Sukses

Libur Lebaran, 60 Ribu Warga Padati Ancol Hari Ini

Destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol kembali dipadati wisatawan pada H+3 Lebaran Idulfitri 1443 H/2022

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol kembali dipadati wisatawan pada H+3 Lebaran Idulfitri 1443 H/2022. Tercatat, jumlah sementara pengunjung mencapai 60 ribu orang hingga pukul 13.00 WIB.

"Per jam 1 tadi ada sekitar 60 ribu pengunjung," kata PIC Corcom Ancol Ariyandi Eko Nugroho, kepada Liputan6.com, Rabu (4/5/2022).

Kata Eko, dari sekian banyak destinasi wisata di Ancol, tempat favorit yang menjadi incaran pengunjung pada libur Lebaran adalah area pantai dibandingkan area lainnya, seperti Dunia Fantasi,  taman rekreasi air Atlantis Water Adventure, akuarium SeaWorld  dan Ocean Dream Samudra.

"Hari ini pengunjung Masih memilih area pantai sebagai tempat favorit Berlibur Bersama keluarga," ujarnya.

Adapun, target jumlah kunjungan di masa libur lebaran tahun ini mencapai 55 ribu orang per hari. Angka ini masih lebih rendah dari total kapasitas pengunjung di masa pandemi Covid-19.

"Saat ini Masih pembatasan kuota di 75 persen mas. Atau di 90 ribu pengunjung," tutupnya.

Diketahui, jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol pada hari pertama libur lebaran 1 Syawal 1443 Hijriah mencapai 38.000 orang. Jumlah tersebut lebih tinggi dari kapasitas pengunjung pada hari pertama libur lebaran tahun lalu yang mencapai 30.000 orang.

"Pengunjung Ancol hari ini ada di 38.000,” kata Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho, Senin (2/5).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Titik Favorit

Kawasan Pantai Ancol merupakan titik favorit masyarakat yang berkunjung ke Ancol. Oleh karena itu beragam acara akan meramaikan area ini.

Beach Food Festival dan pertunjukan musik akan dapat ditemui di area Pantai Festival. Selain itu Ancol akan menghadirkan bintang tamu yaitu Rocket Rockers dan The Sigit pada 7 Mei 2022 serta Danilla dan Jason Ranti pada 15 Mei 2022.

Sementara itu di sepanjang kawasan Symphonie of The Sea atau area Pantai Timur Ancol akan dimeriahkan dengan parade di pinggir pantai serta street art & live music performance.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana berbeda juga dapat berkunjung ke Pasar Seni Ancol karena akan dimeriahkan juga dengan pertunjukan musik dan seni budaya.

 

3 dari 4 halaman

Ancol Targetkan 55 Ribu Pengunjung Per Hari Selama Libur Lebaran

Taman Impian Jaya Ancol masih menjadi lokasi wisata pilihan warga Jakarta selama libur lebaran. Communication Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho, menargetkan hingga akhir pekan, jumlah pengunjung per hari mencapai 55 ribu.

"Kami targetkan dalam pekan lebaran ini kunjungan rata-rata per hari di 55 ribu," kata Eko saat dikonfirmasi, Rabu (4/5/2022).

Dia menyebutkan, puncak jumlah kunjungan terjadi pada hari kedua libur lebaran, Selasa (3/5/2022). Di hari tersebut, jumlah pengunjung mencapai 66 ribu orang.

"Pada hari kedua ini terjadi peningkatan. Total pengunjung hari ini 66.000 orang," ujarnya.

Meski mengalami peningkatan, Eko memastikan jumlah tersebut masih di bawah 75 persen maksimal pembatasan kapasitas pengunjung, atau masih di bawah 90 ribu pengunjung.

Manajemen Ancol juga mencatat ada 8 ribu mobil dan 5.700 unit motor yang terparkir di area Taman Impian Jaya Ancol.

Dia juga mengingatkan kembali bahwa pembelian tiket masuk hanya dilakukan secara daring. Loket masuk tidak menyediakan transaksi pembelian tiket.

Ancol juga menyiapkan berbagai acara spesial yang akan berlangsung mulai tanggal 2 hingga 16 Mei 2022 di semua unit rekreasi. Raya Gembira 2022 Ancol akan menjadi momentum kerinduan masyarakat berekreasi setelah 2 tahun pandemi.

Kawasan Pantai Ancol merupakan titik favorit masyarakat yang berkunjung ke Ancol. Oleh karena itu beragam acara akan meramaikan area ini. Beach Food Festival dan pertunjukkan musik akan dapat ditemui di area Pantai Festival. Selain itu Ancol akan menghadirkan bintang tamu yaitu Rocket Rockers dan The Sigit pada 7 Mei 2022 serta Danilla dan Jason Ranti pada 15 Mei 2022.

Sementara itu di sepanjang kawasan Symphonie of The Sea atau area Pantai Timur Ancol akan dimeriahkan dengan parade di pinggir pantai serta street art & live music performance. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana berbeda juga dapat berkunjung ke Pasar Seni Ancol karena akan dimeriahkan juga dengan pertunjukkan musik dan seni budaya.

4 dari 4 halaman

Rabu Pagi Capai 15 Ribu Pengunjung

Hari ketiga lebaran tahun 2022 ini, tercatat sudah ada 15 ribu pengunjung yang masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Per jam 9 ini ada sekitar 15 ribu pengunjung," ujar Humas Ancol, Ariyadi Eko Nugroho kepada Liputan6.com, Rabu (4/5/2022).

Ariyadi menyebut, keseluruhan tiket yang sudah terjual untuk hari ini sekitar 40 ribu. Menurut Ariyadi, 40 ribu tiket terjual untuk seluruh destinasi wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Hari ini yang reservasi ada sekitar 40 ribu, tersebar di semua unit rekreasi," kata dia.

Ariyadi menyebut, di masa pandemi Covid-19 ini, Ancol membatasi jumlah pengunjung demi memaksimalkan penerapan protokol kesehatan. Menurut dia, dalam satu hari, Ancol hanya menerima 90 ribu dari total kapasitas 120 ribu.

"Kuota dibatasi dari batas maksimal, yaitu 90 ribu pengunjung," kata dia.

Ariyadi menyebut, pengunjung Ancol diharuskan membeli tiket minimal satu hari sebelum kunjungan. Dia memastikan setiap pengunjung yang datang tanpa memiliki tiket, maka tidak bisa menikmati liburan di Ancol.

"Kami hanya menerima pengunjung yang sudah membeli tiket melalui online, kami meminta pengunjung membeli tiket H-1, kalau kita lihat masih ada pengunjung yang tidak membeli tiket. Saat ini kami memohon maaf untuk yang tidak punya tiket belum bisa masuk Ancol, kami hanya terima yang sudah memiliki tiket," kata dia.

Ariyadi meminta kepada seluruh pengunjung Ancol untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi memimalisasi penyebaran virus Corona Covid-19. Ariyadi menyebut pihaknya sedikit memperketat aturan pengunjung Ancol.

"Kami sarankan memiliki peduli lindungi dan harus menunjukan kategori warna hijau, dan tetap menaati protokol kesehatan. Kami menyiapkan marka pembatas jaga jarak dan wastafel yang bisa digunakan untuk cuci tangan. Kami juga ada tim satgas Covid-19 dari petugas internal, polisi, TNI, dan satpol PP untuk menjaga ketertiban di unit rekreasi Ancol," kata dia.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.