Sukses

4 Fakta Elon Musk Bertemu Jokowi, Cuma Pakai Kaus hingga Janji ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyelesaikan kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS) selama lima hari. Di AS, Jokowi sempat bertemu dengan miliarder Elon Musk yang adalah CEO Tesla Inc dan SpaceX.

Jokowi bertemu Elon Musk saat berkunjung ke Space X di Boca Chica, AS, Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi berdiskusi dengan Elon Musk sekaligus meninjau pabrik produksi roket SpaceX

Presiden tiba di Gedung Stargate Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat disambut langsung oleh Elon Musk. Presiden Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket Space X.

Setelah peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Minggu (15/5/2022).

Lengkapnya, berikut ini 4 dakta terkait pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan miliarder Elon Musk di SpaceX, dihimpun Liputan6.com:

 

1. Keliling SpaceX Bersama

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di SpaceX, Boca Chica Amerika Serikat (AS) pada Sabtu 14 Mei 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi berdiskusi dan meninjau pabrik produksi roket Space X bersama Founder SpaceX itu sendiri, Elon Musk.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30 waktu setempat dan disambut langsung oleh Elon Musk.

Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX.

Setelah peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa kunjungannya tersebut merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Elon Musk Akui Indonesia Punya Potensi

Elon Musk kemudian menyampaikan bahwa dia sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Menurut dia, Indonesia terlihat sangat optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

Lebih lanjut, Elon juga mengungkapkan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia. Dia menilai Indonesia memiliki banyak potensi.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," kata Elon.

 

 

 

3 dari 4 halaman

3. Elon Musk Kenakan Kaus SpaceX Seharga Rp 400 Ribuan

Pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Pendiri SpaceX Elon Musk sukses mencuri atensi banyak pihak. Momen bertemunya Jokowi dan Elon terjadi di Markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu 14 Mei 2022, waktu setempat.

Biro pers Sekretariat Presiden membagikan sederet potret hangatnya pertemuan Jokowi dan Elon Musk. Dalam potret, keduanya tampak akrab sembari berbincang santai.

Jokowi diajak Elon Musk berkeliling Gedung Stargate SpaceX. Jokowi juga terlihat sembari membawa botol minum hitam berlogo Space X.

Kala itu, Jokowi tampil dengan gaya ikoniknya yakni mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana panjang hitam, serta sneakers hitam. Sedangkan, Elon Musk bergaya santai berbalut kaus bernuansa hitam, celana panjang hitam, dan sepatu pantofel warna senada.

Kaus yang dikenakan Elon adalah salah satu koleksi dari merchandise resmi SpaceX. Kaus ini pun dijual melalui laman resmi Shop SpaceX.

Kaus bernuansa hitam ini dihiasi gambar planet Bumi dan astronaut yang sedang menaiki sebuah mobil. Sedangkan di bagian salah satu lengan tertulis "SpaceX" dengan tulisan warna putih.

Kaus oblong yang dikenakan Elon ini bernama Starman T-shirt yang tersedia untuk pria dan perempuan. Tak banyak deskripsi yang disertakan terkait kaus tersebut.

Tertulis bahwa kaus tersebut terbuat 100 persen dari katun yang hadir dengan ukuran mulai dari S--5X. Harga kaus ini sendiri dibanderol 30 dolar AS atau setara Rp439 ribu.

Pada bagian bawah keterangan harga, warna, dan ukuran, terdapat pula size chart. Keterang tersebut menginformasikan panjang dan lebar masing-masing ukuran dari XS--5X.

Ini bukan kali pertama Elon Musk mengenakan kaus saat bertemu dengan pejabat Indonesia. Sebelumnya, ia juga mengenakan kaus ketika menjamu saat menjamu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan.

 

4 dari 4 halaman

4. Elon Musk Bakal Kunjungi Indonesia pada November 2022

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, mengatakan dirinya sangat tertarik untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah Indonesia di masa mendatang.

Hal ini diungkap dirinya saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di markas besar SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat.

Dalam kunjungannya tersebut, Elon menyambut langsung di Gedung Stargate Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Keduanya terlibat dalam diskusi yang membahas beragam hal, mulai dari investasi, inovasi, hingga teknologi. Elon Musk pun mengajak Jokowi berkeliling untuk melihat fasilitas produksi roket SpaceX.

Adapun kehadiran Jokowi di markas besar SpaceX merupakan tidak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk berbicara dengan Elon.

"Ini tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, teknologi, inovasi, dan untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ujar Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi pun melontarkan undangan kepada bos Tesla dan SpaceX tersebut untuk berkunjung ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," ucap Presiden Jokowi.

Tak butuh waktu panjang, Elon Musk pun menanggapi undangan Jokowi ke Tanah Air dengan sangat antusias dan berencana datang pada November tahun ini.

"Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," pungkas bos Tesla tersebut.