Sukses

Doa Tulus Sandiaga Uno untuk Menpan RB Tjahjo Kumolo yang Wafat di Hari Jumat

Kabar duka, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat hari ini (1/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan doa dan belasungkawa atas wafatnya Tjahjo Kumolo.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat hari ini (1/7/2022).

Seperti sederet menteri lainnya, Sandiaga Uno menyampaikan doa dan belasungkawa melalui unggahan di platform Instagram, dengan menyertakan potret mendiang Tjahjo Kumolo.

"Inalillahi wa'inailaihi roji'un, Indonesia kembali berduka, telah berpulang sahabat saya Bapak Tjahjo Kumolo di usia 64 tahun," tulis Sandiaga Uno di Isntagram, dikutip Jumat (1/7/2022). 

"Kerja keras dan segala jasa yang telah diberikan almarhum sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (@kemenpanrb) akan menjadi semangat dan motivasi bagi kita untuk terus berupaya membangun negeri ini," lanjutnya. 

Sandiaga Uno pun mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut mendoakan mendiang Tjahjo Kumolo.

"Doa terbaik dari lubuk hati saya dan jutaan masyarakat Indonesia. InsyaAllah almarhum husnul khotimah, meninggal dunia tepat pada hari baik, di hari Jumat," tuturnya.

"Semoga segala amal kebaikan almarhum diterima oleh Allah SWT. Serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Aamiin Yarabbal’alamin," tutup Sandiaga Uno.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

Dalam unggahan selanjutnya, Menparekraf kembali membagikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Tjahjo Kumolo. Kali ini, postingan itu menunjukkan Menparekraf yang tengah berada di Masjid Baitul Amin, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Dari Masjid Baitul Amin, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saya atas nama pribadi dan keluarga besar @kemenparekraf.ri, mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya kolega saya di pemerintahan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Bapak Tjahjo Kumolo," tulis Sandiaga Uno dalam unggahannya. 

"Mari bersama-sama kita do'akan agar di hari jum'at yang penuh berkah ini, beliau wafat dalam keadaan Husnul khotimah, diterima segala amal kebaikannya oleh Allah SWT," katanya.

"Allahummagfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu... Aamiin YRA," demikian doa dari Sandiaga Uno untuk mendiang Tjahjo Kumolo.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani Hingga Luhut Ikut Menyampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Menteri Keuangan Sri Mulyani, menyusul sederet menteri yang menyampaikan doa dan belasungkawa atas wafatnya Tjahjo Kumolo.

Melalui unggahannya di platform Instagram, Sri Mulyani mengenang Tjahjo Kumolo sebagai seorang rekan sejawat yang selalu kompak dan dapat diandalkan dalam menjalankan program-program pemerintah.

Unggahan Sri Mulyani membagikan potret kebersamaannya dengan mendiang Tjahjo Kumolo.

"Innalilahi wainnalilahi rojiun, segala sesuatu adalah milik Allah SWT dan hanya kepadaNya kita akan kembali.Sungguh duka cita yang mendalam atas berpulangnya Pak Tjahjo Kumolo Menteri @kemenpanrb," tulis Sri Mulyani di Instagram, dikutip Jumat (1/7/2022). 

"Seorang rekan sejawat yang selalu kompak dan dapat diandalkan dalam menjalankan program-program perbaikan dan reformasi di pemerintahan - baik sewaktu beliau sebagai Menteri Dalam Negeri maupun sebagai Menteri Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," tuturnya. 

Sri Mulyani mengungkapkan, ia dan seluruh jajaran Kementrian Keuangan kehilangan teman yang sungguh tulus mengabdi untuk negeri dan mencintai negeri secara penuh.

"Terima kasih pak Tjahjo atas pertemanan yang sangat baik dan atas pengabdian yang tak ternilai," tutur Sri Mulyani. 

Selain Sri Mulyani, sederet Menteri lainnya juga terlihat aktif di Instagram menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Salah satunya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Ucapan belasungkawa itu Luhut sampaikan dalam sebuah unggahan potret Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, melalui platform Instagram-story. 

Dalam unggahan itu, juga tertulis tahun lahir dan wafatnya Tjahjo Kumolo, yaitu 1957-2022.

"Turut beduka cita atas berpulangnya Tjahjo Kumolo, S.H. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI," demikian unggahan Luhut dalam fitur Instagram storynya, dikutip Jumat (1/7/2022). 

 

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Untaikan Doa

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Sebelumnya, di platform serupa, Menteri BUMN Erick Thohir juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Tjahjo Kumolo. 

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Turut berduka cita atas meninggalnya MENPAN RB @kemenpanrb Tjahjo Kumolo," tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Jumat (1/7/2022). 

Erick Thohir pun mengajak masyarakat untuk mendoakan mendiang Tjahjo Kumolo agar diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah.

"Sama-sama kita doakan teman saya, semoga diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah. Aamiin," tuturnya. 

Diketahui bahwa Tjahjo Kumolo sebelumnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan berlangsung selama beberapa hari.

Kabar duka meninggalnya Tjahjo Kumolo dibenarkan petinggi PDIP Junimart Girsang.

Junimart menyebut, Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

"Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, Tjahjo sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.