola dunia ini.  Apakah kalian tahu bahwa bola di Piala Dunia kali ini adalah buatan Indonesia, tepatnya Madiun, Jawa Timur.

Bola resmi Piala Dunia 2022 yang diberi nama 'Al Rihla' itu diproduksi PT Global Way Indonesia (GWI) di Kabupaten Madiun.

Menteri BUMN Erick Thohir, memposting di akun instagram pribadinya berfoto dengan Presiden FIFA, Giovanni Vincenzo Infantino seraya memegang bola asal madiun tersebut. 

Ia menulis bahwa bola yang diberi nama 'Al Rihla’ ini memiliki arti dan kebanggaan bagi Indonesia terutama, bagi teman-teman Madiun.

“Teman-teman Madiun harus bangga. Bola yang saya pegang itu adalah “Al-Rihla” yang berarti “perjalanan”. Bola resmi yang digunakan selama Piala Dunia Qatar 2022, diproduksi di Madiun, Jawa Timur” Tulisnya, Rabu (23/11/2022).

Erick Thohir juga menulis bahwa Indonesia memproduksi 50.000 bola untuk diekspor ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris dan Brazil hingga Piala Dunia yang digelar di Qatar. PT Global Way Indonesia (GWI) Kabupaten Madiun dipercayakan untuk memproduksi puluhan ribu bola tersebut.

“Sudah 50 ribu bola piala dunia yang diekspor ke lima negara. Ini membuktikan produk lokal kita sudah bisa mencapai kualitas dunia,” tulis Mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Maka dalam gelaran Piala Dunia tahun 2022 bola resminya diproduksi di Indonesia, Erick thohir mengatakan kita harus bangga sebagai orang Indonesia.

“Bangga ya jadi orang Indonesia!,” tulisnya.

4 dari 4 halaman

Gubernur Jawa Timur Juga Bangga

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan momen ketika dirinya sedang melihat bola resmi Piala Dunia 2022 yang siap diekspor.

"Inilah bola yang akan digunakan pada kompetisi Piala Dunia 2022 di Qatar. Di ajang olahraga terakbar di planet itu, Indonesia punya peran penting di setiap pertandingan." tulis Khofifah dalam foto tersebut.

"Al Rihla si bola resmi Piala Dunia 2022 di Qatar adalah bola buatan Indonesia yang diproduksi di Madiun. Adidas mempercayakan Global Way Indonesia di Madidun untuk memproduksi bola yang bakalan ditendang oleh bintang-bintang sepak bola dunia," Khofifh menambahkan.

Lebih lanjut, Khofifah berharap di masa depan Indonesia bukan hanya mengirimkan bola Piala Dunia Qatar melainkan juga berpartisipasi lewat kehadiran tim nasional di ajang tersebut.

"Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, Timnas Indonesia juga bisa ikut berlaga. Aamiin ya rabbal alamin," kata Khofifah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS