Sukses

Miliarder Ini Bilang Anak Muda Banyak Baca Buku Jika Ingin Menggapai Dunia

“Bagi sebagian orang, itu berarti menjadi hebat dalam sains atau teknik,” tulis Gates.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu miliarder sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates memberikan wejangan kepada kaum muda. Barang siapa yang ingin mengubah dunia dengan cara sederhana, maka harus banyak-banyak membaca.

Hal itu dikatakan Bill Gates saat hadir dalam sesi Reddit “Ask Me Anything” ke-10 pada hari Kamis. Miliarder pendiri Microsoft ditanya terkait saran bagi kaum muda yang ingin “membuat dampak positif” untuk dunia.

“Hal yang ideal adalah banyak membaca dan mudah-mudahan menemukan keterampilan yang Anda sukai yang dapat berdampak,” tutur Gates dilansir dari CNBC, Senin (23/5/2022).

Gates, yang secara teratur merilis daftar buku favoritnya, mengatakan bahwa membaca sangat penting untuk menemukan berbagai minat dan keterampilan potensial baru yang kemudian dapat Anda gunakan untuk menggapai dunia.

“Bagi sebagian orang, itu berarti menjadi hebat dalam sains atau teknik,” tulis Gates.

“Bagi sebagian orang itu berarti menjadi komunikator atau politisi yang hebat. Bagi sebagian orang itu berarti menjadi perawat atau dokter. Kesempatan untuk belajar lebih baik hari ini daripada sebelumnya,” sambungnya.

Tidak mengherankan jika ketika ditanya tentang bagaimana kaum muda dapat memberikan dampak positif terbaik bagi dunia, miliarder itu beralih ke membaca, salah satu hiburan favoritnya. Gates sendiri bisa membaca 50 buku setiap tahun dan sering membawa tas jinjing berisi buku saat berlibur.

“Saat liburan saya bisa membaca sekitar 3 jam sehari jadi saya membaca banyak buku,” tulis Gates selama AMA Reddit 2021.

Tahun itu, Gates membahas bagaimana dia membuat catatan saat membaca, terkadang menulis di tepi bukunya, untuk membantunya lebih mengingat dan terlibat dengan apa yang dia baca. “Untuk banyak buku yang menjadi kunci pembelajaran saya,” tulisnya.

Gates juga mengklaim bahwa begitu dia memulai membaca sebuah buku, dia selalu menyelesaikannya. “Saya menolak untuk berhenti membaca buku di tengah, bahkan jika saya tidak menyukainya,” kata Gates kepada Time pada tahun 2017, menjelaskan bahwa kebiasaan membaca yang rakus “benar-benar” sangat penting untuk kesuksesannya.

“Menjadi tua bukan berarti Anda berhenti belajar,” kata Gates. “Setiap buku mengajari saya sesuatu yang baru atau membantu saya melihat sesuatu secara berbeda. Saya beruntung memiliki orang tua yang mendorong saya untuk membaca. Membaca memicu rasa ingin tahu tentang dunia, yang menurut saya membantu mendorong saya maju dalam karier dan pekerjaan yang saya lakukan sekarang dengan yayasan saya,” tuturnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yayasan Gates Foundation

Saat ini, yayasan nirlaba Gates Foundation berfokus pada penanganan masalah global seperti kemiskinan, perubahan iklim, dan kesiapsiagaan pandemi. Gates juga baru-baru ini menghabiskan waktu menulis bukunya sendiri tentang beberapa topik tersebut.

Seperti di Reddit AMA sebelumnya, ia mengajukan banyak pertanyaan pada hari Kamis terkait dengan kesehatan global dan memerangi perubahan iklim.

Sarannya tentang bagaimana rata-rata orang dapat melawan perubahan iklim, misalnya, bisa dengan sengaja membeli produk ramah iklim yang lebih mahal daripada rekan konvensional mereka — karena ketika permintaan untuk produk tersebut meningkat, produksi dapat ditingkatkan dan menurunkan harga untuk orang lain.

“Ketika produk hijau keluar seperti mobil listrik atau daging sintetis atau pompa panas untuk pemanas/pendingin rumah, harganya akan sedikit lebih mahal. Dengan membeli produk ini, Anda mendorong peningkatan yang akan mengarah pada harga yang lebih rendah sehingga ‘premi ramah lingkungan’ berkurang,” tulis Gates.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.