Sukses

Jalur Mudik Lebaran 2022 di Sumatera Aman Dilalui

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalur mudik di wilayah Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalur mudik Lebaran di wilayah Sumatera, termasuk Tol Trans Sumatera aman untuk dilalui menjelang Lebaran Idul Fitri 2022

Hal itu diutarakannya saat meninjau arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menko PMK Muhadjir Efendi, Selasa (26/4/2022).

Menteri Basuki mengatakan, kelancaran perjalanan mudik tergantung pada tiga hal. Pertama prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi/manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku pengguna prasarana atau pemudik.

"Pemerintah sudah menyiapkan semua prasarana, regulasi untuk manajemen lalu lintas mudik. Saya apresiasi sudah detail pengaturannya. Sekarang tinggal perilakunya para pengguna jasa. Saya kira tinggal dikuatkan lagi sosialisasi regulasinya yang sudah disiapkan kepada para pemudik," kata Menteri Basuki.

Untuk kesiapan jalan bagi pemudik yang menyeberang lewat Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung, Menteri Basuki menyatakan, perbaikan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung hingga Kramasan-Palembang sepanjang 376 km sudah selesai dan siap dilalui.

"Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sudah aman dan nyaman, bisa dilalui dengan kecepatan hingga 100 km per jam. Tetapi untuk Terbanggi Besar-Kayu Agung hingga Palembang saya himbau maksimal di kecepatan 80 km per jam," pintanya.

"Karena meskipun sudah aman tidak berlubang tapi masih kurang nyaman kondisi jalannya, masih ada beberapa ruas yang akan kita rekonstruksi setelah Lebaran 2022," imbuh Menteri Basuki.

Sedangkan untuk perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan, Menteri Basuki memastikan juga sudah selesai dan siap dilalui pemudik. "Untuk perbaikan 150 lubang yang ada sekarang sudah selesai," ujar Menteri Basuki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir: Mudik Gratis Solusi Atasi Kepadatan Lalu Lintas saat Lebaran

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa program mudik gratis merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas pada masa lebaran.

"Kami mencarikan solusi mudik alternatif aman lainnya yang juga tepat waktu, salah satunya dengan kapal laut. Ini seperti keseimbangan untuk mengurangi beban jalur darat," katanya seusai menyaksikan pemberangkatan mudik gratis sepeda motor PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa.

Erick menyampaikan, pemerintah berupaya menyelenggarakan kegiatan mudik setelah dua tahun dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Kata dia, pemerintah juga mengerti kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih akibat pandemi, sehingga diputuskan untuk menggelar mudik gratis.

Selain mudik gratis menggunakan kapal laut, pemerintah juga menggelar mudik gratis menggunakan bus, truk, dan kereta api.

"Kami semua bekerja sama, di sini ada Kementerian BUMN, Kemenhub, Pelni, hingga Pelindo, Kepolisian dan lain-lain saling membantu memberikan layanan bagi masyarakat," ujarnya.

Erick menambahkan, demi menciptakan rasa aman dan nyaman ketika melakukan perjalanan, para pemudik diimbau untuk saling menghormati sesama pengguna jalan.

"Harus saling menghargai. Kadang-kadang mudik itu bikin lelah, terus jadinya emosional. Ayo kita mudik saling rukun, aman, nyaman, dan sehat," pungkasnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Pemudik Angkutan Umum Naik 40 Persen pada H-7 Lebaran 2022

Kementerian Perhubungan mencatat peningkatan pengguna angkutan umum mudik Lebaran 2022 dengan rata-rata 40 persen di seluruh moda transportasi. Paling tinggi peningkatan terjadi pada transportasi laut.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati membeberkan rincian peningkatan penumpang tersebut. Angka peningkatan berdasarkan pada data sementara yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022 (1433 H).

Tercatat pergerakan penumpang angkutan umum di semua moda pada hari Senin 25 April 2022 atau (H-7) Lebaran, mulai mengalami peningkatan hampir di semua moda jika dibandingkan dengan hari biasa.

Pemantauan pergerakan penumpang mudik pada tahun ini dilakukan di 111 terminal bus, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandar udara, 110 pelabuhan laut, dan 13 Daop/ Divre.

“Kenaikan jumlah penumpang terjadi pada angkutan jalan, laut, dan kereta api, sementara untuk angkutan udara jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan hari biasa. Melalui data ini, kami memprediksikan masyarakat sudah mulai melakukan mudik lebih awal, sesuai anjuran dari pemerintah untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik (28 s.d 30 April 2022),” kata Adita dalam keterangan resmi, Selasa (26/4).

Rinciannya, pada angkutan jalan (angkutan bus), realisasi jumlah penumpang pada H-7 tahun 2022 sebesar 88.162 penumpang, atau meningkat sebesar 40,5 persen jika dibandingkan dengan hari biasa sebesar 62.760 penumpang.

Pada angkutan kereta api, realisasi jumlah penumpang pada H-7 tahun 2022 sebesar 68.892 penumpang, atau meningkat 42,4 persen jika dibandingkan dengan hari biasa sebesar 48.372 penumpang.

Pada angkutan udara, realisasi jumlah penumpang pada H-7 tahun 2022 sebesar 73.290 penumpang, atau menurun sebesar 30,3 persen jika dibandingkan dengan hari biasa sebesar 105.101 penumpang.

Pada angkutan laut, realisasi jumlah penumpang pada H-7 tahun 2022 sebesar 48.566 penumpang, atau meningkat 142,1 persen jika dibandingkan dengan hari biasa sebesar  20.064 penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.