Sukses

Kunjungan ke Area Green Farm, Wamentan: Bisa Dorong Sektor Hilirisasi Pertanian

Liputan6.com, Karawang Pemerintah terus mendorong berkembangnya pertanian hidroponik guna mendukung ketahanan pangan. Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi mendampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam meninjau area green farm di Kawasan Batamindo Green Farm atau Singapura Fresh Green Makmur di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022).

Selain Wamentan, Ma'ruf Amin turut didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arie Wibowo, serta Bapak Franciscus Welirang. Mereka juga turut serta melihat langsung proses tanam, pengemasan hingga distribusi dengan memanfaatkan teknologi hidroponik.

Wamentan Harvick berharap agar keberadaan Batamindo Green Farm ini dapat mendukung sektor hilirisasi pertanian. Karena selain memproduksi sayuran, green farm ini juga melakukan packing siap jual.

"Selain dapat membantu mengendalikan inflasi pangan, area green farm ini juga dapat mendorong upaya hilirisasi pertanian," ujar Wamentan.

 

 

Sebelumnya, Wapres Maruf Amin menyampaikan kunjungan kerjanya di Batamindo Green Farm ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan. Selain itu, ia berharap keberadaan pertanian modern ini juga dapat menjaga ketersediaan pangan serta membuka lapangan pekerjaan di sektor pertanian.

"Diharapkan dengan hadirnya Batamindo Green Farm di tengah-tengah masyarakat, mampu menjadi produsen bahan pangan yang stabil dengan harga terjangkau, tidak merusak lingkungan, menjaga ketersediaan pangan, dan menambah lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, Batamindo Green Farm ini merupakan pertanian hidroponik terbesar dan modern di Indonesia yang menghasilkan produk segar dengan standar kualitas tinggi dan memanfaatkan teknologi pertanian modern yang canggih dan tepat. Area green farm di kawasan Batamindo Green Farm merupakan bentuk kolaborasi antara pertanian dengan teknologi.

Batamindo Green Farm juga dapat memproduksi beragam aneka sayuran. Seperti bayam bulat, merah, Lancip, selada hijau, kailan, selada butterhead, sawi pahit, kale cabe merah kriting, hijau, dan tomat yang dipasarkan di dalam dan luar negeri.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.