Sukses

Tak Cuma Jamin Pasokan BBM, Pertamina Siagakan Fasilitas Kesehatan Bagi Pemudik

Pertamina mengimbau kepada pemudik yang menggunakan kendaraan menjaga performa mesin dengan mengkonsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Patra Niaga melalui Regional Jawa Bagian Barat (JBB) mengimbau kepada pemudik yang menggunakan kendaraan menjaga performa mesin dengan mengkonsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional JBB Waljiyantomelalui Satgas RAFI, Regional JBB berkomitmen memenuhi kebutuhan energi para pemudik sampai dengan selesainya arus balik nanti.

"kami juga menghimbau kepada para pemudik untuk menggunakan BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang digunakan agar performa mesin kendaraan optimal serta mesin lebih awet," kata Waljiyanto, di Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Dia menyampaikan bahwa ketahanan stok BBM, LPG serta Avtur di Jawa Bagian Barat dalam keadaan sangat aman dan akan dioptimalisasikan jelang puncak arus mudik lebaran ini.

Selama arus mudik dan arus balik Idulfitri 2022, PT Pertamina Patra Niaga melalui Regional Jawa Bagian Barat (JBB) menyediakan berbagai fasilitas tambahan sebagai solusi bagi keamanan dan kenyamanan pemudik.

Pertamina tidak hanya memberikan layanan BBM, LPG, dan pelumas, kini terdapat juga layanan mini klinik atau fasilitas kesehatan di Rumah Pertamina Siaga, dengan menyiagakan fasilitas seperti ranjang periksa pasien, tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat.

"Pemudik dapat berkonsultasi jika merasa kurang sehat selama di perjalanan, melakukan pemeriksaan umum seperti gula darah, kolesterol, dan asam urat, hingga mendapatkan obat sesuai indikasi keluhan jika diperlukan," kata Waljiyanto.

Di Wilayah Jawa Bagian Barat Rumah Pertamina Siaga tersebar di 4 titik strategis jalur tol (rest area) dan non tol. Layanan mini klinik menjadi layanan unggulan di Rumah Pertamina Siaga selama momen mudik Ramadhan dan Idulfitri (RAFI) tahun ini bekerjasama dengan Pertamedika.

“Kami turut memahami kondisi pemudik, di mana menempuh perjalanan jauh walaupun melalui jalur tol dapat terasa melelahkan. Sehingga Rumah Pertamina Siaga hadir untuk pemudik, juga sebagai dukungan Pertamina terhadap program pemerintah yaitu Mudik Aman Mudik Sehat. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Waljiyanto.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satgas RAFI

Dalam kesempatan yang sama, Area Manager Comm, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB Eko Kristiawan menyampaikan bahwa selama masa Satgas RAFI ini, Pertamina Patra Niaga turut menyiagakan layanan tambahan berupa 25 unit modular Pertamax dan Dex Series di 12 titik, 63 SPBU Kantong yang disiapkan untuk mengirimkan BBM ke titik SPBU Kritis jika pengiriman menghadapi kendala dilapangan, 111 unit motoris di 95 titik untuk mengantar BBM kepada kendaraan yang membutuhkan BBM disepanjang jalur lintas mudik.

“Dalam kondisi darurat membutuhkan BBM disepanjang jalur mudik, konsumen cukup hubungi 135 melalui ponsel, lalu tekan 1 untuk memulai layanan

Pertamina Delivery Service kemudian informasikan data diri anda, jenis produk yang dibeli dan lokasi antar kepada operator, lalu petugas dilapangan akan mengkonfirmasi via telepon dan BBM akan segera dikirimkan ke lokasi anda oleh petugas kami" terang Eko.

Sejak 11 April lalu, Pertamina Patra Niaga telah mengaktifkan Tim Satuan Tugas (Satgas) RAFI 2022 untuk memastikan kehandalan stok, distribusi, sarana dan fasilitas operasional untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat di bulan suci.

Selama masa Satgas RAFI, Pertamina Patra Niaga Regional JBB menyiagakan 7 terminal BBM, 4 terminal LPG, 5 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), 1550 SPBU, 1496 agen LPG PSO, dan 38.597 pangkalan LPG PSO.

Juga alternatif dan layanan tambahan seperti 168 SPBU siaga, 7471 Agen dan Outlet LPG siaga dgn status melayani 24 jam, 111 unit motoris atau layanan Pertamina DeliveryService (PDS), penyiagaan 63 unit mobil tangki cadangan atau SPBU kantong, serta hadir kembali 4 titik Mini Klinik dalam Posko Pertamina Siaga.

Untuk informasi seputar produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. Jika masyarakat ingin mengetahui lokasi Rumah Pertamina Siaga, dapat di cek pada https://mypertamina.id/pertamina-siaga-2022

3 dari 4 halaman

Kapolri Apresiasi Kesiapan Pertamina Layani Pemudik di Ruas Tol Semarang-Batang

Guna memastikan kesiapan para instansi terkait pendukung kelancaran mudik jelang Idul Fitri 1443 H/2022, Kapolri bersama Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah dan didampingi oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya, melakukan kunjungan ke Gerbang Tol Kalikangkung di wilayah Semarang pada Rabu (27/04).

"Kami menekankan kepada pihak kepolisian dan seluruh stakeholder terkait lainnya untuk fokus memprioritaskan faktor keselamatan pemudik," ujar Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Dikatakannya, pihaknya juga mengapresiasi komitmen Pertamina dalam penyiapan BBM di jalur mudik baik melalui tol maupun jalur reguler.

“Saya menilai Pertamina sudah siap untuk melayani para pemudik termasuk dengan skenario pemberlakuan one way," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya menyampaikan bahwa beberapa ruas yang rawan dengan kepadatan telah disiagakan beberapa SPBU kantong (mobile storage) dan Pertamina Delivery Service yang akan siaga bila diharuskan melakukan pengisian BBM.

4 dari 4 halaman

Ketahanan Stok BBM

Dwi juga kembali menegaskan bahwa ketahanan stok BBM, LPG serta Avtur di Jawa Tengah dalam keadaan aman dan akan dioptimalisasikan jelang puncak arus mudik lebaran ini.

"Melalui Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah berkomitmen memenuhi kebutuhan energi para pemudik baik pada arus mudik maupun arus balik nanti, sehingga konsumen tidak perlu khawatir, namun kami juga senantiasa menghimbau pemudik untuk dapat mengisi penuh tangki kendaraannya di titik awal keberangkatan untuk meminimalisir potensi antrean pengisian BBM di sejumlah rest area," terang Dwi.

Untuk kemudahan seputar informasi layanan Pertamina terdekat dari lokasi anda atau maupun kendala layanan seputar produk BBM dan LPG, konsumen dan masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau aplikasi di MyPertamina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.