Sukses

Orang Terkaya Asia Miliarder Mukesh Ambani Bangun Kantor Baru di Singapura, Buat Apa?

Liputan6.com, Jakarta Orang terkaya kedua di Asia yang menjabat sebagai Ketua Reliance Industries Mukesh Ambani tengah mendirikan kantor keluarga di Singapura. Bahkan dia juga sudah memilih seorang manajer untuk mengelola bisnis barunya di sana.

Dilansir dari The Straits Times, Senin (10/10/2022), miliarder asal Mumbai ini telah memilih seorang manajer untuk kemudian bisa mempekerjakan para staf. Nantinya pegawai itu akan mengelola entitas baru dan menjalankan bisnis. Selain itu, keluarga Ambani juga memilih real estat.

Namun, seorang juru bicara Reliance, yang juga mewakili Ambani, enggan berkomentar.

Seperti yang diketahui, Ambani menjadi orang terkaya di Asia yang memilih Singapura untuk mendirikan kantor keluarga.

Perusahaan itu dibentuk untuk mengelola urusan klan kaya dan akan bergabung dengan orang-orang seperti miliarder hedge fund Ray Dalio dan salah satu pendiri Google Sergey Brin.

Singapura telah menjadi pusat yang menarik untuk kantor keluarga berkat pajaknya yang rendah dan keamanannya yang relatif.

Otoritas Moneter Singapura memperkirakan bahwa sekitar 700 sudah ada pada akhir tahun 2021, naik dari 400 tahun sebelumnya.

Akan tetapi, meningkatnya jumlah orang kaya global yang memadati Singapura juga mengakibatkan harga yang lebih tinggi untuk pembelian mobil, perumahan, dan barang-barang lainnya.

Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong mengungkapkan dalam sebuah wawancara di Agustus lalu bahwa orang kaya mungkin membayar lebih banyak pajak untuk mendorong pertumbuhan inklusif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Rencana ke Depannya

Sementara itu, langkah Ambani untuk mendirikan kantor keluarga terkait dengan visinya yang lebih besar untuk membawa kerajaan ritel ke pemurniannya secara global dan memperoleh aset di luar India. Saat mengumumkan penunjukan ketua Aramco di dewan Reliance pada tahun 2021, miliarder itu mengatakan kepada pemegang sahamnya bahwa ini menandai "awal internasionalisasi" konglomeratnya, tapi dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Anda akan mendengar lebih banyak tentang rencana internasional kami di masa mendatang," katanya saat itu.

Dalam perjalanan bisnisnya, Reliance membayar USD 79 juta untuk Stoke Park pada April 2021, menambahkan lokasi ikonik Inggris yang telah menjadi latar dua film James Bond. Selain itu, dia juga membeli 73,4 persen saham tidak langsung di Mandarin Oriental New York seharga USD 98,15 juta pada Januari dan sebuah vila tepi pantai senilai USD 80 juta di Dubai tahun ini.

Ambani, yang bernilai sekitar USD 83,7 miliar, menurut Bloomberg Wealth Index, ingin kantor keluarga Singapura berjalan dalam waktu satu tahun. Istrinya Nita Ambani juga membantu mengaturnya.

Sebagai informasi, Reliance telah beralih dari bisnis penyulingan minyak dan petrokimia warisannya menuju e-commerce, energi hijau dan perluasan jejak ritelnya di seluruh India.

Pada tahun 2020, usaha teknologinya Jio Platforms memikat lebih dari USD 25 miliar dari investor besar Silicon Valley termasuk Meta Platforms dan Google. Itu juga telah meluncurkan rencana ambisius untuk mengambil Amazon.com di negara ini, termasuk dalam streaming.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

https://www.straitstimes.com/business/banking/billionaire-mukesh-ambani-to-open-family-office-in-singapore-sources-say

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS