Sukses

Profil Arifin Panigoro, Pendiri Medco Energi yang Wafat di AS

Arifin Panigoro adalah pengusaha Indonesia yang mendirikan perusahaan energi dengan nama Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medco).

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Medco Energi Arifin Panigoro meninggal dunia pada usia 76 tahun di Amerika Serikat (AS). Arifin Panigoro meninggal pada pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis AS atau pada Senin 28 Februari 2022 pukul 03.29 WIB.

Direktur dan Chief Administrative Officer MedcoEnergi Amri Siahaan mengatakan, Arifin Panigoro meninggal dunia pada hari Minggu 27 Februari 2022 pukul 02.29 PM waktu Rochester Minneapolis AS atau Senin, 28 Februari pukul 03.29 WIB.

"INNAA LILLAHI WAINNAA ILAIHI RAAJI’UNTELAH BERPULANG KE RAHMATULLAH. Bapak Dr HC. Ir. H.Arifin Panigoro bin Yusuf Panigoro. Usia: 76 tahun," jelas dia, Senin (28//2/2022).

"Manajemen beserta seluruh Pegawai Medco Group turut belasungkawa dan duka cita sedalam-dalamnya dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan." tambah Amri.

Arifin Panigoro adalah pengusaha Indonesia yang mendirikan perusahaan energi dengan nama Meta Epsi Pribumi Drilling Company (Medco).

Pria berdarah Gorontalo ini lahir di Bandung pada 14 Maret 1945. Arifin Panogoro adalah mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat kuliah ia sudah memulai berbisnis menjadi kontraktor instalasi listrik.

Setelah lulus dari ITB, Arifin beserta teman-temannya mencetuskan gagasan untuk membangun bisnis jasa pengeboran minyak dan gas pada 1980-an.

Arifin Panigoro dilantik sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 13 Desember 2019 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun Arifin Panigoro juga sempat terlibat dalam sepak bola nasional. Salah satunya dengan menggelar turnamen sepak bola Piala Medco.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Medco

Medco melakukan Penawaran Saham Perdana (IPO) yang pertama pada 1994 dan terus berkembang sejak itu dan bahkan ekspansi hingga ke luar negeri. Pada 2006 perusahaan tersebut ,endapatkan kontrak jasa E&P untuk Lapangan Karim Small Fields, Oman.

Pada 2014 Medco mengakuisisi delapan wilayah kerja minyak dan gas di Tunisia, melalui akuisisi Storm Venture International (Barbados) Ltd.

Pada 2019,  Medco Energi melakukan ekspansi portofolio minyak & gas melalui akuisisi Ophir Energy plc, kemudian menjadi Perusahaan energi dan sumber daya alam terkemuka di Asia Tenggara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini