Sukses

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Mentan: Beliau Guru Bagi Kita Semua

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia hari ini, Jumat, 1 Juli 2022.

Mentan diketahui sangat dekat dengan Tjahjo Kumolo jauh sebelum masuk dalam kabinet Jokowi - KH Maruf Amin.

"Turut berduka sedalam dalamnya atas meninggalnya sahabat saya, Bapak Tjahyo Kumolo," ujar SYL, Jumat (1/7/2022).

Bagi SYL, Tjahyo adalah orang baik sekaligus contoh aparat negara yang selama ini menjadi pengayom bagi seluruh ASN, termasuk juga para Menteri di kabinet kerja. Almarhum juga merupakan pemimpin yang memiliki integritas, moralitas dan semangat kerja luar biasa.

"Sederhana beliau adalah guru bagi kita semua. Beliau adalah panutan dalam berpikir dan bekerja," katanya.

Selain itu, SYL menyebut bahwa Tjahyo Kumolo adalah motor penggerak terhadap berbagai perubahan reformasi pada tubuh ASN Indonesia. Dibawah komandonya, kementerian PAN RB mampu menjadikan wahab ASN sebagai pelayan rakyat yang mengedepankan kepentingan bangsa.

"Sekali lagi saya berduka sekali atas perginya Pak Tjahyo. Saya kehilangan sahabat saya. Semoga Gusti Allah memberi tempat terbaik bagi Bapak. Amin," katanya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia siang tadi setelah beberapa hari dirawat intensif di RS Abdi Waluyo karena infeksi paru-paru. Almarhum rencananya akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata sore ini.

Jenazah Tjahjo baru saja tiba di rumah duka Jalan Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta Selatan pukul 13.41 WIB. Sebelumnya disemayamkan di TMP Kalibata, jenazah almarhum rencananya akan disalatkan di masjid Kantor KemenPAN RB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Tjahjo Kumolo akan Disalatkan di Masjid Kementerian PANRB dan Dimakamkan di TMP Kalibata

Sebelumnya, Kabar duka kembali muncul, setelah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang ini.

Almarhum dikabarkan berpulang sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Sebelumnya, Tjahjo Kumolo sempat dirawat intensif beberapa hari di tempat tersebut.

Kabarnya, almarhum kelak akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Informasi ini turut dikonfirmasi oleh jajaran Kementerian PANRB, Jumat (1/7/2022).

Menurut informasi yang beredar, Tjahjo Kumolo disemayamkan di Rumah Dinas Menteri PANRB yang betempat di komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Setelahnya, almarhum akan dibawa ke bekas kantornya untuk disholatkan di Masjid Quba Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan.

Pasca melalui proses sholat jenazah, almarhum bakal dibawa ke rumah terakhirnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Namun, sejauh ini belum ada informasi lebih rinci kapan proses itu akan dilakukan. Pun bila ada perubahan, pihak Kementerian PANRB akan menginformasikannya lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, BKN Berduka

Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut berbela sungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang ini.

"Keluarga Besar Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Tjahjo Kumolo," tulis Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN, Satya Pratama.

"Semoga Almarhum diampuni segala dosa/khilafnya dan diterima seluruh amal ibadahnya, serta kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan lahir & batin," ungkapnya.

Kabar duka berpulangnya Tjahjo Kumolo ini ramai tersiar melalui pesan grup WhatsApp pada Jumat siang ini. Dikabarkan almarhum meninggal pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Pria kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 ini dalam beberapa hari terakhir kondisi kesehatannya memang menurun, dan perlu dirawat secara intensif di rumah sakit.

Adapun Tjahjo bukan sosok asing di bawah pemerintahan. Sebelum menjabat sebagai Menteri PANRB, beliau sempat mendapuk amanah sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di era periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seusai jatuh sakit, posisinya sebagai Menteri PANRB digantikan oleh Menkopolhukan Mahfud MD, selaku Menteri PANRB ad interim. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.