Sukses

Kepulangan Pertama Jemaah Haji 2022 di Bandara Soetta Jumat 15 Juli 2022 Pukul 23.05 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Bandara PT Angkasa Pura II siap menyambut kepulangan jemaah haji 2022 dari Tanah Suci. Kepulangan akan dimulai pada malam ini, Jumat (15/7/2022).

"Malam nanti direncanakan pukul 23.05 WIB Bandara Soekarno-Hatta menyambut kepulangan jemaah haji asal Jawa Barat yang tiba dari Bandara King Abdulaziz (Jeddah), menggunakan maskapai Saudia nomor penerbangan SV 5630 dengan jumlah total penumpang 406 orang," tutur President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Di hari yang sama juga, Bandara Minangkabau (Padang) akan menyambut kepulangan jemaah haji asal Sumatera Barat yang direncanakan mendarat dengan maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 3401 pada pukul 21.14 WIB, dari Bandara King Abdulaziz dengan jumlah total penumpang 393 orang.

“Angkasa Pura II bersama stakeholder terkait antara lain Kementerian Agama, Imigrasi, AirNav Indonesia, maskapai, ground handling, TNI/Polri dan stakeholder lainnya telah berkoordinasi untuk memastikan kelancaran kepulangan jemaah haji ke Indonesia mulai malam nanti," katanya.

Bandara Angkasa Pura II juga bakal menyambut kepulangan jemaah haji untuk nantinya dapat bertemu kembali dengan keluarga.

"Kami berharap proses kedatangan jemaah haji di bandara AP II dapat berjalan lancar tanpa kekurangan apa pun,” ujar Awaluddin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rencana Operasional

Seluruh bandara Angksa Pura II yang melayani kepulangan jemaah haji telah menyiapkan rencana operasional guna memastikan kelancaran alur kedatangan mulai dari pesawat, hingga jemaah haji selesai memproses kedatangan di terminal penumpang.

Sementara, VP of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika menuturkan, selain Bandara Soekarno-Hatta, bandara AP II lainnya yang menjadi debarkasi dan siap menyambut kepulangan jemaah haji adalah Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang).

“Kepulangan jemaah haji melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 15 Juli - 13 Agustus 2022, lalu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pada 1 - 12 Agustus 2022, Bandara Kualanamu pada 22 Juli - 1 Agustus 2022, Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh pada 26 Juli - 1 Agustus 2022, dan Bandara Minangkabau pada 15 Juli - 12 Agustus 2022,” ujar Akbar.

Akbar Putra Mardhika menuturkan seluruh slot penerbangan haji di bandara-bandara AP II telah disesuaikan dengan jadwal penerbangan reguler sehingga dipastikan operasional penerbangan dan bandara dapat berjalan lancar.

3 dari 4 halaman

Menteri Agama Lepas Kepulangan Jemaah Embarkasi Solo di Bandara Jeddah

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas kepulangan jemaah kloter 2 Embarkasi Solo (SOC 2). Ada 358 jemaah yang tergabung dalam kloter ini.

"Saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo. Beliau menitip salam untuk bapak, ibu sekalian dan keluarga di Tanah Air," kata dia di Plaza D 4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Jumat (15/7/2022).

"Mohon terus doakan agar negara Indonesia menjadi negara yang Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur," sambung dia.

Gus Men, panggilan akrabnya, bersyukur jemaah haji telah melalui proses ibadah fisik, ibadah haji, dalam keadaan sehat, nyaman, dan tenang. Dia pun mendoakan semua mendapat haji mabrur.

Dirinya juga meminta maag jika selama pemerintah memberikan pelayanan masih ada kekurangan.

"Kami berjanji di masa yang akan datang terus melakukan perbaikan sehingga tamu Allah dalam beribadah semakin tenang, nyama, dan khusyuk," kata Gus Men.

 

4 dari 4 halaman

Penyerahan Bendara

Pelepasan jemaah ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih kepada Menteri Agama oleh petugas kloter.

Kepada para petugas, atas nama pribadi, pemerintah, dan negara, Menteri Agama menyampaikan terima kasih atas dedikasinya dalam melayani jemaah dengan baik, tanpa kenal lelah, dan melayani sebagaimana melayani orang tua sendiri.

Hadir Sekjen Kemenag Nizar, jajaran pimpinan Ditjen PHU, Staf Khusus, dan perwakilan Maskapai Garuda Indonesia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS