Sukses

Kopi Kenangan Buka Gerai Pertama Bertenaga Solar Panel

Liputan6.com, Jakarta Kopi Kenangan bekerjasama dengan Grab dan juga SUNterra membangun gerai pertama bertenaga solar panel pertama di kawasan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Setiap gelas kopi yang disajikan dibuat dari sumber listrik bertenaga surya.

Gerai yang telah beroperasi pada 21 April 2022 ini menggunakan 18 modul solar panel dengan berat mencapai 540 kg. Alat-alat itu dapat mengubah tenaga matahari menjadi arus listrik yang digunakan mesin kopi.

Menurut Edward Tirtanata, CEO dan CO-Founder Kopi Kenangan, pembukaan gerai ini merupakan inovasi dan kolaborasi antara tiga perusahaan demi mendukung kegiatan industri yang lebih ramah lingkungan.

"Hadirnya gerai terbaru Kopi Kenangan RC Veteran adalah bentuk kolaborasi kami dengan Grab dan SUNterra untuk mendukung proses industri di Indonesia yang lebih ramah lingkungan," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

"Baik Kopi Kenangan, SUNterra, dan Grab berharap inovasi ini dapat memotivasi kami dan juga pelaku industri lainnya untuk terus berkontribusi memaksimalkan pemanfaatan energi alternatif, salah satunya energi matahari, untuk Indonesia yang lebih ramah lingkungan," terangnya.

Chief Executive Officer SUNterra, Fanda Soesilo mendukung dan mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk beralih ke energi bersih dan terbarukan (EBT). Menurutnya, penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi merupakan bentuk kontribusi nyata yang menjadi salah satu solusi pengurangan dampak perubahan iklim.

"Harapan kami, instalasi solar panel di gerai Kopi Kenangan RC Veteran dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya untuk segera beralih memanfaatkan energi bersih yang berkelanjutan," ujar Fanda.

 

2 dari 4 halaman

Komitmen Jaga Lingkungan

Senada, Director of Jabodetabek Grab Indonesia Iki Sari Dewi percaya, perusahaan teknologi dapat berkontribusi untuk memberikan dampak berkelanjutan dalam bidang ekonomi dan lingkungan.

"Oleh karena itu Grab sangat bersemangat dapat mendukung proyek ini bersama dengan Kopi Kenangan dan SUNterra untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mengajak mereka untuk ikut dalam gaya hidup yang lebih ramah lingkungan," urai Iki.

Selain memanfaatkan tenaga matahari untuk setiap gelas kopi yang disuguhkan, gerai yang beralamat lengkap di Jl. RC. Veteran Raya No. 24, RT 1/RW 1, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12330 ini juga merupakan gerai Drive Through pertama Kopi Kenangan di Jabodetabek sekaligus mengusung konsep stand alone building untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan setiap gelas Kopi Kenanangan.

3 dari 4 halaman

Kopi Kenangan Tunjuk Bos KADIN Arsjad Rasjid Jadi Komisaris

PT Bumi Berkah Boga (BBB), yang menaungi merek Kopi Kenangan, resmi mengangkat Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid, sebagai Komisaris.

CEO dan Co-Founder Kenangan Brands, Edward Tirtanata mengatakan jika bergabungnya Arsjad Rasjid jadi Komisaris diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi PT Bumi Berkah Boga.

Konsul dan pengalaman Arsjad diharapkan dapat membantu Kenangan Brands, sebagai perusahaan yang menaungi brand-brand lokal seperti Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo dan Kenangan Manis, bersaing di pasar global.

“Bapak Arsjad adalah sosok terbaik dan paling tepat untuk bergabung dalam Dewan Komisaris PT Bumi Berkah Boga. Lewat pengalaman dan keahlian beliau, kami berharap dapat terus berkontribusi untuk senantiasa mengembangkan industri F&B Tanah Air dan mewujudkan mimpi kami dan juga brand-brand lokal Indonesia lainnya dalam memperkenalkan brand Indonesia ke kancah internasional," ujar dia dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Selain Ketua KADIN, Arsjad Rasjid saat ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk., Komisaris PT Kideco Jaya Agung dan Ketua Dewan Pembina Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

 

4 dari 4 halaman

Bangga

Arsjad Rasjid mengaku bangga dan senang dapat ikut terlibat dalam perjalanan Kenangan Brands. Dia yakin Indonesia memiliki banyak brand lokal berkualitas yang tidak kalah dengan merek lain yang telah mendunia.

"Saya berharap dapat melihat Kenangan Brands, termasuk juga UMKM Indonesia lainnya semakin maju dan berkembang, sehingga dapat membuka jalan bagi semua brand lokal yang berkualitas untuk berani bersaing di luar sana,” jelas dia.

Arsjad Rasjid merupakan alumnus Pepperdine University telah menduduki posisi Komisaris Utama dan Komisaris di berbagai industri, seperti perusahaan finansial,media, konstruksi, energi dan pertambangan.

Profesional Arsjad Rasjid diharapkan dapat menuntun PT Bumi Berkah Boga untuk senantiasa meningkatkan kualitas produk dan pelayanan agar dapat bersaing baik di dalam negeri maupun pasar global.