Sukses

6 Gaun Termahal di Dunia, Ada Seharga Rp 464 Miliar

Memang sudah tidak heran bahwa membeli gaun prom atau pengantin memakan biaya ratusan bahkan ribuan dolar.

Liputan6.com, Jakarta Gaun menjadi salah satu pakaian yang biasanya sering digunakan untuk merayakan atau menghadiri acara tertentu yang ingin tampil elegan tapi tetap terlihat glamor.

Tidak sedikit seseorang khususnya para wanita mengeluarkan uang hingga jutaan bahkan miliaran hanya untuk membeli gaun.

Memang sudah tidak heran bahwa membeli gaun prom atau pengantin memakan biaya ratusan bahkan ribuan dolar. Namun, di samping itu ada pula gaun termahal lain yang pernah dibuat sepanjang sejarah mode.

Lantas, gaun seperti apa yang termahal?

Bagi yang penasaran, berikut ini deretan gaun termahal yang pernah dibuat sepanjang sejarah mode seperti melansir wionews.com, Kamis (20/10/2022).

6. Gaun Marilyn Monroe

Harga: USD 4,8 juta (Rp 74 miliar)

Marilyn Monroe mengenakangaun berkilau ini untuk menghadiri perayaan ulang tahun Presiden John F. Kennedy. Bahkan Monroe sampai bernyanyi untuk Presiden memakai gaun ini.

Pakaian ini menjadi gaun termahal yang pernah dijual di lelang dengan harga USD 4,8 juta atau sekitar Rp 74 miliar pada 2016. Gaun ini dilengkapi dengan lebih dari 2.500 rhinestones.

5. Gaun Berlian Emas Putih Yumi Katsura

Harga: 8,5 juta

Gaun bertabur berlian emas putih ini dibuat dari tangan perancan busana asal Jepang Yumi Katsura. Gaun ini bernilai USD 8,5 juta atau sekitar Rp 131 miliar.

Gaun ini menampilkan 1.000 mutiara putih dan beberapa berlian.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Gaun Pernikahan Kerajaan Ratu Letizia

Harga: USD 10,7 juta

Selanjutnya ada gaun pengantin sutra Ratu Letizia yang berasal dari Spanyol. Gaun ini menampilkan desain bunga yang dijahit manual alias menggunakan tangan, yang terbuat dari benang emas. Oleh karena itu, gaun ini mahal bernilai USD 10,7 juta atau sekitar Rp 165 miliar pada 2004.

Di samping itu, gaun ini ternyata juga terdaftar sebagai gaun penantin kerajaan termahal yang pernah dibuat oleh Guinnes Book of World Records.

3. Gaun Pengantin Martin Katz dan Renee Strauss

Harga: USD 16,2 juta

Gaun ini tercipta dari kerja sama seorang couturier terkenal dengan selebriti.

Pada 2006, Martin Katz dan Renee Strauss menciptakan gaun ini dengan dihiasi berlian senilai 150 karat. Berlian itu tersebar di seluruh korset. Karena itu, gaun ini bernilai USD 16,2 juta atau sekitar Rp 250 miliar.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Gaun Termahal Berikutnya

2. Gaun Pengantin Hany El Behairy

Harga: USD 15 juta

Gaun termahal selanjutnya adalah gaun pengantin Hany El Behairy. Gaun ini menampilkan kerudung bermotif bintang dan detail tubuh yang rumit. Karena itu, harga gaun ini mencapai USD 15 juta atau sekitar Rp 232 miliar.

Diresmikan di Paris Haute Couture Week pada 2022 lalu, gaun ini dihiasi dengan ratusan berlian dan batu mulia. Hany El Behairy menjadi perancang busana Mesir terkenal karena membuat gaun pengantin paling mahal ini.

Dirinya membuat gaun ini untuk seorang pelanggan yang berasal dari keluarga kaya raya di Mesir sana. Untuk menyelesaikan gaun ini, dia memerlukan lebih dari 800 jam.

 1. The Nightingale of Kuala Lumpur

Harga: USD 30 juta

Gaun termahal di dunia saat ini adalah Nightingale of Kuala Lumpur. Gaun ini dirancang oleh Faisal Abdullah.

Sudah dirilis sejak 2009 silam, gaun ini mematok harga hingga USD 30 juta atau sekitar Rp 464 miliar.

Untuk bahannya, gaun ini terbuat dari sutra merah dan taffeta. Selain itu, gaun ini juga dihiasi oleh lebih dari 750 berlian asli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.