Sukses

Para Miliarder Terkaya di Dunia Sedikit Miskin, Hartanya Hilang Rp 20,9 Kuadriliun Selama Kuartal I 2022

Liputan6.com, Jakarta - Harta kekayaan orang terkaya di dunia Elon Musk anjlok hampir USD 62 miliar atau setara Rp. 927,8 triliun.

Miliarder Jeff Bezos juga melihat kekayaannya turun sekitar USD 63 miliar atau Rp. 942,7 triliun. Selain Musk dan Bezos, kekayaan bersih pendiri Meta Mark Zuckerberg juga susut lebih dari setengahnya.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (4/7/2022) secara total kekayaan 500 orang terkaya di dunia susut hingga USD 1,4 triliun atau Rp. 20,9 kuadriliun pada paruh pertama tahun 2022.

Ini menandai penurunan kekayaan yang cukup tinggi dalam enam bulan di antara sederet miliarder global.

Penurunan kekayaan ini juga menandai perubahan yang tajam dibandingkan tahun sebelumnya, ketika kekayaan miliarder terkaya membengkak saat pemerintah dan bank sentral AS mengeluarkan langkah-langkah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah pandemi Covid-19, meningkatkan nilai perusahaan teknologi hingga mata uang kripto.

Dengan para pembuat kebijakan AS menaikkan suku bunga untuk menangani inflasi yang meningkat, beberapa saham, dengan miliarder yang memilikinya - anjlok dengan cepat.

Salah satunya adalah produsen mobil listrik yang dipimpin Elon Musk, Tesla mengalami kuartal terburuk dalam tiga bulan hingga Juni 2022, dan saham Amazon.com juga ikut terdampak anjloknya saham teknologi. 

Namun, para miliarder terkaya telah mengumpulkan begitu banyak kekayaan dalam beberapa tahun terakhir sehingga sebagian besar tidak hanya dapat menahan paruh pertama terburuk sejak 1970 untuk Indeks S&P 500, tetapi mereka kemungkinan mencari penawaran, menurut Thorne Perkin, presiden Papamarkou Wellner Asset Management.

"Banyak klien kami mencari peluang ketika ada masalah," beber Perkin.

2 dari 2 halaman

Kekayaan Miliarder Terkaya di Dunia Saat Ini

CEO Tesla Elon Musk, masih menduduki posisi miliarder terkaya di dunia dengan kekayaan bersih USD 208,5 miliar atau setara Rp. 3,1 kuadriliun, sementara Bezos dari Amazon berada di urutan kedua dengan kekayaan bersih USD 129,6 miliar atau setara Rp.1,9 kuadriliun, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Bernard Arnault, orang terkaya Prancis, menempati urutan ketiga dengan kekayaan USD 128,7 miliar (Rp. 1,9 kuadriliun), diikuti oleh Bill Gates dengan USD 114,8 miliar (Rp. 1,7 kuadriliun), menurut indeks Bloomberg.

Mereka adalah satu-satunya miliarder ang memiliki kekayaan lebih dari USD 100 miliar -pada awal tahun, 10 orang di seluruh dunia melebihi jumlah itu. 

Sedangkan Mark Zuckerberg, yang kini berada di urutan ke-17 miliarder terkaya mengantongi kekayaan sebesar USD 60 miliar (RFp. 898,1 triliun).

Changpeng Zhao, pionir kripto yang memulai debutnya memasuki Bloomberg Billionaires Index pada Januari 2022, telah melihat kekayaannya turun hampir USD 80 miliar atau Rp. 1,1 kuadriliun tahun ini di tengah gejolak aset digital.