Sukses

Holding BUMN Pangan Gotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta Holding BUMN Pangan ID FOOD bersama anggotanya gotong royong dalam membantu korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Total bantuannyang diberikan ditaksir mampu mencapai ratusan juta rupiah.

“Holding ID FOOD group turut tergerak untuk bantu korban bencana Cianjur dengan memberikan bantuan bahan pangan dan kebutuhan lainnya untuk bantu para korban,” terang Endang Suraningsih, Direktur SDM Holding pangan ID FOOD, dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022)

Menurut Endang, gotong royong bersama 16 member of ID FOOD capai hingga ratusan juta rupiah dan diserahkan kepada korban bencana gempa melalui Satgas bencana BUMN. Beragam bantuan telah diberikan, dari beras, gula. Hingga olahan daging.

“ID FOOD Group telah menyalurkan bantuan berupa produk- produk pangan seperti beras, gula, minyak goreng, olahan daging dan lainnya melalui Satgas Bencana BUMN di Cianjur, serta bantuan alat kesehatan berupa masker, infusion set anak, benang bedah, APD (Alat Pelindung Diri) melalui RSUD Cianjur pada Kamis, 24 November 2022,” papar Endang.

Endang melanjutkan gotong royong ini sebagaimana arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk cepat tanggap membantu secepatnya korban bencana gempa Cianjur dan bersinergi dengan Satgas bencana BUMN.

“Holding pangan bersama 16 Member of ID FOOD akan terus berupaya meringankan beban korban gempa dan kebutuhan pangan dapat terpenuhi untuk korban bencana Cianjur,” kata Endang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tinjau Kebutuhan

Ia pun telah memerintahkan jajarannya melalui ID FOOD Peduli untuk secara intensif sekaligus meninjau kebutuhan yang diperlukan. Melalui 16 Member of ID FOOD Group bergotong royong bantu korban gempa bencana Cianjur.

Diantaranya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia, PT Berdikari dan PT Garam. Dan 11 Anak Perusahaan lainnya seperti PT Rajawali Nusindo, PT PG Rajawali I, PT PG Rajawali II, PTP Mitra Ogan, PT PG Candi Baru, PT Mitra Kerinci, PT Laras Astra Kartika, PT Mitra Rajawali Banjaran, PT Rajawali Tanjungsari Enjiniring, PT Rajawali Citramass, PT GIEB Indonesia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin lalu pukul 13.21 WIB.

 

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Apresiasi Satgas Bencana BUMN

PT Pertamina terus mengupayakan pelayanan san bantuan untuk masyarakat pascagempa yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat pada (21/11/2022). Pelayanan dan bantuan ini ditinjau dan diapresiasi langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Cianjur.

Dalam peninjauannya di Posko Penanggulangan Bencana di kawasan Limbangan Sari, Cianjur, Jawa Barat, pada Jumat (25/11/2022), Erick menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pertamina dan perusahaan BUMN yang bergerak cepat memberikan bantuan kepada korban gempa di Cianjur. Termasuk pelayanan untuk penyaluran BBM dan LPG baik untuk masyarakat maupun untuk operasional Polri, TNI dan relawan.

"Saya sangat apresiasi bahwa BUMN sudah kompak sudah tidak berjalan sendiri-sendiri, semua sudah berjalan dalam satu payung dalam BUMN Peduli atau Bakti BUMN, sehingga dampak dari bantuan BUMN ini menjadi lebih baik dan mampu memberikan solusi yang baik untuk masyarakat," kata Erick.

Erick menambahkan, dengan hadirnya BUMN, diharapkan bisa membantu meringankan duka yang dialami para korban penyintas gempa. "Dengan hadirnya BUMN kita bisa menjadi satu keluarga besar dan memberikan solusi terbaik untuk para korban pascabencana," kata Erick.

 

4 dari 4 halaman

Bantuan Pertamina

Sementara itu, Pjs VP Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan, Pertamina terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk korban bencana gempa di Cianjur. Termasuk mendistribusikan BBM dan LPG untuk mobilitas Polri, TNI dan relawan dalam melancarkan kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban gempa.

Selain itu, Pertamina juga menyalurkan LPG Bright Gas dan sembako untuk beberapa dapur umum yang dibangun di posko bencana. Sejauh ini, Pertamina sudah memberikan bantuan mulai dari 12 belas ton beras, berbagai perlengkapan penunjang untuk posko hingga perlengkapan kesehatan.

"Kita bantu untuk melancarkan kegiatan operasional penyelamatan dan recovery dari masyarakat yang terdampak. Pertamina juga berkolaborasi dengan BUMN lain mendirikan posko dan juga membantu secara langsung penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak. Ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam pemulihan pascabencana dan membantu masyarakat segera bangkit," jelas Heppy.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS