Sukses

Sidak Pasar di Balikpapan, Mendag Zulkifli: Harga Cabai Turun, Bawang Masih Tinggi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memantau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu pagi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memantau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Klandasan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu pagi, bersama Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra.

"Harga cabai turun, minyak goreng curah ada yang harga Rp14.000 per liter. Untuk harga bawang merah yang masih tinggi," kata Mendag di Balikpapan, dikutip dari Antara, Rabu (20/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, Mendag juga menyampaikan bahwa para pedagang di Pasar Klandasan enggan menggunakan minyak goreng curah karena merasa takut dengan keamanannya.

Untuk itu, Mendag meminta jajaran Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk mengedukasi masyarakat tentang keamanan menggunakan minyak goreng curah.

"Nanti Pak Dirjen menjelaskan dan koordinasi kepada masyarakat bahwa minyak curah itu vitaminnya masih tinggi, sehat, bagus, sangat aman dan laik untuk dikonsumsi," kata Mendag.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Cabai

Menurut pantauan Antara, harga cabai merah keriting hari ini di Pasar Klandasan Rp70.000 per kilogram (kg). Harga tersebut lebih rendah dibandingkan 20 Juni 2022 yakni Rp80.000 per kg.

Sedangkan harga cabai merah besar terpantau stabil yakni Rp70.000 per kg atau sama dengan bulan lalu. Kemudian, harga cabai rawit merah mengalami penurunan menjadi Rp80.000 per kg dari bulan sebelumnya yang mencapai Rp100.000 per kg.

Sementara itu, harga bawang merah mencapai Rp90.000 per kg. Harga tersebut melambung dari bulan sebelumnya yakni Rp78.000 per kg. Namun harga bawang putih terpantau stabil di harga Rp32.000 per kg.

 

3 dari 3 halaman

Jaga Inflasi, Mendag Zulkifli Hasan Janji Bereskan Harga CPO Cs

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan fokus mengurus perbaikan harga komoditas ditingkat petani, seperti CPO dan lain-lain, agar para petani mendapatkan keuntungan yang memadai dan lebih sejahtera.

Selain itu, penyempurnaan jalur distribusi sampai tingkat warung pun menjadi prioritas program kerjanya.

“Supaya barang kebutuhan masyarakat sehari-hari tersedia dimana-mana dengan harga terjangkau," jelas Zulkifli Hasan dalam Dialog Perdagangan yang digelar oleh Kadin Indonesia di Menara Kadin Indonesia, Selasa (19/7/2022).

Dalam dialog yang dipandu oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasyid dan dihadiri oleh para pelaku usaha yang tergabung di Kadin Indonesia, Zulkifli Hasan juga menekankan bahwa para pengusaha Indonesia saat ini dapat melakukan transaksi perdagangan dan melakukan ekspor ke negara-negara tujuan baru di Uni Emirat Arab paska ditandatanganinya perjanjian IUAE-CEPA.

“Integrasi industri besar dengan didukung oleh komponen pelengkap dari industri kecil dan menengah akan mendorong peningkatan digitalisasi perdagangan," jelas Zulkifli Hasan.

Menurut Zulkifli Hasan, tingkat inflasi Indonesia yang saat ini sudah diatas 4,35 persen menjadi peringatan bagi tersedianya kebutuhan pangan rakyat.

“Untuk itu maka sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia dapat mengakselerasi terciptanya stabilitas harga kebutuhan pokok bagi masyarakat," pungkas Zulkifli Hasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.